Dua Juta Ekor Ayam Bantuan Mentan Untuk Masyarakat Jabar

Oleh : Herry Barus | Senin, 14 Januari 2019 - 13:02 WIB

Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok TribunNews)
Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok TribunNews)

INDUSTRY.co.id - Tasikmalaya- Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman berjanji akan memberikan bantuan dua juta ekor ayam untuk masyarakat Provinsi Jawa Barat (Jabar) pada 2019 sebagai upaya meningkatkan ekonomi dan penghasilan masyarakat tak mampu.

"Khusus Jawa Barat minimal 2 juta ekor ayam tahun ini dibagikan kepada masyarakat yang miskin yang tidak mampu," kata Mentan di Desa Kiara Jangkung, Kecamatan Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya, Jabar, pekan lalu.

Ia menuturkan, sesuai perintah Presiden Joko Widodo kepada Kementerian Pertanian untuk menyalurkan bantuan sebesar Rp8 triliun sampai Rp10 triliun hanya untuk Jabar dari sektor pertanian.

Salah satunya, kata dia, bantuan ayam untuk masyarakat kurang mampu dengan harapan melalui program tersebut masyarakat memiliki usaha peternakan ayam yang nantinya akan mendapatkan penghasilan hingga Rp4 juta per bulan.

Khusus Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA), Mentan menyerahkan bantuan hampir 600 ekor ayam kampung petelur unggul 11 ribu lebih Rumah Tangga Miskin (RTM) di Desa Kiara Jangkung, Kecamatan Sukahening.

"Kita semua berharap dengan bantuan ini cita-cita Desa Mandiri Bibit Ayam Kampung Unggul dapat terwujud," katanya di hadapan ribuan orang yang menyaksikan penyerahan bantuan.

Program tersebut diberikan sebanyak 50 ekor untuk masing-masing RTM yang dilengkapi dengan kandang sederhana, pakan untuk pemeliharaan selama enam bulan, pelayanan vaksin dan obat hewan, termasuk pendampingan secara intensif.

Mentan juga menyerahkan bantuan berupa mesin tetas sebanyak 96 unit kepada 48 Badan Usaha Miliki Desa (Bumdes) di Kabupaten Tasikmalaya untuk mendorong keberlanjutan usaha pengembangan ayam kampung unggul di pedesaan.

"Dengan semangat dan optimisme para peternak, pengembangan ayam kampung unggul yang berkelanjutan akan menambah pendapatan," katanya.

Ia menambahkan, bantuan lainnya yang sudah diberikan untuk Kabupaten Tasikmalaya yakni alat mesin pertanian yang selama kurang lebih empat tahun sebanyak 1.800 unit alat pertanian diberikan kepada petani.

"Ini (bantuan alat pertanian) terbesar sepanjang sejarah, ada traktor sampai di lapangan. Traktor semua itu bantuan dari Bapak Presiden," katanya.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…