Meningkatnya Pembangunan Infrastruktur Pacu Peningkatan Produksi Semen Baturaja

Oleh : Hariyanto | Kamis, 01 Juni 2017 - 11:15 WIB

Pabrik Semen Baturaja (Bm)
Pabrik Semen Baturaja (Bm)

INDUSTRY.co.id , Jakarta - Pembangunan infrastruktur yang semakin meningkat di indonesia, terutama di sumatera, menjadi peluang bagi PT Semen Baturaja (Persero) Tbk untuk menggandeng Badan Usaha Milik Negara (BUMN) konstruksi.

"Kami telah menjalin komunikasi intensif dengan seluruh BUMN konstruksi yang mendapat penugasan dari pemerintah di Sumatra. Hal ini sangat prospektif karena sebagian besar pembebasan lahan untuk jalan tol sudah selesai," kata Direktur Utama PT Semen Baturaja, Rahmad Pribadi di Jakarta, Rabu (31/5/2017).

Menurut Rahmad, dengan sinergitas pihaknya bisa mengetahui rencana logistik secara utuh karena pembangunan jalan tol akan selalu diikuti dengan kawasan di sekitarnya.

"Jadi, kita sudah tahu kira-kira mereka butuhnya apa berikut rencana pengembangannya. Mereka juga tahu rencana kita, intinya dimulai dari exchange of information atau pertukaran informasi," tutur Rahmad.

Rahmad menginginkan agar perusahaan dengan kode emiten SMBR ini mengambil mayoritas pangsa atau kebutuhan proyek pemerintah di Sumatra bagian selatan. Berbagai formulasi kerja sama tengah didiskusikan.

"Ada rencana mengalokasikan tambahan kapasitas produksi sekitar 550.000 ton pada semester II tahun ini dengan adanya pabrik Baturaja II, untuk mengantisipasi lonjakan permintaan semen dari proyek-proyek pemerintah. Kendati memfokuskan penjualan pada kota-kota kecil di Sumatra, potensi permintaan semen di wilayah tersebut masih cukup besar, beberapa proyek pembangunan infrastruktur pemerintah yang digarap antara lain jalan tol, stadion olahraga, dan sarana transportasi," ujar Rahmad.

Selama ini, pangsa pasar SMBR di Baturaja dan sekitarnya mencapai 70% bahkan ada pula yang mencapai 100%. Selebihnya, khusus di daerah yang tergolong kompetitf, seperti Palembang dan Lampung berada di bawah 50%.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Foto B1.com)

Kamis, 19 April 2018 - 23:00 WIB

DPR: Makin Banyak Elite Politik Bersilaturahmi Makin Baik

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan semakin banyak elite politik melakukan silaturrahmi satu sama lain akan semakin baik bagi rakyat.

Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja ke PNG dipimpin oleh Edi Prabowo Ketua Komisi IV DPR RI didampingi Staf Ahli Mentan Bidang Lingkungan dan lainnya

Kamis, 19 April 2018 - 22:28 WIB

DPR RI Menawarkan Pelatihan Pemuda Tani ke PNG

Port Moresby, PNG-Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja ke PNG dipimpin oleh Edi Prabowo Ketua Komisi IV DPR RI didampingi Staf Ahli Mentan Bidang Lingkungan, Mukti Sardjono serta Staf…

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga (kiri) menyerahkan Bingkisan kepada perwakilan warga RW 09 Gunung Sahari dalam kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Masjid Jami Al Amir, Kemayoran, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Kamis, 19 April 2018 - 22:13 WIB

Kegiatan CSR Telkom Dinilai Efektif dan Berdampak Positif

Jakarta-Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dinilai efektif dan berdampak positif bagi masyarakat Indonesia.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan

Kamis, 19 April 2018 - 22:07 WIB

Terkait Tumpahan Minyak di Balikpapan, Kementerian ESDM Tunggu Hasil Investigasi Final

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menunggu hasil investigasi final dari pihak Kepolisian bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) atas insiden tumpahan minyak…

Wiranto bertemu SBY (foto Kompas.com)

Kamis, 19 April 2018 - 22:00 WIB

Wiranto Akui Pertemuan dengan SBY Bicarakan Keamanan Nasional

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta, Rabu (18/4/2019), membahas mengenai…