Bukalapak Alokasikan Rp1 Triliun untuk Besarkan Warung di Segi Pengembangan Teknologi dan Logistik

Oleh : Hariyanto | Jumat, 11 Januari 2019 - 10:45 WIB

Perayaan ulangtahun Bukalapak di hadiri Presiden Jokowi
Perayaan ulangtahun Bukalapak di hadiri Presiden Jokowi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Bukalapak menggelar perayaan ulangtahunnya ke 9 dengan mengangkat tema 'Menerobos Batas' diadakan di Jakarta Convention Center dan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo dna beberapa Menteri.

Perayaan tersebut sekaligus menjadi  langkah besar Bukalapak memperkenalkan Mitra Bukalapak yang disambut baik oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap kemajuan usaha kecil di Indonesia.

Mitra Bukalapak merupakan terobosan mutakhir Bukalapak yang memberdayakan warung untuk terhubung dengan teknologi. Sejak pertama kali dikembangkan pada awal tahun 2017, hingga saat ini Mitra Bukalapak telah memberdayakan lebih dari 500 ribu warung dan 700 ribu pelaku usaha mandiri di seluruh Indonesia. Hingga di usia yang ke-9 tahun Bukalapak telah  merangkul lebih dari 4 juta pelapak dan 50 juta pengguna se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia sebanyak 56 juta. Presiden Jokowi memandang masih banyak tantangan yang dihadapi oleh UMKM ini, antara lain yang berkaitan dengan membangun brand, desain yang mengikuti keinginan pasar, pengemasan produk yang menarik hingga permodalan dan akses masuk ke pasar.

Hadirnya Bukalapak menurut Presiden adalah sebuah peluang untuk mengatasi berbagai tantangan tersebut. Ketersambungan antara ekosistem online dan ekosistem offline juga dipandang Kepala Negara sebagai salah satu kekuatan besar untuk mengembangkan usaha kecil.

“Indonesia memiliki sekitar 56 juta UMKM, di mana 4 juta diantaranya sudah naik kelas melalui Bukalapak. Semoga kedepannya 52 juta UMKM lainnya dapat masuk semua ke Bukalapak. Bukalapak merupakan perusahan yang memiliki hati, memiliki jiwa sosial, tidak hanya berfokus pada keuntungan. Inilah yang menjadi teladan. Terima kasih sudah turut membangun perekonomian Indonesia." ungkap Presiden Jokowi.

Sementara, Achmad Zaky selaku Founder dan CEO Bukalapak mengatakan pihaknya berkomitmen untuk terus memberdayakan pelaku usaha di Indonesia. "Kami mengalokasikan 1 Triliun Rupiah untuk membesarkan warung dari segi pengembangan teknologi dan logistik, agar pengiriman logistik dapat lebih cepat, serta harga di warung juga lebih efisien. Disamping itu juga untuk perbaikan tampilan dan branding Mitra Bukalapak. Semua ini demi mewujudkan warung atau Mitra Bukalapak naik kelas.” ungkap Zaky.

Mitra Bukalapak merupakan wujud nyata dari komitmen Bukalapak dalam memberdayakan usaha kecil secara menyeluruh serta mendorong penetrasi digital. Melalui Mitra Bukalapak, warung dapat semakin naik kelas karena semakin terhubung dengan teknologi, seperti aplikasi Mitra Bukalapak, fitur ‘Warung Terdekat’, Call Order Delivery (COD) yang memungkinkan pemilik warung untuk memesan stok barang dagangannya melalui aplikasi untuk langsung diantar ke warung, serta layanan ‘Saldo Bantuan’.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Rabu, 16 Januari 2019 - 09:00 WIB

PUPR Lanjutkan Pembangunan Jalan Trans Papua

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus melanjutkan pembangunan Jalan Trans Papua demi meningkatkan konektivitas, membuka daerah terisolir dan mengurangi tingkat kemahalan harga…

Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, (Foto Dok Industry.co.id_

Rabu, 16 Januari 2019 - 09:00 WIB

20 Peserta Terbaik Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu Wujud Optimisme Generasi Muda

Menjadi seorang sociopreneur atau menjalankan usaha berbasis pemberdayaan masyarakat/sosial, belakangan ini menjadi pilihan populer di kalangan generasi muda Indonesia. Kreativitas tinggi, didukung…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar saat konferensi pers kinerja akhir tahun (Foto: Kemenperin)

Rabu, 16 Januari 2019 - 08:30 WIB

Empat Program Kerja Prioritas Kemenperin

Kementerian Perindustrian siap mengerjakan empat program kerja prioritas 2019 sebagai langkah strategis untuk membangun industri dan meningkatkan kontribusi terhadap perekonomian agar lebih…

Ilustrasi hujan deras. (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 08:25 WIB

BMKG Prakirakan Hujan Petir di Jaksel dan Jakbar

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan disertai petir di wilayah Jakarta Selatan (Jaksel) dan Jakarta Barat (Jakbar) pada Rabu (16/1/2019) siang hingga…

UOB Memperbarui Perjanjian Strategis Bancassurance dengan Prudential (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 08:00 WIB

UOB Memperbarui Perjanjian Strategis Bancassurance dengan Prudential

United Overseas Bank Limited (UOB) hari ini mengumumkan telah diperbaruinya perjanjian strategis bancassurance regional dengan Prudential Group untuk 15 tahun. Biaya sebesar SGD1,15 miliar akan…