Jamkrida Sumsel akan Disuntik Modal Rp100 Miliar

Oleh : Herry Barus | Selasa, 16 Oktober 2018 - 11:50 WIB

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)
Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Palembang- PT Jamkrida Sumatera Selatan bakal mendapatkan suntikan modal dari Pemprov Sumatra Selatan untuk mencukupi modal dasar senilai Rp100 miliar.

Direktur Utama PT Jamkrida Sumsel Dian Askin Hatta di Palembang, Senin (15/10/2018) , mengatakan saat ini modal yang disetor pemprov selaku pemegang saham BUMD tersebut sudah mencapai Rp62,7 miliar.

"Penambahan modal jelas digunakan untuk ekspansi usaha, bisa meningkatkan kemampuan kami untuk melakukan penjaminan kredit sehingga bisa berkontribusi terhadap pendapatan daerah Sumsel," kata dia.

Askin mengatakan jika modal yang disetor Pemprov Sumsel telah mencapai Rp100 miliar maka Jamkrida diperkirakan mampu melakukan bisnis penjaminan kredit senilai Rp4 triliun.

Saat ini nilai penjaminan kredit baru separuhnya atau senilai Rp2,5 triliun sesuai dengan besaran modal yang dimiliki perusahaan saat ini.

Ia mengatakan sebetulnya, perusahaan menginginkan adanya perubahan atau peningkatan modal dasar untuk Jamkrida yang senilai Rp100 miliar tersebut. Besaran modal dasar itu tertuang dalam Perda Nomor 9 Tahun 2012 tentang pembentukan perseroan terbatas penjaminan  kredit daerah Sumsel.

"Kami sudah mengajukan tapi dari pembahasan bersama Pemprov sepertinya untuk modal dasar dipending dulu dan pemprov ingin fokus memenuhi pencapaian modal Rp100 miliar," ujar dia kepada Antara.

Menurut Askin pihaknya tidak mematok berapa besaran kenaikan modal dasar yang diajukan Jamkrida.

Ia menjelaskan perubahan modal dasar diperlukan untuk meningkatkan kapasitas penjaminan, supaya perbankan bisa masuk menjaminkan kreditnya ke Jamkrida Sumsel.

"Saat ini kami telah mencetak laba Rp2,1 miliar per September 2018, targetnya bisa mencapai realisasi yang sama seperti tahun lalu sekitar Rp3,6 miliar," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Foto Ist)

Senin, 10 Desember 2018 - 10:04 WIB

Kelompok Milenial Perlu Tahu Infrastruktur Persatukan Indonesia

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, kalangan milenial perlu mengetahui pentingnya sektor infrastruktur dalam mempersatukan dan meningkatkan aktivitas…

Presiden Jokowi dan Mentan Amran Sulaiman (Foto Dok Industry.co.id))

Senin, 10 Desember 2018 - 10:00 WIB

Empat Tahun Pembangunan Pertanian: Kerja Kita buat Prestasi Bangsa

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan), menyampaikan satu-persatu pencapaian selama empat tahun terakhir.

Link Net First Media. (Foto: IST)

Senin, 10 Desember 2018 - 09:29 WIB

First Media Gandeng beIN SPORT Hadirkan Aplikasi Live Streaming Sepak Bola Terkemuka

First Media melakukan kolaborasi dengan beIN Sport menghadirkan aplikasi beIN SPORTS CONNECT yang dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan First Media.

Mentan Amran Sulaiman di tengah sawah

Senin, 10 Desember 2018 - 09:17 WIB

Anggaran Turun 12 T , Produksi Dan Ekspor Pertanian Melonjak

Jakarta - Seiring dengan kebijakan penghematan APBN, anggaran Kementan pada 2015 sebesar Rp 34 triliun, dan dipangkas Rp 12 triliun sejak 2016 sampai 2018 ini.

Lenovo perkenalkan Yoga C930 dan Yoga S730

Senin, 10 Desember 2018 - 09:10 WIB

Dukung Ekonomi Kreatif di Indonesia, Lenovo Perkenalkan Yoga C930 dan Yoga S730

Lenovo resmi memperkenalkan laptop premium terbaru dari keluarga Lenovo Yoga, yaitu Yoga C930 dan S730. Kedua laptop ini diciptakan dengan menggabungkan inovasi dan desain, dilengkapi berbagai…