Siap-siap! Minyak Goreng Curah Bakal Segera Dihapus

Oleh : Ridwan | Jumat, 10 Juni 2022 - 14:05 WIB

Minyak Goreng Curah (ilustrasi)
Minyak Goreng Curah (ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah akan menghapus minyak goreng curah secara bertahap. Sebagai gantinya, minyak goreng akan diedarkan dalam kemasan sederhana.

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman fan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers soal ekspor CPO dan Minyak Goreng bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Jumat (10/6/2022).

Adapun alasan kebersihan menjadi salah satu latar belakang pengemasan minyak goreng sederhana.

"Nanti secara bertahap kita akan hilangkan curah menuju kemasan sederhana. Karena curah itu kurang higienis. Itu yang akan kita lakukan,” kata Luhut.

Lebih lanjut, Menko Luhut mengklaim bahwa pengusaha minyak goreng sudah menyetujuinya.

“Banyak pengusaha juga akan melakukan itu. Saya sekarang kita pekerjaannya juga sudah terintegrasi. Mari kita doakan bersama,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolri Jenderal Listyo S. Prabowo mengatakan, pihaknya saat ini terus memantau penyaluran dan pasokan minyak goreng curah di 17.000 pasar tradisional. Dari jumlah itu, sudah ada 10.000 pasar yang pasokannya stabil dan mencukupi.

“Kami setidaknya mengawasi 17.000 pasar tradisional, sampai hari ini kurang lebih 10.000 pasar minyak goreng curah tersedia. Ada yang setiap hari, ada yang seminggu 3 kali, ada yang seminggu sekali. Ini yang diminta untuk terus ditingkatkan sehingga minyak goreng curah betul-betul di pasar,” kata Listyo.

Dari hasil pantauan Polri, diketahui ada 3 sistem distribusi yang menjamin pasokan minyak goreng curah di pasar tradisional. Yaitu pengiriman langsung dari produsen yang sudah memiliki jalur distribusi sendiri, pengiriman dari Kementerian Perdagangan, dan distribusi menggunakan barcode dari BUMN ID Food.

“Ini semua digabungkan dan harapan kita semakin hari kecepatan distribusi dan kemampuan distribusinya meningkat,” ucap Listyo.

Ia menyampaikan, Polri juga mengawasi dari sisi hulu, yaitu harga tandan buah segar (TBS) sawit petani. Ia menyebut, saat ini harga TBS rata-rata di kisaran Rp2.000, Rp2.100, hingga di atas Rp2.500.

“Harapan kami petani bisa mendapatkan harga antara Rp2.500-Rp3.000. Petani sejahtera dan minyak goreng tersedia di pasar," terang Kapolri.

Ia menyampaikan, Polri juga mengawasi dari sisi hulu, yaitu harga tandan buah segar (TBS) sawit petani. Ia menyebut, saat ini harga TBS rata-rata di kisaran Rp2.000, Rp2.100, hingga di atas Rp2.500.

“Harapan kami petani bisa mendapatkan harga antara Rp2.500-Rp3.000. Petani sejahtera dan minyak goreng tersedia di pasar," katanya.

Ia mengatakan, dengan pengawasan dari Polri diharapkan tidak ada lagi permainan angka fiktif dari segi jumlah pasokan minyak goreng, harga di pasaran, sampai harga TBS di tingkat petani.

"Tentunya produsen melalui proses verifikasi kita semua bisa melaksanakan ekspor. Semua bisa dilaksanakan. Tidak ada lagi permainan-permainan angka-angka fiktif yang sudah kita awasi,” tuturnya.

Polri juga menemukan adanya penyimpangan yang dilakukan spekulan. Yakni dengan mengemas ulang minyak goreng curah seperti kemasan sederhana, dan menjualnya dengan harga lebih tinggi.

"Repacking kita sedang proses tegas. Saya minta semuanya mematuhi komitmen bersama. Minyak goreng di pasar, masyarakat tidak lagi kesulitan, produsen bisa mengekspor setelah kewajibannya terpenuhi. Jadi, tidak ada yang disimpan. Jika ada yang seperti ini kami pastikan ditindak tegas," ujar Kapolri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…

Proses bongkar muat sekam padi di storage area sekam padi di Pabrik Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Rabu, 24 April 2024 - 18:13 WIB

Keren! Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca, SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif Menjadi 559 Ribu Ton

Jakarta– Isu perubahan iklim yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca (GRK) telah menjadi perhatian dunia, dengan munculnya komitmen global untuk mewujudkan net zero emission pada 2060.