Ini Alasan Mengapa 'Gerbang Neraka' di Turkmenistan akan ditutup

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 19 Januari 2022 - 09:50 WIB

Gerbang Neraka di Turkmenistan (iStock)
Gerbang Neraka di Turkmenistan (iStock)

INDUSTRY.co.id - Pemerintah Turkmenistan berencana untuk menutup situs yang dikenal secara internasional sebagai 'Gerbang Neraka', yang terletak di kawah Darvaza. 

Situs yang sudah berada selama 50 tahun itu menjadi salah satu atraksi terbesar di negara tersebut. Tidak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat itu. 

Gerbang Neraka terletak sekitar 260 kilometer dari ibukota Turkmenistan, dan juga dikenal sebagai Pintu ke Neraka (Gates of Hell).

Dilansir dari laman Times of India, menurut laporan, Presiden Turkmenistan, Gurbanguly Berdymukhamedov mengatakan pemerintah Neytralny Turkmenistan, telah meminta kabinetnya mencari cara untuk menutup 'Gerbang Neraka'.

Meskipun telah menjadi daya tarik wisatawan, Ia mengatakan Gerbang Neraka berefek negatif pada kesehatan orang-orang yang tinggal di sekitar kawah, pemborosan sumber daya gas alam yang berharga, dan kerusakan lingkungan.

Turkmenistan memiliki tugas yang menantang untuk memadamkan Gerbang Neraka yang terbakar ini. Ide untuk memadamkan Gerbang Neraka bukanlah hal baru. Presiden pertama kali mengeluarkan perintah ini pada 2010, tetapi untuk beberapa alasan itu tidak tercapai saat itu.

Surat kabar itu juga menyebut wakil perdana menteri Turkmenistan telah diinstruksikan untuk mengumpulkan para ilmuwan dan jika perlu memanggil konsultan asing untuk menemukan solusi memadamkan api.

Hingga kini, tidak ada yang mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menutup atau memadamkan api di Kawah Darvaza tersebut.

Turkmenistan adalah sebuah negara di Asia Tengah, dan Gerbang Nerakanya muncul pada tahun 1971 ketika dibakar untuk mencegah penyebaran gas metana. Sejak itu, lubang terbakar dan menarik sejumlah wisatawan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi TKI (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 29 Juni 2022 - 12:17 WIB

Duh! Ratusan TKI Meninggal di Malaysia, Legislator Usul Pembentukan Satgas Terpadu

Jakarta- Politisi Partai Gerindra yang juga Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengusulkan dibentuk satuan tugas terpadu untuk memonitor dan menjamin pelindungan bagi tenaga kerja migran.

Presiden Jokowi

Rabu, 29 Juni 2022 - 12:17 WIB

Tiga Makna Ibu Negara Iriana Hadir di Ukraina

Pengamat militer dan intelijen Ridlwan Habib menilai ada tiga makna atau alasan Ibu Negara Iriana Joko Widodo ikut dalam kunjungan bersejarah ke Ukraina.

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur Aichi Mr. Hideaki Omura

Rabu, 29 Juni 2022 - 11:19 WIB

Temui Gubernur Omura, Menperin Agus: Kawasan Industri di Indonesia Siap Menampung Investasi Perusahaan Prefektur Aichi

Kementerian Perindustrian terus mempererat kerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk mendukung peningkatan investasi dan perluasan ekspor produk industri Tanah Air. Dalam kunjungan kerja ke…

Minyak Goreng Curah (ilustrasi)

Rabu, 29 Juni 2022 - 11:07 WIB

Salurkan Minyak Goreng Kemasan Sederhana, Produsen Sawit Bakal Diguyur Insentif

Jakarta Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan menyebut pihaknya tengah menggodok aturan insentif yang akan diberikan. Salah satunya memberikan hak ekspor bagi produsen…

Penyerahan bantuan secara simbolis oleh Direktur Human Capital Management Telkom (paling kiri) dan Komisaris Telkom Arya Mahendra Sinulingga (kedua dari kanan) didampingi oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Banga Belitung Wilayah I Sjamsul Bahri (paling kanan) kepada Kepala Sekolah SLBN Pangkalpinang Dra. Sahara

Rabu, 29 Juni 2022 - 10:39 WIB

Telkom Sumbang Perangkat Komputer dukung Digitalisasi Pendidikan SLBN Pangkalpinang

Menjelang usia ke-57, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) secara konsisten berkomitmen mendukung terwujudnya digitalisasi di sektor pendidikan yang merata hingga ke daerah 3T (Terdepan,…