BNI Jadi Penyalur 67.754 Tabungan Sosial Anak, Sentuh Korban Bencana NTB

Oleh : Herry Barus | Selasa, 23 Oktober 2018 - 06:00 WIB

BNI Jadi Penyalur 67.754 Tabungan Sosial Anak (Foto Rizki Meirino)
BNI Jadi Penyalur 67.754 Tabungan Sosial Anak (Foto Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Mataram---  PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) kembali dipercaya menjadi bank penyalur dana bantuan Program Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) yang khusus disiapkan bagi anak-anak terlantar atau dinamakan Tabungan Sosial Anak (TASA). Pada tahun 2018 ini, BNI ditunjuk oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian Sosial Republik Indonesia untuk menyalurkan TASA kepada sebanyak  67.754 anak.

Penyerahan secara simbolis TASA telah dilaksanakan dalam Perayaan Hari Anak Nasional Tahun 2018 yang dipusatkan di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (18 Oktober 2018). Terdapat 30 siswa yang menerima secara simbolis, dimana 15 diantaranya merupakan keluarga yang terkena dampak bencana gempa bumi di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Siswa penerima TASA asal NTB dari Kementerian Sosial Republik Indonesia  via BNI yang juga terkena dampak bencana adalah Mutiah dan Gita Kurnia asal

Desa Sangiang. Lalu Emi Safitri, Maulina Auliya, Jumratul Izza, Herlina Asriningsih, dan Kasmini asal Desa Akar-akar. Kemudian Amrina Rosyada dan Annisa Pernandaasal Desa Santong, Lisa Wahyu Liana asal Desa Anyar, Yogi Pratamadari Desa Sesait, Hamdan Asari dari Desa Sambil Bangkol, serta Jaka Hermawantosari Desa Tampes.

Penyerahan simbolis TASA ini merupakan kolaborasi antara Kementerian Sosial Republik Indonesia bersama dengan Dinas Sosial Provinsi NTB, dan BNI.      

Hadir pada kesempatan tersebut Direktur Jenderal (Dirjen) Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial RI Edy Suharto, serta Perwakilan BNI Wilayah Bali Nusra. Penyaluran bantuan ditandai dengan penyerahan simbolis  kepada 20 orang anak NTB penerima bantuan TASA. Sepanjang acara tersebut dipersembahkan untuk anak-anak, sehingga acara tersebut diberi tajuk One Day For Children ini.

Para penerima tersebut memenuhi syarat sebagai pengguna TASA karena tergolong anak-anak terlantar, anak jalanan, anak yang berhadapan dengan hukum, anak penyandang disabilitas, dan anak yang membutuhkan perlindungan khusus untuk mendapatkan akses pada layanan sosial dasar. Bantuan Program TASA ini berasal dari dua sumber anggaran, yaitu Anggaran Kementerian Sosial RI dan Dana Dekonsentrasi Dinas Sosial Propinsi di seluruh Indonesia.

Nilai TASA yang disalurkan BNI khusus untuk Provinsi NTB mencapai Rp 1,2 miliar untuk 1.200 anak penerima. Pada kesempatan yang sama juga diberikan secara simbolis Penyaluran Bantuan TASA nasional senilai Rp 67,754 miliar untuk 67.754 anak se -  Indonesia. Dalam kegiatan ini BNI juga memberikan dukungan berupa pemberian tas dan peralatan sekolah sebanyak 500 paket sebagai bagian dari program BNI Berbagi.

Hak Akses Perbankan 

Corporate Secretary BNI Kiryanto mengungkapkan, langkah bersama antara Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian Sosial RI, dan BNI dalam menerbitkan TASA merupakan bentuk pemenuhan amanat Undang Undang Dasar 1945 yang menghendaki kehadiran negara dalam memelihara Fakir Miskin dan Anak Terlantar.  Melalui TASA, BNI menunjukan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan kesetaraan dalam mengakses produk-produk perbankan, termasuk diantaranya anak-anak terlantar. Melalui program ini BNI sebagai salah satu bank pemerintah menegaskan fungsinya sebagai agent of development.

Simpel TASA diterbitkan sebagai produk kolaborasi BNI, OJK, dan Kementerian Sosial RI yang didesain untuk meningkatkan akses anak-anak dalam mendapatkan dana bantuan pemerintah,  sekaligus sebagai sarana pendidikan, dan pembentukan karakter anak-anak untuk gemar menabung sejak dini

Peran BNI dalam kolaborasi ini adalah memastikan adanya nilai tambah yang dapat diterima oleh anak-anak pemilik TASA, yaitu memberikan kemudahan bagi anak-anak tersebut untuk menabung menggunakan dana bantuan dari pemerintah. Simpel TASA merupakan pengembangan dari produk tabungan sebelumnya yaitu Simpanan Pelajar yang diinisiasi oleh OJK, yang diperuntukkan bagi siswa mulai dari tingkat usia Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sederajat.

Hadiah tabungan

Dalam kegiatan ini selain pentas seni yang ditampilkan oleh anak-anak keluarga penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di NTB, guna menambah kemeriahan acara, BNI juga memberikan hadiah-hadiah bagi anak-anak TASA yang mengikuti berbagai lomba yang telah diselenggarakan sebelumnya, dalam bentuk Tabungan. Selain itu BNI juga menyediakan games menarik berhadiah bagi anak-anak penerima TASA NTB yang hadir.           

Pada kesempatan yang sama, dilaksanakan juga pemberian apresiasi dalam bentuk tabungan kepada 6 (enam) anak berprestasi Tingkat Provinsi NTB yaitu Husnul, Dari LKSA Nurul Rahman Lombok Utara (prestasi: Lomba I Menyanyi Solo);  Abdul K Asri dari LKSA Al Ijtihad, Lombok Barat (prestasi: juara III Tahfiz Quran 30 Juz); Sutrisna Jumhari dari SMPN 1 Narmada, lombok Barat (pretasi: finalis olimpiade literasi cabang cipta puisi); Deven Christiandi dari SMPN 1 (prestasi juara I menyanyi solo); Cariss Cahyarini dari SMPN 16 Mataram (prestasi : juara I desain poster); dan Riyanti dari SMPN 1 Gunungsari (prestasi : juara I renang putri). Juga diserahkan apresiasi terhadap 4 (empat) orang anak beprestasi Tingkat kabupaten Lombok Utara yakni: Erwin Maedo dark LKSA Nurul Islam (prestasi Juara I vokalis laski); Sitisa dari LKA Mambaul Bayan, Sambik Elen (prestasi L Tahfizul Qur’an); Kardil dari LKSA Albayani (prestasi: tilawatil Qur’an); dan Zainul dari LKSA Mambaul Bayan (prestasi Taryil Qur’an). 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 10:29 WIB

Ciptakan Ruang Rekreasi Kolaboratif, HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Dalam upaya meningkatkan fasilitas dan kepuasan penghuni apartemennya, anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) yaitu PT HK Realtindo (HKR) menjalin kerjasama dengan PT All Play Indonesia (All…

Bahana TCW

Sabtu, 27 April 2024 - 10:00 WIB

Ingin Memulai Berinvestasi di Reksa Dana Syariah, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, menemukan investasi dengan konsep syariah tentu tak sulit di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan…

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…