Keren! Cegah Tsunami, Sicepat Tanam Puluhan Ribu Pohon di Pantai Pangandaran

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 22 Januari 2022 - 23:56 WIB

Sabtu (22/01/2022) – Proses simbolisasi penanaman pohon cemara udang dalam kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan Hutan Pantai Karang Tirta Pangandaran.
Sabtu (22/01/2022) – Proses simbolisasi penanaman pohon cemara udang dalam kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan Hutan Pantai Karang Tirta Pangandaran.

INDUSTRY.co.id, Pangandaran-Perusahaan logistik  SiCepat Ekspres Kembali melakukan kolaborasi bersama Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat melalui program rehabilitasi hutan dan lahan Hutan Pantai Karang Tirta Pangandaran dengan menanam 20.000 bibit pohon cemara udang di pesisir Pantai Pangandaran dengan potensi lahan seluas 18 HA, pada Sabtu, 22 Januari 2022.

Kegiatan penanaman pohon ini juga melibatkan Kelompok Tani Hutan Pesisir Karang Tirta, serta merupakan bentuk kepedulian SiCepat Ekspres melalui program CSR SiCepat Peduli dalam rangka pelestarian lingkungan. Wilayah Pangandaran, Jawa Barat memiliki histori bencana alam, yakni Tsunami di tahun 2006.

Melihat fenomena tersebut, melalui kegiatan penanaman pohon ini SiCepat Ekspres berkomitmen untuk berkontribusi dalam pelestarian lingkungan, khususnya di kawasan pesisir pantai yang berpotensi mengalami abrasi bersama Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan penanaman 20.000 bibit pohon Cemara Udang di Pesisir Pantai Pangandaran ini dihadiri oleh perwakilan Pemprov Jawa Barat Dr. Berlin Hamdani Gelung Sakti, MPPM selaku Staff Ahli Gubernur

Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ir. H. Epi Kustiawan, Kepala Dinas Kehutanan Prov. Jawa Barat, drs. Dedi Suharman, Camat Sidamulih, serta beberapa perwakilan dari dinas-dinas yang terkait. Dr. Berlin Hamdani Gelung Sakti, MPPM, selaku Staf Ahli Gubernur Jawa Barat Bidang Ekonomi dan Pembangunan yang mewakili Gubernur Jawa Barat, menyampaikan, bahwa mewakili Pemerintahan Provinsi Jawa Barat, pihaknya sangat mengapresiasi Dinas Kehutanan Jawa Barat yang melaksanakan relokasi hutan serta pemberdayaan masyarakat melalui bantuan alat ekonomi produktif untuk budi daya.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada SiCepat Ekspres Indonesia sebagai salah satu pihak swasta yang berkontribusi dalam kegiatan GNPDAS di Desa Cikande, Bandung Barat pada 28 November 2021 lalu yang kemudian kegiatan penanganan lahan kritis ini dilanjutkan untuk lahan kritis Hutan Pantai Desa Sukaresik, Sidamulih, Pangandaran di hari ini,” tutur Berlin.

 Ir. H. Epi Kustiawan, M.P., Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, memaparkan bahwa rehabilitasi hutan dan lahan adalah upaya untuk memulihkan, mempertahankan, dan meningkatkan fungsi hutan dan lahan, sehingga daya dukung, produktivitas, dan perannnya dalam menjaga system penyangga kehidupan tetap terjaga. Melalui kegiatan kolaborasi ini, diharapkan dapat meningkatkan minat menanam bagi seluruh elemen masyarakat sehingga lebih banyak lahan kritis yang terehabilitasi, serta terwujud. Hutan Lestari Ligkungan Terjaga Masyarakat Sejahtera.

Drs. Dedi Suharman, Camat Sidamulih megungkapkan bahwa kegiatan pada hari ini akan sangat mendukung berbagai ekosistem di wilayah Hutan Pantai Karang Tirta. Hal ini akan menjadi benteng pertahanan pertama dari bencana alam Tsunami, Erosi, dan Abrasi.

Bencana Tsunami di Pangandaran pada tahun 2006 sangat memberikan penderitaan yang luar biasa sehingga kami megupayakan berbagai cara agar bencana tersebut tidak akan terulang kembali”

The Kim Hai, CEO SiCepat Ekspres menjelaskan memasuki usianya yang ke-8 tahun di bulan Februari, SiCepat Ekspres dengan kampanye “SiCepat Ekspres 8 Tahun Yuk Selalu Bersama” mengajak berbagai pihak untuk bersama-sama memajukan bangsa dari segala aspek, salah satunya aspek lingkungan hidup.

Pesisir Pantai Karang Tirta Pangandaran sendiri merupakan kawasan yang cukup diperhatikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam proses pengembangan menjadi objek wisata yang dapat dikelola oleh masyarakat sekitar.

“Pada kesempatan ini, SiCepat Ekspres berkomitmen bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat khususnya Dinas Kehutanan untuk turut andil dalam upaya rehabilitasi hutan dan lahan hutan di Pantai Karang Tirta. Bekerjasama dengan Kelompok Tani Hutan Pesisir Karang Tirta, kami bersama-sama telah melakukan perencanaan dan telah masuk dalam tahap proses pelaksanaan dan juga monitoring,” jelas The Kim Hai.

SiCepat berharap melalui kegiatan ini, kita dapat melakukan publikasi yang tepat, sehingga dapat memberikan wawasan dan memotivasi masyarakat, serta perusahaan swasta untuk ikut berkontribusi dalam pelestarian lingkungan di indonesia bersama pemerintah meskipun dalam keadaan pandemi Covid-19.

SiCepat Ekspres SiCepat Ekspres adalah perusahaan ekspedisi yang berdiri sejak tahun 2014, dimana fokus utama dalam pelayanannya adalah pengiriman 8 Jam Sampai untuk wilayah Jabodetabek dan Bandung serta pengiriman 1hari Sampai untuk kota besar seluruh wilayah Indonesia.

Dengan Slogan “Ketika Semua Jadi Mudah”, SiCepat Ekspres mempunyai cabang dan gerai yang tersebar di seluruh kota di Indonesia untuk menjawab segala kebutuhan dan keinginan pelaku e-commerce didukung dengan sistem teknologi terkini. SiCepat Ekspres merupakan salah satu dari sedikit pemain yang menyediakan layanan logistik terintegrasi (termasuk Last-mile, Warehouse & Fulfilment, Commerce Enabler, Distribusi Online dan Logistik Jarak Jauh).

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

Pelita Air

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:51 WIB

Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2024, Pelita Air Siapkan 273 Ribu Kursi Penerbangan

Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai medium service, menyiapkan 273 ribu kursi penerbangan selama periode angkutan lebaran pada 3 hingga 18 April 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung…