Tutup Rapimnas Kadin 2018, Presiden Jokowi Sebut UMKM Jadi Peran Penting Ekonomi Nasional

Oleh : Ridwan | Rabu, 28 November 2018 - 14:50 WIB

Presiden Jokowi saat menutup Rapimnas Kadin 2018 (Foto: Kemenperin)
Presiden Jokowi saat menutup Rapimnas Kadin 2018 (Foto: Kemenperin)

INDUSTRY.co.id - Solo, Presiden Joko Widodo secara resmi menutup Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia tahun 2018 di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (28/11/2018).

Presiden Jokowi yang mengenakan kemeja putih dibalut jas gelap disambut Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani.

Tampak hadir dalam penutupan itu antara lain Mensesneg Pratikno, Menperin Airlangga Hartarto, Ketua DPR yang juga Wakul Ketua Umum Kadin Indonesia Bambang Soesatyo, serta Mentan Amran Sulaiman.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi memaparkan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia sangat berperan penting dalam perekonomian Indonesia. 

"62 juta unit UMKM di Indonesia dengan 116 juta orang tenaga kerjanya berperan penting dalam perekonomian Indonesia," kata Jokowi. 

Oleh karena itu, tambah Jokowi, pemerintah saat ini terus memacu sektor UMKM di dalam negeri untuk lebih meningkatkan daya saing di pasar global. 

Lebih lanjut, Presiden Jokowi memaparkan bahwa, beberapa industri di Tiongkok tertarik untuk masuk ke pasar Indonesia. Hal ini merupakan kesempatan untuk memperluas ekspor. 

"Mereka (China) ingin masuk ke kawasan Asia termasum Indonesia, inilah peluang karena mereka tahu kalau tarif masuk pasar Amerika Serikat (AS) dinaikkan, mau tidak mau mereka akan bergeser ke kawasan Asia termasuk Indonesia," ungkap Jokowi.

Sementara itu, Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani mengatakan, yang menjadi fokus Kadin adalah perhatian khusus terhadap UMKM nasional, mengingat UMKM menaungi lebih dari 95 persen tenaga kerja nasional.

Menurutnya, kebijakan yang berkaitan dengan sektor UMKM perlu dipertimbangkan secara matang karena dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional, termasuk dalam kaitannya mengenai investasi.

“Yang kami harapkan tentu adalah investasi yang bisa membawa transfer teknologi, yang bisa meningkatkan kualitas SDM kita serta dapat melengkapi dan menopang kepentingan industri nasional agar menjadi lebih sehat,” ungkap Rosan. 

Bersamaan dengan itu, untuk program Kerja di 2019, Kadin telah menetapkan untuk berupaya mengembangkan dan melindungi sektor UMKM, meningkatkan ekspor, mendorong daya saing perindustrian nasional untuk pembangunan ekonomi yang berkeadilan. 

Adapun rekomendasi Rapimnas Kadin 2018 untuk meningkatkan ekspor antara lain perlu mendorong para eksportir untuk mengekspor produk-produk olahan yang berasal dari industri manufaktur, melakukan diversifikasi produk dan pasar ekspor, serta memberikan insentif kepada para pelaku industri. 

"Dalam kaitan ini pemerintah diharapkan bisa menjadikan ekspor lebih atraktif," terang Rosan.

Ditambahkan Rosan, untuk mendorong ekspor, pemerintah juga perlu memberikan insentif berupa pemotongan bea masuk untuk produk-produk yang sifatnya bahan baku, bahan penolong atau mesin-mesin untuk mendukung industri yang berorientasi ekspor.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 10:29 WIB

Ciptakan Ruang Rekreasi Kolaboratif, HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Dalam upaya meningkatkan fasilitas dan kepuasan penghuni apartemennya, anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) yaitu PT HK Realtindo (HKR) menjalin kerjasama dengan PT All Play Indonesia (All…

Bahana TCW

Sabtu, 27 April 2024 - 10:00 WIB

Ingin Memulai Berinvestasi di Reksa Dana Syariah, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, menemukan investasi dengan konsep syariah tentu tak sulit di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan…

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…