Sambut Wisatawan, Ini Deretan Produk Kreatif dan Seni Khas Desa Wisata Lombok

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 19 Maret 2022 - 08:00 WIB

Deretan Produk Kreatif dan Seni Khas Desa Wisata Sambut Wisatawan di Bandara Lombok (Kemenparekraf)
Deretan Produk Kreatif dan Seni Khas Desa Wisata Sambut Wisatawan di Bandara Lombok (Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Selama tiga hari mulai dari tanggal 18 hingga 20 Maret 2022, masyarakat Indonesia akan disuguhi event sport tourism kelas dunia Grand Prix Indonesia (MotoGP) yang menjadi daya tarik kuat bagi para penggemar MotoGP maupun wisatawan.

Wisatawan telah banyak berdatangan melalui berbagai pintu masuk. Salah satunya Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM).

Ada yang menarik saat wisatawan menginjakkan kaki di Bandara Lombok. Wisatawan mendapatkan pengalaman berbeda. Selain ornamen dan hiasan khas MotoGP, wisatawan juga disuguhi deretan produk ekonomi kreatif UMKM serta berbagai karya seni dari desa wisata yang ada di Lombok.

Kemenparekraf dalam penyelenggaraan side event untuk promosi dan mengamplifikasi penyelenggaraan MotoGP Mandalika dengan menghadirkan showcasing produk ekonomi kreatif yang berlokasi di area selasar terminal kedatangan BIZAM.

Berbagai produk ekraf UMKM yang ditampilkan tersebut adalah khas dari desa wisata di Pulau Lombok. Seperti produk UMKM dari Desa Wisata Dusun Sade berupa kain tenun, kerajinan, serta tarian.

Adapun kain tenun yang ditampilkan seperti Kedogan, Tapu Kemalu, Selulut, Subhanale, serta Keker. Sementara untuk kerajinan, dalam showcasing ini ditampilkan kerajinan ketak, kerajinan gelang, kerajinan kayu, serta pernak-pernik khas Dusun Sade.

Wisatawan juga berkesempatan menyaksikan pertunjukan budaya atau culturale performance berupa tarian yang ikonis. Diantaranya Tari Amak Temengus dan Tari Belancaran dari Desa Wisata Dusun Sade, serta Tari Gendang Beleq dari Desa Wisata Kopang Rembiga. Wisatawan juga dapat melihat langsung keahlian para pengrajin kain tenun dari Dusun Sade.

Dalam mempromosikan produk ekonomi kreatif, Kemenparekraf melalui Deputi Bidang Pemasaran juga mengadakan showcasing produk ekraf melalui Planogram Goes to Mandalika di tempat yang sama.

Melalui planogram ini wisatawan dapat membeli produk-produk ekonomi kreatif dengan melakukan pindai pada barcode yang tersedia di tiap produk.

Terdapat 300 produk yang terdiri dari subsektor fesyen, kriya, dan kuliner dalam Planogram Goes to Mandalika.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, sebelumnya menyatakan bahwa perhelatan MotoGP Mandalika 2022 harus memberikan dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, khususnya bagi para pelaku UMKM lokal. Kehadiran dan dukungan Kemenparekraf ini diharapkannya dapat menggerakkan dan memberdayakan UMKM.

"Kita harus pastikan MotoGP ini membawa optimisme kebangkitan, dan kita terus rawat momentum dari kepulihan ekonomi kita," kata Sandiaga Uno.

Kemenparekraf sebelumnya juga telah menjalankan berbagai program dalam memberdayakan UMKM lokal dengan memberikan pelatihan dan peningkatan kompetensi. Sehingga dapat memperkuat daya tarik bagi wisatawan.

"Kita harus dapat menghadirkan produk-produk berkualitas yang tentunya bisa menjadi momentum kebangkitan ekonomi kita," kata Sandiaga.

Di hari pertama, Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP 2022)akan diisi dengan free practice (latihan bebas) Moto3, Free Practice Moto2, serta Free Practice MotoGP.

MotoGP Indonesia merupakan seri kedua dari Kejuaraan Dunia 2022 setelah sebelumnya seri pertama berlangsung di Qatar pada awal Maret 2022. Di seri pertama, pembalap asal Italia dari tim Gresini Racing, Enea Bastianini berhasil meraih tempat pertama.

Gresini Racing merupakan tim balap yang berkolaborasi dengan Kemenparekraf dalam upaya mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

Logo ikonis Wonderful Indonesia terpasang pada bagian sayap depan dari motor milik Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio. Logo "Wonderful Indonesia" terpasang pada winglet motor balap Ducati Gresini Racing. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CEO LPKR John Riady (Ist)

Rabu, 29 Juni 2022 - 12:58 WIB

Konsensus Analis Prediksi Pendapatan SILO Tumbuh Tahun Ini , LPKR Terimbas Positif

Konsensus analis Bloomberg pada Jumat (24/6/2022) memprediksi pendapatan PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO) akan terus bertumbuh pada tahun ini meskipun pasien Covid-19 menurun. Bahkan,…

Ilustrasi TKI (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 29 Juni 2022 - 12:17 WIB

Duh! Ratusan TKI Meninggal di Malaysia, Legislator Usul Pembentukan Satgas Terpadu

Jakarta- Politisi Partai Gerindra yang juga Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengusulkan dibentuk satuan tugas terpadu untuk memonitor dan menjamin pelindungan bagi tenaga kerja migran.

Presiden Jokowi

Rabu, 29 Juni 2022 - 12:17 WIB

Tiga Makna Ibu Negara Iriana Hadir di Ukraina

Pengamat militer dan intelijen Ridlwan Habib menilai ada tiga makna atau alasan Ibu Negara Iriana Joko Widodo ikut dalam kunjungan bersejarah ke Ukraina.

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur Aichi Mr. Hideaki Omura

Rabu, 29 Juni 2022 - 11:19 WIB

Temui Gubernur Omura, Menperin Agus: Kawasan Industri di Indonesia Siap Menampung Investasi Perusahaan Prefektur Aichi

Kementerian Perindustrian terus mempererat kerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk mendukung peningkatan investasi dan perluasan ekspor produk industri Tanah Air. Dalam kunjungan kerja ke…

Minyak Goreng Curah (ilustrasi)

Rabu, 29 Juni 2022 - 11:07 WIB

Salurkan Minyak Goreng Kemasan Sederhana, Produsen Sawit Bakal Diguyur Insentif

Jakarta Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan menyebut pihaknya tengah menggodok aturan insentif yang akan diberikan. Salah satunya memberikan hak ekspor bagi produsen…