Museum Tekstil Gelar Pameran Batik Khas Pesisir Indonesia

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 21 Maret 2017 - 16:30 WIB

Koleksi Batik Indonesia di Museum Tekstil (Chodijah Febriyani/INDUSTRY.co.id)
Koleksi Batik Indonesia di Museum Tekstil (Chodijah Febriyani/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Museum Tekstil Jakarta merupakan lembaga pendidikan kebudayaan, yang memiliki misi untuk melestarikan tekstil tradisional. Tekstil selalu menjadi bagian penting dari kehidupan di Indonesia sebagai bagian dari pakaian dan sebagai obyek ritual dan seremonial.

Museum Tekstil merupakan aspek yang sangat kaya budaya Indonesia dan bukti dari tingkat keahlian teknologi dan keterampilan artistik dicapai oleh pembuat mereka.

Bagi pecinta Batik khas Indonesia, Museum Tekstil bekerja sama dengan Antropologi Indonesia dan Yayasan Batik Indonesia, menyelenggarakan pameran Batik Indonesia, mulai dari tanggal 21 Maret hingga 9 April 2017 bertempat di Museum Tekstil, Jakarta Barat.

Menurut Kepala Unit Pengelola Museum Seni, Esti Utami, Ia mengatakan, "Dengan diadakannya pameran ini, kita berusaha mengajak semua orang untuk menghidupkan museum, selain itu mempromosikan museum agar sering dikunjungi," ujarnya kepada Industy.co.id, Jakarta, Selasa (21/3/2017).

"Jadi, kita ingin masyarakat itu tahu, dan belajar juga di Museum, oh ternyata Indonesia punya seni yang bagus ya, tidak hanya untuk berfoto saja, lalu, saat keluar dari Museum mereka dapat informasi dan edukasi yang didapat," kata Esti.

Pameran yang digelar hampir setengah bulan ini, harapannya, Kain Batik Indonesia, dapat terus diolah, dikembangkan, karena banyak sekali pembuat kain tradisional juga jadi malas, karena mereka sudah berpikir sudah tidak ada pasarnya gitu, lanjut Esti.

Kami sangat terbantu, sekarang ini banyak masyarakat pecinta kain tradisonal berusaha membangkitkan Batik Indonesia dan banyak pengrajin untuk buat pameran, serta pemuda yang mendukung dan pakai Batik juga.

"Saya berharap, dengan diadakannya pameran Batik ini, kain Batik ini dipromosikan terus, didorong terus, dikembangkan lagi, sayang banget kan kalau tidak dikembangkan, kasihan nanti anak cucu Kita tidak ada dapat mengenal baik Batik," pungkas Esti

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Rabu, 27 Maret 2019 - 08:47 WIB

Pembinaan JKN, 74% Jumlah Paket Pekerjaan di Kementerian PUPR Untuk Badan UKM

Progres penyerapan anggaran Kementerian PUPR hingga 24 Maret 2019, yakni realisasi keuangan sebesar 6,59 % atau sebesar Rp 7,3 triliun dan realisasi fisik sebesar 7,13 %.

Perkebunan pohon karet

Rabu, 27 Maret 2019 - 08:31 WIB

Kementan Dorong Sarolangun Kembangkan Pertanian Berbasis Kawasan

Surolangun, Jambi--Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong peningkatan daya saing daerah melalui peningkatan produktivitas komoditas unggulan daerah. Peningkatan…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Rabu, 27 Maret 2019 - 07:23 WIB

BNI Syariah Siapkan Mobile Banking Untuk Pelunasan BPIH

Jakarta - BNI Syariah menyediakan opsi pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) melalui mobile banking. Ini setelah Kementerian Agama (Kemenag) mulai 2019 membuka opsi pelunasan haji…

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

Rabu, 27 Maret 2019 - 07:00 WIB

BUMN Gelar Pangan Murah hingga Sambung Listrik Gratis di Bekasi

Sejumlah BUMN kembali bersinergi menggelar berbagai rangkaian acara menyambut Hari Ulang Tahun Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ke- 21 di Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (26/03/2019).

TPA Regional Banjarbakula

Rabu, 27 Maret 2019 - 06:58 WIB

TPA Regional Banjarbakula Mampu Tampung 790 Ton/Hari Sampah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pengelolaan sampah di daerah dengan membangun Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah skala regional.