Menparekraf Sandiaga Uno Sebut Wisatawan Bakal Bisa Naik ke Candi Borobudur Lagi, Ini Tiga Usulan TWC

Oleh : Hariyanto | Selasa, 18 Januari 2022 - 09:45 WIB

Umat Buddha di Candi Borobudur
Umat Buddha di Candi Borobudur

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan jika wisatawan akan bisa naik menuju Candi Borobudur lagi. Terkait dengan pernyataan itu, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) menyampaikan tiga usulan.

Diharapkan usulan yang disampaikan PT TWC tersebut bisa segera diputuskan pemerintah pusat. Untuk itu, nantinya wisatawan bisa kembali naik menuju Candi Borobudur dengan pembatasan.

Direktur Utama PT TWC Edy Setijono mengatakan, saat ini masih dalam pembahasan di tingkat kementerian di bawah koordinasi Kemenko Marves.

"TWC sudah mengajukan usulan tentang format visitor management di zona 1. Usulan itu sedang dibahas di forum itu, untuk kemudian nanti diambil keputusan karena kami juga berharap bisa segera ada keputusan," kata Edy di Magelang, Sabtu (15/1/2022) lalu.

Ada tiga usulan yang disampaikan TWC yang nantinya wisatawan bisa kembali naik menuju Candi Borobudur. Selain itu, TWC menjunjung tentang konservasi. Hal ini mengingat Candi Borobudur merupakan bangunan cagar budaya kebanggaan bangsa Indonesia.

"Kita sedang mengatur visitor management. Jadi bagaimana bentuk visitor management yang ideal untuk kawasan Candi Borobudur. Kita mengusulkan di kawasan zona 1 itu ada pembatasan kunjungan," kata Edy.

Adapun tiga usulan dari TWC untuk bisa naik menuju Candi Borobudur, katanya, meliputi tamu negara dengan level tertentu. Kemudian, untuk perayaan keagamaan nasional seperti waisak. Sedangkan, ketiga kunjungan terbatas dengan berbayar khusus.

"Pertama untuk tamu negara. Jadi kalau memang ada tamu negara dengan level tertentu, itu diizinkan untuk bisa naik ke bangunan candi. Kedua, untuk perayaan keagamaan yang bersifat nasional yang menjadi agenda dari perayaan keagamaan di tingkat nasional, contoh Waisak. Itu kita usulkan untuk itu bisa dilakukan," ujarnya.

"Ketiga adalah kunjungan terbatas. Kunjungan terbatas ini dengan kuota karena ada berbagai usulan, kami mencoba meramu itu dalam sebuah usulan dengan kuota dengan berbayar khusus. Dari kuota yang sifat berbayar khusus itu juga ada alokasi untuk pelajar 20 persen. Kita TWC ini punya obligation untuk memberikan ruang belajar kepada para pelajar untuk bisa mengakses," ujar Edy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

GP Ansor geruduk Holywings

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:12 WIB

Ansor Minta Walkot Jakut Tutup Holywings di Kelapa Gading dan Penjaringan

GP Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Jakarta Utara meminta pemkot setempat mengevaluasi perizinan tempat hiburan Holywings di Wilayah Kelapa Gading, dan Penjaringan.

 Kantor Pusat Kementerian PUPR

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:04 WIB

Terapkan Green Building, Kantor Pusat Kementerian PUPR Jadi Destinasi Wisata Sebumi Jakarta City Tour

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung upaya pengurangan dampak emisi karbon akibat pencemaran lingkungan yang salah satunya diterapkan pada bangunan gedung kantor…

Menteri Basuki Kunjungi IPAL Krukut

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:58 WIB

Kunjungi IPAL Krukut, Menteri Basuki : Kurangi Pencemaran, Berikan Nilai Tambah untuk Kota

Memanfaatkan waktu libur akhir pekan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan lapangan ke Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Krukut, di…

Mahasiswa LPDP

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:53 WIB

BPSDM Kementerian PUPR Dorong Generasi Muda PUPR Daftar Beasiswa LPDP

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang merupakan visi Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden…

Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:44 WIB

Peringati 2 Dekade Gerakan APU PPT, Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

PT Pegadaian terus berkomitmen untuk mendukung pencegahan dan pemberantasan pencucian uang serta pendanaan terorisme di Indonesia. Sebagaimana Arahan Presiden RI di acara Peringatan Dua Dekade…