Permudah Pembayaran Denda Tilang, E-Tilang Diluncurkan 16 Desember 2016

Oleh : Hariyanto | Selasa, 13 Desember 2016 - 16:22 WIB

Tilang oleh Polisi Lalulintas
Tilang oleh Polisi Lalulintas

INDUSTRY.co.id - Jakarta, E-Tilang atau Tilang elektronik melalui aplikasi akan segera di terapkan oleh Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia. Sedangkan, peluncuranya sendiri akan dilakukan pada jumat 16 Desember 2016.

Nantinya, Cara kerja E-Tilang ini cukup sederhana dan mudah. Bagi yang terkena tilang, mereka hanya akan diminta memasukan nomor tilang dan langsung membayarnya melalui aplikasi.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Agung Budi Maryoto berharap pada jumat 16 Deseber 2016 mendatang, aplikasi E-Tilang ini dapat segera diluncurkan.

"Mudah-mudahan Jumat 16 Desember ini diluncurkan," ujar Agung Budi Maryoto, Selasa (13/12).

Menurut Agung, pertama-tama E-Tilang akan diterapkan di 17 Polda di seluruh Indonesia, kemudian Januari 2017 bertahap menyambangi semua daerah.

"Ada 17 Polda, tahun depan mudah-mudahan semua (wilayah)." tambah Agung.

Melalui E-Tilang pelanggar diarahkan untuk membayar denda tilang melalui teller, ATM BRI, atau transfer bank ATM bersama, sms banking BRI maupun internet banking BRI atau EDC BRI.

Pembayaran elektronik ini sekaligus diklaim bisa menghilangkan praktik percaloan termasuk mengikis pungutan liar di jalanan. Sistem real time terpadu dengan sistem di kepolisian sehingga korps seragam coklat ini bisa mengecek data pembayaran langsung.

Untuk kedepannya, sistem ini akan terpadu dengan server SIM dan STNK. Sehingga jika ada pelanggar yang belum menyelesaikan kewajibannya, mereka tidak bisa memperpanjang SIM/STNK. Untuk aplikasi E-Tilang ini, kabarnya baru bisa digunakan untuk Smartphone berbasis Android.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bekuk Bali United 3-0, Persija Jakarta Jadi Juara Piala Presiden 2018

Sabtu, 17 Februari 2018 - 22:18 WIB

Bekuk Bali United 3-0, Persija Juara Piala Presiden 2018

Akhirnya, Persija Jakarta berhasil menjadi juara Piala Presiden 2018. Persija mengalahkan Bali United FC 3-0 pada puncak partai final yang berlangsung, Sabtu (17/2/2018) di stadion Gelora Bung…

Puluhan Ribu Petani Waduk Jatiluhur Dukung Kang Hasan Jadi Gubernur Jawa Barat. (Dok Industry.co.id)

Sabtu, 17 Februari 2018 - 21:25 WIB

Petani Kolam Ikan Jatiluhur Dukung Kang Hasan Jadi Gubernur Jawa Barat

Puluhan ribu petani kolam jaring apung (KJA) waduk Jatiluhur mendukung calon gubernur Jawa Barat nomor urut dua, Tubagus Hasanuddin (Kang Hasan) dan Anton Charliyan. Para petani KJA ini berharap…

Diskusi dan wejangan membina keluarga sakinah

Sabtu, 17 Februari 2018 - 21:20 WIB

Mau Rumah Tangga Harmonis Ini Tipsnya

Rumah tangga yang sakinah, mawadah dan warohmah adaah dambaan semua keluarga. Namun untuk menuju ke sana diperlukan trik dan pengetahuan untuk membina biduk rumah tangga yang harmonis.

Komisaris Utama PT PP (Persero) Tbk, Andi Gani Nena Wea

Sabtu, 17 Februari 2018 - 21:09 WIB

Komut PT PP Kunjungi Proyek Rusunami Jakabaring Palembang

Palembang- Komisaris Utama PT PP (Persero) Tbk, Andi Gani Nena Wea melakukan kunjungan kerja ke Proyek Rusunami Jakabaring Palembang. Proyek yang dibangun pada akhir tahun 2016 ini akan selesai…

Kiai Purwakarta Sebut Program Kang Hasan Nyata Untuk Rakyat Jabar. (Dok Industry.co.id)

Sabtu, 17 Februari 2018 - 21:05 WIB

Kiai Purwakarta Sebut Program Kang Hasan Nyata Untuk Rakyat Jabar

Purwakarta - Pimpinan Pondok Pesantren Ma'baul Ulum KH. Anhar menyebut Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 TB. Hasanuddin atau Kang Hasan sebagai pemimpin layaknya matahari yang mampu menjadi…