Menparekraf Sandiaga Uno Sebut Wisatawan Bakal Bisa Naik ke Candi Borobudur Lagi, Ini Tiga Usulan TWC

Oleh : Hariyanto | Selasa, 18 Januari 2022 - 09:45 WIB

Umat Buddha di Candi Borobudur
Umat Buddha di Candi Borobudur

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan jika wisatawan akan bisa naik menuju Candi Borobudur lagi. Terkait dengan pernyataan itu, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) menyampaikan tiga usulan.

Diharapkan usulan yang disampaikan PT TWC tersebut bisa segera diputuskan pemerintah pusat. Untuk itu, nantinya wisatawan bisa kembali naik menuju Candi Borobudur dengan pembatasan.

Direktur Utama PT TWC Edy Setijono mengatakan, saat ini masih dalam pembahasan di tingkat kementerian di bawah koordinasi Kemenko Marves.

"TWC sudah mengajukan usulan tentang format visitor management di zona 1. Usulan itu sedang dibahas di forum itu, untuk kemudian nanti diambil keputusan karena kami juga berharap bisa segera ada keputusan," kata Edy di Magelang, Sabtu (15/1/2022) lalu.

Ada tiga usulan yang disampaikan TWC yang nantinya wisatawan bisa kembali naik menuju Candi Borobudur. Selain itu, TWC menjunjung tentang konservasi. Hal ini mengingat Candi Borobudur merupakan bangunan cagar budaya kebanggaan bangsa Indonesia.

"Kita sedang mengatur visitor management. Jadi bagaimana bentuk visitor management yang ideal untuk kawasan Candi Borobudur. Kita mengusulkan di kawasan zona 1 itu ada pembatasan kunjungan," kata Edy.

Adapun tiga usulan dari TWC untuk bisa naik menuju Candi Borobudur, katanya, meliputi tamu negara dengan level tertentu. Kemudian, untuk perayaan keagamaan nasional seperti waisak. Sedangkan, ketiga kunjungan terbatas dengan berbayar khusus.

"Pertama untuk tamu negara. Jadi kalau memang ada tamu negara dengan level tertentu, itu diizinkan untuk bisa naik ke bangunan candi. Kedua, untuk perayaan keagamaan yang bersifat nasional yang menjadi agenda dari perayaan keagamaan di tingkat nasional, contoh Waisak. Itu kita usulkan untuk itu bisa dilakukan," ujarnya.

"Ketiga adalah kunjungan terbatas. Kunjungan terbatas ini dengan kuota karena ada berbagai usulan, kami mencoba meramu itu dalam sebuah usulan dengan kuota dengan berbayar khusus. Dari kuota yang sifat berbayar khusus itu juga ada alokasi untuk pelajar 20 persen. Kita TWC ini punya obligation untuk memberikan ruang belajar kepada para pelajar untuk bisa mengakses," ujar Edy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…