Bangun Hunian Nyaman, Pengungsi Ukir Senyuman

Oleh : Herry Barus | Minggu, 21 Oktober 2018 - 16:14 WIB

PT Miwon Indonesia dan PT Jico Agung (Miwon Group) dan Dompet Dhuafa (Foto Dok Industri.co.id)
PT Miwon Indonesia dan PT Jico Agung (Miwon Group) dan Dompet Dhuafa (Foto Dok Industri.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dalam rangka mengemban misi kemanusiaan, PT Miwon Indonesia dan PT Jico Agung (Miwon Group) bekerja sama dengan Dompet Dhuafa membangun puluhan unit rumah sementara ramah gempa dan paket sembako bagi warga pengungsi di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Kerjasama ini diawali dengan serah terima secara simbolis donasi kemanusiaan sebesar 1 miliar rupiah dari Miwon Group kepada Dompet Dhuafa selaku pelaksana program yang bertempat di kantor Miwon, Jakarta Timur.

Sebagaimana diketahui bersama, bencana yang melanda Palu dan daerah sekitarnya di Sulawesi Tengah pada tanggal 28 September 2018 telah mengakibatkan lebih dari dua ribu orang meninggal dunia. Selain itu, puluhan ribu orang terpaksa mengungsi karena rumah yang dulu mereka tempati kini rusak diterjang tsunami, digoncang gempa dan ditenggelamkan likuifaksi.

Sudah tiga pekan warga mengungsi di tenda dengan alas dan atap terpal. Saat siang hari, sinar matahari terasa sangat menyengat karena cuaca pasca gempa lebih panas dari biasanya. Saat malam tiba, dingin menusuk hingga rusuk. Saat hujan mengguyur, warga semakin berduka karena tenda yang mereka tempati direndam air hujan. Seperti itulah kondisi yang dirasakan para pengungsi saat ini, tidak ada pilihan lain bagi mereka selain tetap tinggal di tenda karena tidak ada rumah untuk kembali. Balita dan anak kecil pun harus bersikap tegar menerima kondisi tersebut layaknya orang dewasa.

Untuk dapat bertahan hidup dan mulai mencari penghidupan, para pengungsi butuh tempat yang layak dan aman, minimal terlindung dari panas dan hujan. Karena jika tetap tinggal di tenda sampai kurun waktu yang lama dapat mempengaruhi psikologis dan semangat hidup para pengungsi.

Melihat kondisi tersebut, Miwon Group berupaya untuk mengembalikan dan membangkitkan semangat warga dengan membangun rumah sementara ramah gempa.

“Bahagia rasanya bisa turut berkontribusi dalam penanganan bencana di Palu. Harapan kami, semoga dengan terbangunnya rumah sementara ramah gempa dapat meringankan duka yang dialami pengungsi dan dapat meminimalisir resiko datangnya penyakit dan gangguan lainnya,” tutur I Wayan Mariadi selaku General Affair Manager PT Miwon Indonesia.    

“Rumah merupakan kebutuhan manusia yang sangat mendasar dan menjadi salah satu unsur penggerak semangat berkarya dan beraktivitas. Semoga rumah sementara ramah gempa yang dibangun menjadi permulaan yang baik untuk menata laju perekonomian.” ungkap Herdiansah selaku Direktur CSR Dompet Dhuafa Social Enterprise.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Joe Taslim Jadi Pemain Sekaligus Produser Film "Hit N Run"

Jumat, 18 Januari 2019 - 08:06 WIB

Joe Taslim Produseri Sekaligus Bintangi Film Hit N Run Bergenre Aksi Komedi

Di tengah maraknya film bergenre horor dan drama, munculnya sebuah film bergenre Aksi Komedi tentu bakal menarik perhatian. Itulah yang ditawarkan oleh Screenplay Films yang bekerjasama dengan…

Dirut BRI Suprajarto (Foto Rizki Meirino)

Jumat, 18 Januari 2019 - 07:30 WIB

Taspen Gandeng BRI untuk Sejahterakan ASN dan Pensiunan dalam Program Sejahtera di Purnatugas

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk kembali tunjukkan dukungannya pada sektor pemberdayaan kesejahteraan masyarakat melalui partisipasinya pada acara Program Wirausaha ASN dan Pensiunan…

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo (Foto Ist)

Jumat, 18 Januari 2019 - 06:30 WIB

BI Yakin Pasar Tidak "Wait and See" Jelang Pemilu

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo meyakini dunia usaha dan investor tidak akan ragu dan memilih menunggu (wait and see) untuk mengeksekusi kegiatan bisnis, meskipun di dalam negeri sedang…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Jumat, 18 Januari 2019 - 06:18 WIB

Kaltara Eksport Beras dan Krayan ke Malaysia

Jakarta - Padi Adan adalah salah satu komoditi yang menjadi andalan dari wilayah perbatasa Krayan Prop.Kaltara. Padi Adan sendiri merupakan bibit lokal hasil budidaya masyarakat di dataran tinggi…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Jumat, 18 Januari 2019 - 06:01 WIB

Segera Luncurkan Beras Basmati Asli Indonesia, Kementan: Beras Kita Layak Ekspor

Sukamandi - Kementerian Pertanian direncanakan akan merilis varietas beras basmati asli Indonesia pada pertengahan Februari nanti. Beras basmati selama ini dikenal sebagai beras aromatik asal…