Aceh Tengah Targetkan Produksi Kopi 800 Kh/Ha

Oleh : Herry Barus | Minggu, 18 November 2018 - 06:37 WIB

Tanaman kopi (foto Industry.co.id)
Tanaman kopi (foto Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Banda Aceh- Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Pertanian daerah setempat menargetkan produksi komoditas kopi di kawasan tersebut mencapai 800 kilogram per hektare pada 2018.

"Kita tergetkan produksi kopi pada tahun ini meningkat dari 774 kilogram per hektare pada tahun 2017 menjadi 800 kilogram per hektare tahun ini," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah, Juanda di Takengon, Sabtu (17/11/2018)

Ia menjelaskan pihaknya terus berupaya agar produktivitas kopi arabica di Dataran Tinggi Gayo tersebut mengalami peningkatan setiap tahunnya, sehingga program meningkatkan kesejateraan petani dapat terwujud di masa mendatang.

Ada pun langkah-langkah yang terus dilakukan dalam mendongkrak produktivitas tersebut diantaranya peremajaan, rehabilitasi, pemangkasan dan perawatan yang baik guna memperoleh hasil maksimal.

Ia menyebutkan Kabupaten Aceh Tengah miliki lahan kopi seluas 46 ribu hektare, yang terdiri dari lima ribu hektare tanaman tua dan 41 ribu hektare lainnya merupakan tanaman produktif.

Juanda menambahkan salah satu program yang sedang digalakkan untuk peningkatan produktivitas hasil pertanian milik petani di daerah berhawa dingin tersebut adalah dengan membentuk tim brigade pemangkasan kopi tingkat kecamatan guna meningkatkan produksi kopi arabica di daerah setempat.

"Brigade pemangkasan kopi yang awalnya digagas pada bulan enam di Kecamatan Bies, kini sudah berjumlah enam kecamatan dari 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Tengah," kata Kepala Dinas Pertanian Aceh Tengah, Juanda di Banda Aceh, kepada awak media.

Ia menjelaskan pemangkasan tanaman kopi memiliki peranan penting untuk meningkatkan produktivitas dan menjadikan tanaman tersebut tumbuh subur dan produktif.

"Pemangkasan ini juga bagian untuk membantu pencegahan hama penyakit yang dapat menyerang tanaman kopi," katanya.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 07:00 WIB

Market Cap Tembus Rp.500 Triliun , BBRI Cetak Rekor Baru Pekan ini

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) untuk kedua kalinya selama sepekan menorehkan prestasi terbaiknya di perdagangan bursa saham.

Gubernur Papua, Lukas Enembe, (Foto: Fadli/Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 06:00 WIB

Rp5 Miliar Disiapkan Pemprov Papua untuk Korban Banjir

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyiapkan bantuan uang sebesar Rp5 miliar untuk membantu penanganan korban banjir bandang di Kabupaten Jayapura.

Tersangka Korupsi (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 04:50 WIB

KPK Benarkan Amankan Direktur Krakatau Steel

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengamankan sebanyak empat orang terkait dengan operasi tangkap tangan (OTT) yang diduga berhubungan dengan salah satu Direktur Krakatau Steel.

Kingston Partner Gathering, Kamis (21/3/2019)

Jumat, 22 Maret 2019 - 23:00 WIB

Perkuat Pasar, Kingston Miliki Puluhan Mitra Reseller di Indonesia

Kingston Technology, salah satu pemimpin dunia dalam solusi produk dan teknologi penyimpanan memori, secara bersama-sama dengan para mitra penjualan mengumumkan program mitra resmi di Indonesia.

Suasana diskusi yang bertajuk “Kasus Privatisasi JICT Jilid II (2015-2039), Kemana Pemerintah dan KPK” yang digelar Serikat Pekerja (SP) JICT di Hotel Sunlake, Sunter, Jakarta, Kamis (21/03/2019) petang.

Jumat, 22 Maret 2019 - 20:49 WIB

Pakar Hukum UGM: Perpanjangan Kontrak Pelindo II dan Hutchison Ports Tetap Sah

Oce Madril, pakar Tindak Pidana Korupsi Universitas Gajah Mada (UGM), menilai perjanjian perpanjangan kontrak PT Jakarta International Container Terminal (JICT) antara PT Pelindo II dan Hutchison…