Permudah Pembayaran Denda Tilang, E-Tilang Diluncurkan 16 Desember 2016

Oleh : Hariyanto | Selasa, 13 Desember 2016 - 16:22 WIB

Tilang oleh Polisi Lalulintas
Tilang oleh Polisi Lalulintas

INDUSTRY.co.id - Jakarta, E-Tilang atau Tilang elektronik melalui aplikasi akan segera di terapkan oleh Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia. Sedangkan, peluncuranya sendiri akan dilakukan pada jumat 16 Desember 2016.

Nantinya, Cara kerja E-Tilang ini cukup sederhana dan mudah. Bagi yang terkena tilang, mereka hanya akan diminta memasukan nomor tilang dan langsung membayarnya melalui aplikasi.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Agung Budi Maryoto berharap pada jumat 16 Deseber 2016 mendatang, aplikasi E-Tilang ini dapat segera diluncurkan.

"Mudah-mudahan Jumat 16 Desember ini diluncurkan," ujar Agung Budi Maryoto, Selasa (13/12).

Menurut Agung, pertama-tama E-Tilang akan diterapkan di 17 Polda di seluruh Indonesia, kemudian Januari 2017 bertahap menyambangi semua daerah.

"Ada 17 Polda, tahun depan mudah-mudahan semua (wilayah)." tambah Agung.

Melalui E-Tilang pelanggar diarahkan untuk membayar denda tilang melalui teller, ATM BRI, atau transfer bank ATM bersama, sms banking BRI maupun internet banking BRI atau EDC BRI.

Pembayaran elektronik ini sekaligus diklaim bisa menghilangkan praktik percaloan termasuk mengikis pungutan liar di jalanan. Sistem real time terpadu dengan sistem di kepolisian sehingga korps seragam coklat ini bisa mengecek data pembayaran langsung.

Untuk kedepannya, sistem ini akan terpadu dengan server SIM dan STNK. Sehingga jika ada pelanggar yang belum menyelesaikan kewajibannya, mereka tidak bisa memperpanjang SIM/STNK. Untuk aplikasi E-Tilang ini, kabarnya baru bisa digunakan untuk Smartphone berbasis Android.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Natasha Demetra, Cheryl Halpern, Imam Prihadiyoko, Sri Anglung Prabu Punta dan Damien Dematra dalam sesi diskusi "vision of peace"i

Rabu, 12 Desember 2018 - 11:41 WIB

Visions of Peace Jadi Tema Lomba Karya Seni Film, Lukisan dan Puisi

Dalam rangkaian peringatan Hari Toleransi Sedunia yang jatuh tanggal 10 Desember setiap tahunnya, Majelis Adat Budaya Keraton Nusantara (Madukara), Menara62 Muhammadiyah dan International Festivals…

Dirjen Horti, Suwandi memegang hasil panen cabai

Rabu, 12 Desember 2018 - 11:19 WIB

Jaga Pasokan dan Harga, Kementan Terus Dorong Pengembangan Olahan Aneka Cabai

Pati,- Salah satu program fokus Kementerian Pertanian (Kementan) yakni membangun kawasan cabai di daerah sentra guna meningkatkan produksi dan stabilisasi harga. Hal ini penting karena cabai…

Ilustrasi Petani Kakao

Rabu, 12 Desember 2018 - 11:05 WIB

Indonesia sebagai Produsen Kakao Dunia Bukan Mimpi

Bogor, Jawa Barat Hasil riset Peneliti Kementerian Pertanian menawarkan solusi untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas biji kakao Indonesia. Tanaman kakao (Theobroma cacao L.) merupakan…

Bank Indonesia

Rabu, 12 Desember 2018 - 10:47 WIB

Festival Ekonomi Syariah Indonesia Resmi Dibuka

Surabaya - Festival Ekonomi Syariah Indonesia atau Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2018 secara resmi dibuka pada hari ini (11/12) di Surabaya.Penyelenggaraan ISEF tahun ini mengangkat…

Gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jakarta

Rabu, 12 Desember 2018 - 10:30 WIB

OJK Akan Tindak Lanjuti 200 Pengaduan Fintech Bermasalah

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan segera menindaklanjuti sekitar 200 pengaduan masyarakat terhadap layanan fintech lending yang masuk ke institusinya.