Bangun Hunian Nyaman, Pengungsi Ukir Senyuman

Oleh : Herry Barus | Minggu, 21 Oktober 2018 - 16:14 WIB

PT Miwon Indonesia dan PT Jico Agung (Miwon Group) dan Dompet Dhuafa (Foto Dok Industri.co.id)
PT Miwon Indonesia dan PT Jico Agung (Miwon Group) dan Dompet Dhuafa (Foto Dok Industri.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dalam rangka mengemban misi kemanusiaan, PT Miwon Indonesia dan PT Jico Agung (Miwon Group) bekerja sama dengan Dompet Dhuafa membangun puluhan unit rumah sementara ramah gempa dan paket sembako bagi warga pengungsi di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Kerjasama ini diawali dengan serah terima secara simbolis donasi kemanusiaan sebesar 1 miliar rupiah dari Miwon Group kepada Dompet Dhuafa selaku pelaksana program yang bertempat di kantor Miwon, Jakarta Timur.

Sebagaimana diketahui bersama, bencana yang melanda Palu dan daerah sekitarnya di Sulawesi Tengah pada tanggal 28 September 2018 telah mengakibatkan lebih dari dua ribu orang meninggal dunia. Selain itu, puluhan ribu orang terpaksa mengungsi karena rumah yang dulu mereka tempati kini rusak diterjang tsunami, digoncang gempa dan ditenggelamkan likuifaksi.

Sudah tiga pekan warga mengungsi di tenda dengan alas dan atap terpal. Saat siang hari, sinar matahari terasa sangat menyengat karena cuaca pasca gempa lebih panas dari biasanya. Saat malam tiba, dingin menusuk hingga rusuk. Saat hujan mengguyur, warga semakin berduka karena tenda yang mereka tempati direndam air hujan. Seperti itulah kondisi yang dirasakan para pengungsi saat ini, tidak ada pilihan lain bagi mereka selain tetap tinggal di tenda karena tidak ada rumah untuk kembali. Balita dan anak kecil pun harus bersikap tegar menerima kondisi tersebut layaknya orang dewasa.

Untuk dapat bertahan hidup dan mulai mencari penghidupan, para pengungsi butuh tempat yang layak dan aman, minimal terlindung dari panas dan hujan. Karena jika tetap tinggal di tenda sampai kurun waktu yang lama dapat mempengaruhi psikologis dan semangat hidup para pengungsi.

Melihat kondisi tersebut, Miwon Group berupaya untuk mengembalikan dan membangkitkan semangat warga dengan membangun rumah sementara ramah gempa.

“Bahagia rasanya bisa turut berkontribusi dalam penanganan bencana di Palu. Harapan kami, semoga dengan terbangunnya rumah sementara ramah gempa dapat meringankan duka yang dialami pengungsi dan dapat meminimalisir resiko datangnya penyakit dan gangguan lainnya,” tutur I Wayan Mariadi selaku General Affair Manager PT Miwon Indonesia.    

“Rumah merupakan kebutuhan manusia yang sangat mendasar dan menjadi salah satu unsur penggerak semangat berkarya dan beraktivitas. Semoga rumah sementara ramah gempa yang dibangun menjadi permulaan yang baik untuk menata laju perekonomian.” ungkap Herdiansah selaku Direktur CSR Dompet Dhuafa Social Enterprise.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Umrah di Mekkah

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:31 WIB

Meraih Keberkahan Bulan Syawal, Pegadaian Ajak Masyarakat Umrah Akbar Bersama

Pada momen perayaan ulang tahun Pegadaian ke-123 Tahun dan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah yang jatuh pada bulan April ini, Pegadaian menyelenggarakan kegiatan Umrah Akbar Pegadaian dengan…

Pengurus BUMN Muda Pegadaian

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:18 WIB

Pegadaian Kukuhkan Pengurus BUMN Muda Pegadaian

PT Pegadaian melantik pengurus organisasi kepemudaan yang diinisiasi oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Kementerian BUMN, yang tergabung dalam BUMN Muda Pegadaian di Ballroom The Gade…

MamyPoko Pants Skin Comfort, popok pertama cegah ruam 12 jam mengandung coconut oil.

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:14 WIB

MamyPoko Pants Skin Comfort, Popok Pertama di Indonesia Dengan All in 1 Skin Care Cegah Ruam 12 Jam

MamyPoko Pants Skin Comfort dari Uni-Charm, popok pertama di Indonesia dengan All in 1 Skin Care yang mengandung coconut oil, cegah ruam 12 jam.

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:04 WIB

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menjalin kolaborasi dengan PT. KAI/KA Wisata dan ASTINDO menghadirkan program "Bundling…

Penandatanganan Kontrak Subsidi Energi 2024

Selasa, 19 Maret 2024 - 12:40 WIB

Pertamina Siap Salurkan Subsidi Energi 2024 Tepat Sasaran

Pertamina siap menjalankan penugasan Pemerintah menyalurkan subsidi energi 2024 tepat sasaran. Melalui PT Pertamina Patra Niaga sebagai Subholding Commercial & Trading, Pertamina akan memastikan…