Bangun Hunian Nyaman, Pengungsi Ukir Senyuman

Oleh : Herry Barus | Minggu, 21 Oktober 2018 - 16:14 WIB

PT Miwon Indonesia dan PT Jico Agung (Miwon Group) dan Dompet Dhuafa (Foto Dok Industri.co.id)
PT Miwon Indonesia dan PT Jico Agung (Miwon Group) dan Dompet Dhuafa (Foto Dok Industri.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dalam rangka mengemban misi kemanusiaan, PT Miwon Indonesia dan PT Jico Agung (Miwon Group) bekerja sama dengan Dompet Dhuafa membangun puluhan unit rumah sementara ramah gempa dan paket sembako bagi warga pengungsi di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Kerjasama ini diawali dengan serah terima secara simbolis donasi kemanusiaan sebesar 1 miliar rupiah dari Miwon Group kepada Dompet Dhuafa selaku pelaksana program yang bertempat di kantor Miwon, Jakarta Timur.

Sebagaimana diketahui bersama, bencana yang melanda Palu dan daerah sekitarnya di Sulawesi Tengah pada tanggal 28 September 2018 telah mengakibatkan lebih dari dua ribu orang meninggal dunia. Selain itu, puluhan ribu orang terpaksa mengungsi karena rumah yang dulu mereka tempati kini rusak diterjang tsunami, digoncang gempa dan ditenggelamkan likuifaksi.

Sudah tiga pekan warga mengungsi di tenda dengan alas dan atap terpal. Saat siang hari, sinar matahari terasa sangat menyengat karena cuaca pasca gempa lebih panas dari biasanya. Saat malam tiba, dingin menusuk hingga rusuk. Saat hujan mengguyur, warga semakin berduka karena tenda yang mereka tempati direndam air hujan. Seperti itulah kondisi yang dirasakan para pengungsi saat ini, tidak ada pilihan lain bagi mereka selain tetap tinggal di tenda karena tidak ada rumah untuk kembali. Balita dan anak kecil pun harus bersikap tegar menerima kondisi tersebut layaknya orang dewasa.

Untuk dapat bertahan hidup dan mulai mencari penghidupan, para pengungsi butuh tempat yang layak dan aman, minimal terlindung dari panas dan hujan. Karena jika tetap tinggal di tenda sampai kurun waktu yang lama dapat mempengaruhi psikologis dan semangat hidup para pengungsi.

Melihat kondisi tersebut, Miwon Group berupaya untuk mengembalikan dan membangkitkan semangat warga dengan membangun rumah sementara ramah gempa.

“Bahagia rasanya bisa turut berkontribusi dalam penanganan bencana di Palu. Harapan kami, semoga dengan terbangunnya rumah sementara ramah gempa dapat meringankan duka yang dialami pengungsi dan dapat meminimalisir resiko datangnya penyakit dan gangguan lainnya,” tutur I Wayan Mariadi selaku General Affair Manager PT Miwon Indonesia.    

“Rumah merupakan kebutuhan manusia yang sangat mendasar dan menjadi salah satu unsur penggerak semangat berkarya dan beraktivitas. Semoga rumah sementara ramah gempa yang dibangun menjadi permulaan yang baik untuk menata laju perekonomian.” ungkap Herdiansah selaku Direktur CSR Dompet Dhuafa Social Enterprise.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Surat permohonan maaf INDUSTRY.co.id kepda PT Grab Taxi Indonesia

Jumat, 16 November 2018 - 20:56 WIB

Industry.co.id Sampaikan Permohonan Maaf ke Grab Indonesia

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Portal berita Industry.co.id merupakan portal online terdepan yang memberitakan berbagai isu - isu terkini di dunia industri. Semua pemberitaan…

Agus Santoso , Komisaris Utama Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co,id)

Jumat, 16 November 2018 - 19:17 WIB

Agus Santoso Pensiun Dari Dirjen Perhubungan Udara Jauh Sebelum Tragedi Lion Air JT 610

PT Garuda Indonesia Tbk. angkat bicara terkait adanya misinformation terkait dengan pelantikan Polana Banguningsih Pramesti sebagai pejabat tetap Dirjen Hubungan Udara, pada Senin (12/11/2018)…

 Lembaga riset Institute for Development of Economics and Finance (Indef) (FotoIst)

Jumat, 16 November 2018 - 19:11 WIB

Sejumlah Catatan Terhadap Paket Kebijakan Ekonomi XVI

Peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Abra Talattov mengkritisi Paket Kebijakan Ekonomi XVI yang baru saja diterbitkan pemerintah di Kompleks Istana Kepresidenan…

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 16 November 2018 - 19:05 WIB

Rupiah Jumat Sore Menguat Menjadi Rp14.537

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat sore, menguat sebesar 128 poin menjadi Rp14.537 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.665 per dolar AS.

 PT Aplikanusa Lintasarta sebagai perusahaan penyedia jasa internet dan IT Services membangun Badung Command Center (BCC) Kidung Mangupura dan data center yang diresmikan Jumat (16/11/2018).

Jumat, 16 November 2018 - 16:51 WIB

Punya Data Center Kabupaten Badung Bali Menuju Smart City

PT Aplikanusa Lintasarta sebagai perusahaan penyedia jasa internet dan IT Services membangun Badung Command Center (BCC) Kidung Mangupura dan data center yang diresmikan Jumat (16/11/2018).