Menperin Agus 'Surprise' RI Jadi Negara Pertama di ASEAN yang Dikunjungi METI Jepang

Oleh : Candra Mata | Selasa, 11 Januari 2022 - 14:07 WIB

Menperin Agus dan METI Jepang
Menperin Agus dan METI Jepang

INDUSTRY co.id - Jakarta, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan rasa gembiranya atas pertemuan bilateral dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI) Jepang, Koichi Hagiuda yang berlangsung di Kantor Kementerian Perindusterian, Jakarta, kemarin sore.

Pasalnya, Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi oleh METI Jepang tersebut diantara negara-negara ASEAN lainnya.

"Terus terang, saya sangat surprise dengan rencana pertemuan ini, apalagi ini kunjungan ke Indonesia, dipilih sebagai negara pertama yang beliau kunjungi diantara negara-negara ASEAN lainnya," kata Menteri Agus seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id dari akun Instagram miliknya @agusgumiwangk pada Selasa (11/1/2022).

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Koichi Hagiuda menyampaikan komitmennya untuk terus memperkuat kerjasama dengan Indonesia.

Menurut METI Jepang, hubungan antara Indonesia dan Jepang sangat erat dan sudah berlangsung puluhan tahun.

"Dalam pertemuan, kami diskusi banyak hal, diantaranya mengenai Asian Japan Investing for the Future Initiative. (AJIF)," beber Menperin.

Menurutnya, area kerja sama usulan Jepang tersebut, antara lain terkait diversifikasi rantai pasok, memperkenalkan pengembangan dan pemanfaatan teknologi energi terbarukan dan sistem manajemen energi, serta kerja sama studi kelayakan untuk infrastruktur berkualitas.

"Selain itu saya dapat komitmen dari beliau bahwa investasi industri Jepang di Indonesia akan terus ditingkatkan," ungkap Menperin Agus.

"Terakhir, saya menyampaikan apresiasi kami atas dukungan Jepang dalam Presidensi Indonesia di G20 dan berharap bisa bekerjasama dalam menggolkan agenda-agenda di G20," pungkasnya.

Untuk diketahui, hingga berita ini dibuat, unggahan Menperin Agus tersebut telah menuai beragam komentar apresiasi dari masyarakat luas.

"Selamat Gus, sukses selalu ya, proud of you," tulis @jultinharlotina.

"Semoga Pak Menteri sehat selalu, aamin," ujar @hasan_ag101010.

"Kerjasama sektor pendidikan dengan jepang disektor industri rasanya perlu digalakan Pak Menteri," sebut gustty_dawarja.

"Sangat bermakna Pak tentunya, Indonesia dianggap negara yang sangat strategis dan menjadi mitra penting di kawasan, kita yang di prediksi dimasa depan akan menjadi salah satu kekuatan dunia dari sisi ekonomi, semoga hubungan Indonesia-Jepang semakin terjalin kuat, peningkatan kerjasama di segala bidang untuk jangka panjang, peningkatan investasi dan + adanya transfer teknologi tinggi untuk kemajuan industri kita dimasa depan," kata @hendrab919.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Kamis, 25 April 2024 - 06:12 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., CHRMP., CRMP., didampingi Wadan Kormar Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima paparan dan demo dari…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 05:33 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kesehatan TNI harus menjadi besar tangguh dan mandiri, baik dari segi sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun sistem metodanya sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal dalam…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Kunjungan Komandan Jenderal Angkatan Darat AS Wilayah Pasifik

Kamis, 25 April 2024 - 05:26 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Kunjungan Komandan Jenderal Angkatan Darat AS Wilayah Pasifik

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima kunjungan kehormatan Commanding General United States Army Pacific atau Komandan Jenderal Angkatan Darat Amerikat Serikat (AS) untuk wilayah…

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.