Badung Bali Berupaya Tingkatkan Wisata MICE

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 10 April 2017 - 03:58 WIB

Turis Asal Amerika Saat Berlibue di Bali (Keren Su/Getty Images)
Turis Asal Amerika Saat Berlibue di Bali (Keren Su/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Mangupura- Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, berambisi menggaet lebih banyak wisata rapat, insentif, konvensi dan pameran (MICE) dari berbagai negara ke daerah itu melalui upaya pengembangan paket wisata.

"Untuk mendongkrak kunjungan wisatawan MICE ini ke Badung khususnya dan Bali umumnya, kami bekerja sama dengan pelaku pariwisata untuk memperkenalkan produk atau paket wisata yang kita miliki," kata Kepala Dinas Periwisata Badung, Made Badra saat dihubungi di Mangupura, Bali, Minggu (9/4/2017)

Ia menjelaskan paket pariwista yang ditawarkan agar wisatawan MICE ini tertarik melakukan aktivitasnya di Pulau Dewata dengan memperkenalkan wisata alam yang dimiliki Badung dan memperkenalkan adat budaya yang unik di daerah ini.

Selain itu, produk wisata lainnya yang ingin dioptimalkan Dispar Badung dengan memperkenalkan wisata pertanianya, olahraga air, wisata religi, wisata sosial dan wisata kesehatan.

"Paket wisata ini sangat prospektif untuk meningkatkan kunjungan wisatawan MICE atau wisatawan yang sedang melaksanakan tujuan rapat, insentif, konvensi dan pameran di BNDCC Nusa Dua," katanya.

Upaya lain untuk mendongkrak kunjungan wisatawan MICE ke Badung, kata Badra adalah dengan melakukan promosi wisata kesejumlah negara antara lain Eropa, Timur Tengah, Australia, Jerman, Tiongkok Korea Selatan dan Jepang.

"Negara ini sangat berpotensi dan menjadi pangsa pasar kami untuk mendatangkan lebih banyak wisata MICE," ujarnya.

Hal ini juga menjadi program Bupati I Nyoman Giri Prasta dan Wakil Bupati I Ketut Suiasa yang menginginkan Kabupaten Badung khusunya dan Bali Umumnya sebagai pusat bisnis berskala internasional.

Dalam upaya pengembangan kepariwisataan di Badung itu, kata Giri Prasta, seperti dilansir Antara akan tetap mengacu pada Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2010, dimana untuk memperkenalkan keunggulan destinasi wisata di Badung telah dibentuk Badan Promosi Pariwisata Daerah.

Ke depannya, dalam upaya mendatangkan wisatawan MICE ke Bali, maka pihaknya akan melakukan langkah-langkah memklasifikasi potensi wisata di Pulau Dewata dengan menggaet artis asal negara tersebut untuk dibuatkan film yang memperkenalkan keunikan Bali.

Film yang dibuat itu, kata dia, akan disiarkan di negara arti itu berada yang ditayangkan di layar televisi negara setempat selama tiga bulan.

Selain itu, pihaknya juga telah mengemas potensi pariwisata di Badung menjadi tiga kawasan yakni untuk di Badung Utara dibuat Festival Budaya Pertanian.

Kemudian, di Badung Tengah dibuat Festival Seni yang juga diwujudkan dalam panggung pemuda Graha Mangumandala yang sedang dikonsep Pemkab Badung dengan DPRD setempat. Sedangkan, di Badung selatan akan mengemas potensi pariwisata Bahari.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Industri daur ulang sampah plastik (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Jumat, 22 Maret 2019 - 10:36 WIB

Industri Daur Ulang Jadi Jalan Keluar Atasi Masalah Sampah Plastik

Ketua Umum Asosisasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI) Christine Halim, mengungkapkan, daur ulang adalah solusi jitu dalam mengatasi sampah botol plastik.

Pelayanan di kantor Bank DKI

Jumat, 22 Maret 2019 - 10:34 WIB

2018, Kredit Bank DKI Tumbuh 27,9 Persen

Jakarta - Menutup tahun 2018, kinerja keuangan Bank DKI menunjukkan tren yang positif. Hal tersebut ditunjukkan dengan pertumbuhan kredit yang cukup tinggi sebesar 27,9%, dari semula sebesar…

Peresmian Kerjasama Proyek KPBU

Jumat, 22 Maret 2019 - 10:24 WIB

Pemerintah Dorong Skema KPBU Dalam Percepatan Pembangunan Infrastruktur di Indonesia

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan pembangunan infrastruktur dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa.

MoU BNI Syariah dengan Universitas Juanda Bogor

Jumat, 22 Maret 2019 - 09:45 WIB

BNI Syariah Gandeng Unida Terkait Produk dan Jasa Perbankan

Jakarta - BNI Syariah melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan Universitas Juanda Bogor (Unida). Nota kesepahaman ini terkait dengan pemanfaatan…

Pengurus KTNA

Jumat, 22 Maret 2019 - 09:23 WIB

KTNA: Bertani Kini Lebih Mudah dan Menguntungkan

Jakarta - Menjalani aktifitas pertanian kini lebih mudah dan menguntungkan. Kementerian Pertanian sudah tepat sasaran dalam membantu petani.