BTN Bersama SMF Sosialisasikan Instrumen Investasi EBA-SP

Oleh : Abraham Sihombing | Rabu, 22 Maret 2017 - 16:45 WIB

Bank BTN. (Foto: Istimewa)
Bank BTN. (Foto: Istimewa)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) bermitra dengan PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) mensosialisasikan instrumen Efek Beragun Aset berbentuk Surat Partisipasi (EBA-SP) kepada pelaku jasa keuangan.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan kembali produk EBA-SP sebagai sumber dana perumahan bagi Bank Tabungan Negara dan peluang investasi bagi investor,” ujar Imam Nugroho Soeko, Direktur BBTN, kepada wartawan di Jakarta, Rabu (22/03/2017).

Imam mengemukakan, Program Satu Juta Rumah, yang dicanangkan pemerintah, membutuhkan dukungan semua pihak dan juga dana yang tidak sedikit. Karena itu, baik penyediaan rumah maupun pembiayaan perumahan akan menjadi fokus pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan. 

Menurut Imam, masyarakat kelas menengah ke bawah, memerlukan angsuran yang terjangkau dengan jumlah yang tetap. Kondisi tersebut dapat dicapai dengan jangka waktu pinjaman yang panjang sehingga angsuran menjadi lebih rendah. Disamping itu, tingkat suku bunganya juga tetap sehingga besarnya angsuran juga tetap.

Sementara itu, Ananta Wiyogo, Direktur Utama SMF, mengungkapkan, sosialisasi ini adalah salah satu upaya aktif SMF untuk memberikan informasi dan pemahaman terkait instrumen EBA-SP kepada investor. Sosialisasi itu bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pemangku kepentingan, khususnya para pelaku jasa keuangan terkait EBA-SP.

Kegiatan itu dilakukan dengan merujuk kepada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No.23 tahun 2014, tentang Pedoman Penerbitan Pelaporan Efek Beragun Aset Berbentuk Surat Partisipasi dalam Rangka Pembiayaan Sekunder Perumahan, dan sekaligus mengenai benefit berinvestasi pada produk EBA-SP.

Lebih lanjut, Ananta menjelaskan, dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya, berinvestasi di EBA-SP lebih menguntungkan karena EBA-SP adalah instrumen yang disamakan dengan surat berharga negara (SBN) sesuai kriteria ketentuan POJK Nomor 36/2016. Instrumen investasi yang berperingkat AAA (‘triple A’) tersebut diterbitkan oleh PT SMF, yang khusus didirikan pemerintah untuk membangun dan mengembangkan pasar pembiayaan sekunder perumahan.

Ananta berharap sosialisasi ini dapat mendukung pengembangan Pasar Pembiayaan Sekunder Perumahan (PPSP), demi mendukung program Satu Juta Rumah yang telah dicanangkan oleh Pemerintah.

“Kami berharap para investor menjadi semakin percaya diri untuk berinvestasi pada efek yang diterbitkan oleh PT SMF, baik berbentuk EBA-SP, maupun surat utang, karena 100% saham PT SMF milik pemerintah dan memperoleh peringkat idAAA,” pungkasnya.***

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Jumat, 26 April 2024 - 14:30 WIB

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Pengembangan energi ramah lingkungan temasuk energy panas bumi tak bisa dipisahkan dari upaya menjaga keberlanjutan di semua aspek bisnis. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi…

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

Jumat, 26 April 2024 - 14:21 WIB

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) semakin meneguhkan posisinya sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia terdepan dalam praktik bisnis berkelanjutan. PGE Area Kamojang berhasil…

IFG Life

Jumat, 26 April 2024 - 13:29 WIB

Peduli dengan Gaya Hidup Sehat, IFG Life Hadirkan IFG Life Protection Platinum dan IFG LifeCHANCE

Fokus pada kebutuhan nasabah menjadi kunci bagi PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) dalam menghadirkan produk dan layanan yang komprehensif dan saling melengkapi. Gaya hidup tidak lepas dari aspek…

Panasonic memperagakan cara penggunaan Lampu Solar Panel yang menggunakan tenaga cahaya Matahari di Cianjur

Jumat, 26 April 2024 - 12:39 WIB

Panasonic Serahkan Lampu Surya Panel ke Terdampak Gempa Cianjur

PT Panasonic Gobel Indonesia memberikan bantuan Lampu Surya Panel atau lampu berbahan bakar sinar matahari ke masyarakat terdampak gempa di Desa Sarampad, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Direktur Industri Kimia Hulu (Direktur IKHU), Wiwik Pudjiastuti

Jumat, 26 April 2024 - 11:32 WIB

Masih Banyak Sentimen Negatif, Kemenperin Tegaskan Impor PE dan PP Tak Perlu Pertimbangan Teknis

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…