Sandiaga Uno Ajak Masyarakat untuk Bersama Menyusun Tatanan Ekonomi Baru Pascapandemi

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 16 Maret 2022 - 09:00 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno

INDUSTRY.co.id - Sebagai upaya untuk meningkatkan penciptaan peluang usaha dan lapangan kerja, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, mengajak masyarakat untuk bersama-sama dengan pemerintah menyusun tatanan ekonomi baru pascapandemi.

"Kita tidak bisa seperti dulu dimana ekonomi disusun sendiri-sendiri. Seperti pesan Presiden Joko Widodo kita harus pastikan ekonomi ini dirasakan sehingga peningkatannya mampu membuka peluang usaha dan penciptaan lapangan kerja," kata Menparekraf Sandiaga Uno melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id, Selasa (16/3/2022). 

Ekonomi baru yang dimaksud, ungkap Menparekaf, adalah ekonomi berbasis digital, ekonomi berbasis kesehatan, ekonomi yang memastikan keunggulan SDM, ekonomi berkeadilan yang membuka peluang sampai tingkat desa wisata dan desa kreatif. Sehingga Indonesia bisa menjadi destinasi yang berkualitas yang mengedepankan aspek keberlanjutan lingkungan.

“Kondisi ekonomi yang kita hadapi kedepan dipastikan sudah tidak sama seperti dahulu. Untuk itu pemerintah hadir memastikan ekonomi ini dirasakan oleh masyarakat dan peningkatannya ini mampu membuka lapangan kerja,” kata Menparekraf Sandiaga. 

Hal ini yang kemudian mendasari program "Juragan Lele Lalap" untuk mendorong masyarakat dapat berwirausaha. 

Program ini menjadi langkah awal program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu. Bagaimana pascapandemi masyarakat bersama-sama pemerintah menyusun tatanan ekonomi baru.Pascapandemi perubahan ekonomi yang dihadapi sudah tidak sama seperti dahulu. 

Dalam program ini diberikan bantuan berupa benih ikan lele sekaligus pelatihan dan pendampingan selama dua bulan kedepan. 

“Sekarang kita tata ekonominya karena saat ini pandemi sudah mulai terkendali dan kita tata ekonominya dengan kebangkitan ekonomi, pembukaan lapangan kerja, dan perluasan lapangan usaha,” ujarnya.

Dengan program ini masyarakat diharapkan memiliki penghasilan tambahan.

“Bahan pokok akan naik, telur akan naik. Lele ini menjadi sumber protein. Harapannya dari satu ember bisa menghidupi satu keluarga dengan tambahan penghasilan sehingga mereka bisa meningkatkan ekonomi pascapandemi,” katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prajurit Petarung Birgif 2 Marinir Laksanakan Latihan Tempur

Sabtu, 25 Juni 2022 - 05:45 WIB

Prajurit Petarung Birgif 2 Marinir Laksanakan Latihan Tempur

Dalam rangka menindaklanjuti Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono tentang pembangunan Sumber Daya Manusia unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi…

Prajurit Brigif 1 Mar Laksanakan Latihan Reseksi dan Interseksi

Sabtu, 25 Juni 2022 - 05:30 WIB

Prajurit Brigif 1 Mar Laksanakan Latihan Reseksi dan Interseksi

Dalam rangka latihan TW II Brigif 1 Mar Ta 2022, pada Daerah Latihan III hari kedua prajurit petarung Brigif 1 Mar laksanakan latihan reseksi dan interseksi yang berlokasi di Jampang Tengah,…

Prajurit Korps Marinir Latihan Menembak Malam

Sabtu, 25 Juni 2022 - 05:15 WIB

Prajurit Brigif 1 Mar Laksanakan Latihan Menembak Malam

Dalam rangka latihan TW II Brigif 1 Mar Ta 2022, pada Daerah Latihan II hari kedua prajurit petarung Brigif 1 Mar melaksanakan menembak malam hari yang berlokasi di Jampang Tengah, Sukabumi,…

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono

Sabtu, 25 Juni 2022 - 05:00 WIB

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono Pastikan Tak Ada Hari Tanpa Pembangunan Fasilitas Prajurit

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono sangat memperhatikan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan bagi Prajurit Siswa Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan…

Kepala Bakamla RI, Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia

Sabtu, 25 Juni 2022 - 04:00 WIB

Bakamla RI Resmikan Maritime Facility Training Center

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia melakukan pengguntingan pita dan meresmikan VBSS Maritime Facility Training Center di Kantor Pangkalan Armada Batam, Jumat (24/6/2022).