Dua Juta Ekor Ayam Bantuan Mentan Untuk Masyarakat Jabar

Oleh : Herry Barus | Senin, 14 Januari 2019 - 13:02 WIB

Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok TribunNews)
Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok TribunNews)

INDUSTRY.co.id - Tasikmalaya- Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman berjanji akan memberikan bantuan dua juta ekor ayam untuk masyarakat Provinsi Jawa Barat (Jabar) pada 2019 sebagai upaya meningkatkan ekonomi dan penghasilan masyarakat tak mampu.

"Khusus Jawa Barat minimal 2 juta ekor ayam tahun ini dibagikan kepada masyarakat yang miskin yang tidak mampu," kata Mentan di Desa Kiara Jangkung, Kecamatan Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya, Jabar, pekan lalu.

Ia menuturkan, sesuai perintah Presiden Joko Widodo kepada Kementerian Pertanian untuk menyalurkan bantuan sebesar Rp8 triliun sampai Rp10 triliun hanya untuk Jabar dari sektor pertanian.

Salah satunya, kata dia, bantuan ayam untuk masyarakat kurang mampu dengan harapan melalui program tersebut masyarakat memiliki usaha peternakan ayam yang nantinya akan mendapatkan penghasilan hingga Rp4 juta per bulan.

Khusus Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA), Mentan menyerahkan bantuan hampir 600 ekor ayam kampung petelur unggul 11 ribu lebih Rumah Tangga Miskin (RTM) di Desa Kiara Jangkung, Kecamatan Sukahening.

"Kita semua berharap dengan bantuan ini cita-cita Desa Mandiri Bibit Ayam Kampung Unggul dapat terwujud," katanya di hadapan ribuan orang yang menyaksikan penyerahan bantuan.

Program tersebut diberikan sebanyak 50 ekor untuk masing-masing RTM yang dilengkapi dengan kandang sederhana, pakan untuk pemeliharaan selama enam bulan, pelayanan vaksin dan obat hewan, termasuk pendampingan secara intensif.

Mentan juga menyerahkan bantuan berupa mesin tetas sebanyak 96 unit kepada 48 Badan Usaha Miliki Desa (Bumdes) di Kabupaten Tasikmalaya untuk mendorong keberlanjutan usaha pengembangan ayam kampung unggul di pedesaan.

"Dengan semangat dan optimisme para peternak, pengembangan ayam kampung unggul yang berkelanjutan akan menambah pendapatan," katanya.

Ia menambahkan, bantuan lainnya yang sudah diberikan untuk Kabupaten Tasikmalaya yakni alat mesin pertanian yang selama kurang lebih empat tahun sebanyak 1.800 unit alat pertanian diberikan kepada petani.

"Ini (bantuan alat pertanian) terbesar sepanjang sejarah, ada traktor sampai di lapangan. Traktor semua itu bantuan dari Bapak Presiden," katanya.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lenovo 'The Rise of Region' (Foto: Dok. Lenovo)

Sabtu, 23 Februari 2019 - 18:15 WIB

Lenovo Kembali Gelar Turnamen "Rise of Legion" di Berbagai Kota

Lenovo, salah satu merk teknologi terdepan di dunia, kembali mengadakan turnamen eSports tingkat nasional yang bertajuk "Rise of Legion".

Puluhan wartawan dan pelaku usaha mikro dapat pelatihan Vokasional SDM Kewirausahaan

Sabtu, 23 Februari 2019 - 18:00 WIB

Pacu Wirausaha Baru, Kemenkop dan UKM Gelar Pelatihan Kewirausahaan

Kementerian Koperasi dan UKM menggelar pelatihan pembuatan bakery dan roti bagi calon-calon wirausaha pemula termasuk wartawan.

Ilustrasi Kapas

Sabtu, 23 Februari 2019 - 17:25 WIB

Wow! 99 Persen Kapas Bahan Baku Tekstil Masih Impor

Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) mencatat bahan baku industri tekstil tidak semuanya bisa terpenuhi dari dalam negeri, terutama kapas.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Sabtu, 23 Februari 2019 - 17:05 WIB

Industri 4.0 Mampu Lahirkan Unicorn Baru di Indonesia

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengungkapkan, perkembangan industri digital yang sangat pesat diTanahAir telah melahirkan empatunicornatau perusahaanstartupdengan valuasi lebih dari…

Uji coba aplikasi mobile money TCASH menjadi LinkAja resmi dimulai pada tanggal 22 Februari 2019.

Sabtu, 23 Februari 2019 - 17:00 WIB

Resmi Beroperasi, LinkAja Percepat Inklusi Keuangan Masyarakat

Uji coba aplikasi mobile money TCASH menjadi LinkAja resmi dimulai pada tanggal 22 Februari 2019.