Harga Jagung Mulai Anjlok, Siapa Bertanggung jawab?

Oleh : Wiyanto | Selasa, 19 Februari 2019 - 13:36 WIB

Tanaman jagung
Tanaman jagung

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Hoax berita harga jagung mencapai Rp 6.200 per kg tidak terbukti. Justru satu minggu terakhir di beberapa lokasi panen yang kami kunjungi rata-rata turun dari Rp 4.000-4.400 per kg menjadi Rp 3.300-3.750 per kg.

"Jangan hanya menghasut, menyebarkan hoax tapi tidak bisa menunjukkan dimana lokasinya. Kapan, dimana dan siapa yang membeli dengan harga tersebut informasikan ke kami. Jangan hanya memberi informasi yang tidak berdasar," kata Bambang Sugiharto, Direktur Serealia Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian di Jakarta, Selasa (19/2/2019)

Harga ini diperkirakan akan terus merosot sejalan dengan meluasnya panen di sentra jagung nasional. Ketika kunjungan kerja bersama Ibu Bupati di Gunung Kidul kemarin (18/2), petani menyampaikan bahwa harga saat puncak panen bisa mencapai Rp 2.000 per kg. Lalu siapa yang akan bantu kalau sudah begitu?

Pernyataan Deputi Kemenko minggu lalu rencana akan impor karena datanya bermasalah, belum panen raya dan bahkan ada yg bilang panen raya baru bulan April. Ada berita juga peternak bilang jagung sangat mahal, harganya melambung. Dampaknya mereka minta impor jagung tidak dibatasi volumenya dan hanya dibatasi waktu pemasukannya.

Ditambahkan Andi Saleh, Kasubdit Jagung, Kenyataannya kita sudah memasuki panen raya jagung. Bukankah ini saatnya menyerap dan menyimpan jagung ketika harga jatuh?

Data penurunan harga jagung yang dilaporkan petugas informasi pasar tercatat selama seminggu ini antara Rp 100/kg - Rp 1.000/kg terjadi di beberapa kabupaten seperti Karo, Langkat, Humbang Hasundutan, Pakpak Barat, Padang Pariaman, Lima Puluh Kota, Dharmas Raya, OKU, OKI, OKU Timur, Lampung Selatan, Lampung Timur, Lampung Utara, Pesisir Barat, Tasikmalaya, Kuningan, Majalengka, Purbalingga, Klaten, Wonogiri Sragen, Grobogan, Blora, Rembang, Pati, Jepara Demak, Batang, Brebes, Solo, Malang, Madiun , Sumenep, Tanah Laut, Kotawaringin, Bolmong, Minsel, Bulukumba, Janeponto, Pangkep, Barru, Bau-Bau, Gorontalo Utara dan Gorontalo. Penurunan harga ini akan berlangsung terus dan minggu depan harga bisa menjadi semakin anjlok di beberapa Kabupaten lain, ungkap Gatut, Direktur PPHTP Kementan.

Bagaimana tanggung jawab para komprador yang selalu meminta impor jagung, tidak percaya kalau sudah panen raya? Gunakan segala cara termasuk menyebar hoax bahwa tidak ada panen bulan Februari malah Dewan jagung bilang panen baru akhir april. Ada info paling tidak 3 kapal membawa jagung impor akan masuk ke jawa. Kalau seperti ini dan harga anjlok lagi, mereka harus tanggung jawab ke petani.

Kementan telah dan terus proaktif memitigasi anjloknya harga jagung dengan menggandeng pengusaha pakan ternak untuk memberikan komitmennya menyerap jagung petani lokal dengan harga yang pantas. Beberapa kabupaten telah melaksanakan kerjasama ini seperti di Pandeglang dan Gunungkidul dan harapannya diikuti oleh kabupaten lainnya agar petani jagung kita mendapat kepastian harga.

Selain itu pemerintah memberi bantuan dryer untuk meningkatkan mutu jagung, waktu simpan dan harga jualnya. Bantuan alat pemipil jagung, alat panen dalam rangka meningkatkan effisiensi produksi dan menekan biaya produksi jagung.

Terima kasih kami sampaikan ke Bapak Presiden yang telah mengapresiasi kerja petani, penyuluh, TNI dan insan pertanian. Apresiasi ini menjadi modal juang kami yang pantang menyerah untuk menjadikan Indonesia menjadi produsen jagung dunia, pungkas Bambang

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sampoerna Kayoe Dobrak Batasan Industri Kayu di Indonesia dan Mancanegara

Jumat, 22 Maret 2019 - 17:40 WIB

Sampoerna Kayoe Dobrak Batasan Industri Kayu di Indonesia dan Mancanegara

Sampoerna Kayoe turut meramaikan Expo Indobuildtech 2019 yang diadakan pada tanggal 20-24 Maret 2019 di ICE, BSD-Tangerang.

Peluncuran All New Ertiga Suzuki Sport (Foto: Ridwan)

Jumat, 22 Maret 2019 - 17:35 WIB

Resmi Meluncur, All New Ertiga Suzuki Sport Bawa 11 Fitur Baru

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) lagi-lagi memberikan penyegaran untuk Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) andalannya, dengan menghadirkan All New Ertiga Suzuki Sport.

Grand opening New Marketing Office dan MOU Signing Ceremony dengan Sekolah Mutiara Bangsa dan Muslim Cendekia Islamic School

Jumat, 22 Maret 2019 - 16:15 WIB

Ciputra Teken MoU Dengan Sekolah Mutiara Bangsa dan Muslim Cendekia Islamic School di Citra Maja Raya

Proyek Citra Maja Raya seluas 2.600 hektare (Ha) terus mengebut pembangunannya. Hasilnya, kini proyek garapan Joint Operation PT. Ciputra Residence, PT. Hanson International tbk, PT Bhuwanatala…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto berfoto bersama dengan Karyawan Mitra Produksi Sigaret (MPS) dan Paguyuban Sampoerna Retail Community (SRC)

Jumat, 22 Maret 2019 - 16:10 WIB

Menperin Sebut Mitra Produksi Sigaret Sebagai Pahlawan Industri Nasional

Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi kepada paguyuban Mitra Produksi Sigaret (MPS), sebagai wadah yang menaungi 38 produsen Sigaret Kretek Tangan (SKT) dan bermitra dengan PT HM Sampoerna.

Tim Relawan Pelindo IV Bantu Korban Banjir Bandang Sentani Jayapura

Jumat, 22 Maret 2019 - 16:00 WIB

Tim Relawan Pelindo IV Bantu Korban Banjir Bandang Sentani Jayapura

Banjir bandang yang melanda Kabupaten Sentani, Jayapura, yang diperkirakan menelan korban jiwa hingga 104 orang per Selasa (19/3/2019), mengundang sejumlah pihak bersimpati. Salah satunya adalah…