Museum Tekstil Gelar Pameran Batik Khas Pesisir Indonesia

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 21 Maret 2017 - 16:30 WIB

Koleksi Batik Indonesia di Museum Tekstil (Chodijah Febriyani/INDUSTRY.co.id)
Koleksi Batik Indonesia di Museum Tekstil (Chodijah Febriyani/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Museum Tekstil Jakarta merupakan lembaga pendidikan kebudayaan, yang memiliki misi untuk melestarikan tekstil tradisional. Tekstil selalu menjadi bagian penting dari kehidupan di Indonesia sebagai bagian dari pakaian dan sebagai obyek ritual dan seremonial.

Museum Tekstil merupakan aspek yang sangat kaya budaya Indonesia dan bukti dari tingkat keahlian teknologi dan keterampilan artistik dicapai oleh pembuat mereka.

Bagi pecinta Batik khas Indonesia, Museum Tekstil bekerja sama dengan Antropologi Indonesia dan Yayasan Batik Indonesia, menyelenggarakan pameran Batik Indonesia, mulai dari tanggal 21 Maret hingga 9 April 2017 bertempat di Museum Tekstil, Jakarta Barat.

Menurut Kepala Unit Pengelola Museum Seni, Esti Utami, Ia mengatakan, "Dengan diadakannya pameran ini, kita berusaha mengajak semua orang untuk menghidupkan museum, selain itu mempromosikan museum agar sering dikunjungi," ujarnya kepada Industy.co.id, Jakarta, Selasa (21/3/2017).

"Jadi, kita ingin masyarakat itu tahu, dan belajar juga di Museum, oh ternyata Indonesia punya seni yang bagus ya, tidak hanya untuk berfoto saja, lalu, saat keluar dari Museum mereka dapat informasi dan edukasi yang didapat," kata Esti.

Pameran yang digelar hampir setengah bulan ini, harapannya, Kain Batik Indonesia, dapat terus diolah, dikembangkan, karena banyak sekali pembuat kain tradisional juga jadi malas, karena mereka sudah berpikir sudah tidak ada pasarnya gitu, lanjut Esti.

Kami sangat terbantu, sekarang ini banyak masyarakat pecinta kain tradisonal berusaha membangkitkan Batik Indonesia dan banyak pengrajin untuk buat pameran, serta pemuda yang mendukung dan pakai Batik juga.

"Saya berharap, dengan diadakannya pameran Batik ini, kain Batik ini dipromosikan terus, didorong terus, dikembangkan lagi, sayang banget kan kalau tidak dikembangkan, kasihan nanti anak cucu Kita tidak ada dapat mengenal baik Batik," pungkas Esti

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 19:10 WIB

Menteri Airlangga: Peningkatan Investasi Dorong Tumbuhnya Populasi Industri

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menyampaikan, peningkatan investasi dapat mendorong pertumbuhan populasi industri.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:53 WIB

Rupiah Senin Sore Menguat di Posisi Rp14.586

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore (19/11/2018) ini menguat sebesar sembilan poin menjadi Rp14.586 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.595…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Senin, 19 November 2018 - 17:48 WIB

Presiden Jokowi: Perlu Inovasi Pembiayaan Infrastruktur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan saat ini pemerintahannya bicara mengenai infrastruktur, maka tidak mungkin menutupnya dari anggaran pemerintah saja, sehingga perlu inovasi pembiayaan.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:45 WIB

BRI Cabang Purwokerto Salurkan KUR Rp442,218 Miliar

Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sampai dengan Oktober 2018 telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Rp442,218 miliar.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Senin, 19 November 2018 - 17:40 WIB

Menperin Airlangga: Relaksasi DNI Pacu Investasi Sektor Industri

Pemerintah terus berupaya meningkatkan nilai investasi, baik dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) maupun penanaman modal asing (PMA). Investasi, khususnya di sektor industri, menjadi salah…