2019 Kalimantan Selatan Cetak Sawah 200 Hektar

Oleh : Herry Barus | Jumat, 14 Desember 2018 - 04:39 WIB

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)
Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Banjarmasin- Kepala Dinas Pertanian Kalimantan Selatan Fathurrahman mengatakan pada tahun 2019 kembali mendapatkan program cetak sawah di lahan rawa dari Kementerian Pertanian seluas 200 hektare.

Menurut Fathur di Banjarmasin Kamis (13/12/2018) cetak sawah tersebut akan dilaksanakan di empat daerah, yaitu Kabupaten Banjar, Tanah Laut, Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Hulu Sungai Utara (HSU).

Dia mengungkapkan, program cetak sawah di lahan rawa yang dicanangkan pada Hari Pangan Sedunia (HPS) terbukti mampu meningkatkan produksi padi secara nasional.

Sehingga, tambah dia, pemerintah pusat juga akan mengembangkan optimalisasi tanam padi di lahan rawa tersebut, di beberapa provinsi lainnya yang memiliki potensi lahan rawa cukup besar.

"Hasil panen di lahan 240 hektare di ekslahan HPS tersebut cukup bagus, karena didukung oleh teknologi pertanian yang memadai,"katanya.

Selanjutnya, tambah dia, program tersebut akan dikawal oleh pemerintah pusat, melalui dana APBN selama tiga tahun, hingga petani benar-benar mampu mengelola lahan tersebut.

Sebelumnya, Kementerian Pertanian kembali melakukan uji coba optimalisasi pemanfaatan lahan di Desa Jejangkit yang dibuka pascaHari Pangan Sedunia (HPS) untuk tiga kali panen.

Direktur Perluasan dan Perlindungan Lahan Kementerian Pertanian Indah Megawati ditemui saat meninjau lahan di Desa Jejangkit Kabupaten Barito Kuala, Rabu, mengatakan mulai Kamis (13/12) tim dari TNI-AD 101 Antasari, akan kembali mengelola lahan tersebut.

Menurut dia, kini petani belum percaya diri, untuk mengelola lahan seluas 240 hektare, yang sebelumnya telah dipanen saat HPS.

Petani masih ragu dan khawatir akan gagal panen, mengingat kondisi lahan yang masih terendam akibat hujan.

Ia menambahkan saat HPS kondisi lahan sedang kering, karena berada pada musim kemarau dan kini karena hujan lahan menjadi terendam.

"Bapak menteri berharap, lahan di Jejangkit ini bisa panen tiga kali, baik saat musim kemarau maupun musim hujan, tetap bisa ditanami," lanjutnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…