Jamkrida Sumsel akan Disuntik Modal Rp100 Miliar

Oleh : Herry Barus | Selasa, 16 Oktober 2018 - 11:50 WIB

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)
Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Palembang- PT Jamkrida Sumatera Selatan bakal mendapatkan suntikan modal dari Pemprov Sumatra Selatan untuk mencukupi modal dasar senilai Rp100 miliar.

Direktur Utama PT Jamkrida Sumsel Dian Askin Hatta di Palembang, Senin (15/10/2018) , mengatakan saat ini modal yang disetor pemprov selaku pemegang saham BUMD tersebut sudah mencapai Rp62,7 miliar.

"Penambahan modal jelas digunakan untuk ekspansi usaha, bisa meningkatkan kemampuan kami untuk melakukan penjaminan kredit sehingga bisa berkontribusi terhadap pendapatan daerah Sumsel," kata dia.

Askin mengatakan jika modal yang disetor Pemprov Sumsel telah mencapai Rp100 miliar maka Jamkrida diperkirakan mampu melakukan bisnis penjaminan kredit senilai Rp4 triliun.

Saat ini nilai penjaminan kredit baru separuhnya atau senilai Rp2,5 triliun sesuai dengan besaran modal yang dimiliki perusahaan saat ini.

Ia mengatakan sebetulnya, perusahaan menginginkan adanya perubahan atau peningkatan modal dasar untuk Jamkrida yang senilai Rp100 miliar tersebut. Besaran modal dasar itu tertuang dalam Perda Nomor 9 Tahun 2012 tentang pembentukan perseroan terbatas penjaminan  kredit daerah Sumsel.

"Kami sudah mengajukan tapi dari pembahasan bersama Pemprov sepertinya untuk modal dasar dipending dulu dan pemprov ingin fokus memenuhi pencapaian modal Rp100 miliar," ujar dia kepada Antara.

Menurut Askin pihaknya tidak mematok berapa besaran kenaikan modal dasar yang diajukan Jamkrida.

Ia menjelaskan perubahan modal dasar diperlukan untuk meningkatkan kapasitas penjaminan, supaya perbankan bisa masuk menjaminkan kreditnya ke Jamkrida Sumsel.

"Saat ini kami telah mencetak laba Rp2,1 miliar per September 2018, targetnya bisa mencapai realisasi yang sama seperti tahun lalu sekitar Rp3,6 miliar," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perayaan ulangtahun Bukalapak di hadiri Presiden Jokowi

Sabtu, 16 Februari 2019 - 17:15 WIB

Presiden Jokowi Ajak Semua Pihak Setop 'Uninstall' Bukalapak

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa semua harus mendorong anak-anak muda yang memiliki inovasi dan kreativitas.

BRI Syariah Raih Top Brand Award

Sabtu, 16 Februari 2019 - 16:44 WIB

Tabungan Faedah BRISyariah Jadi Favorit Milenial

Jakarta - Bank BRIsyariah Tbk atau yang lebih dikenal dengan BRIsyariah kembali menerima penghargaan di acara Top Brand Award 2019 kategori Tabungan Syariah yang diselenggarakan oleh Majalah…

Dian Pelangi perancang busana (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 12:00 WIB

Perancang Dian Pelangi Tampil di New York Fashion Week 2019

Panggung New York Fashion Week (NYFW) - The Shows, di Industria Studio, Manhattan kembali menampilkan koleksi busana fesyen dari Indonesia, akhir minggu lalu. Empat perancang mode yaitu Dian…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada Peletakan Batu Pertama Sekolah Vokasi di PT Gunung Raja Paksi (GRP), Cikarang Barat, Bekasi (Foto: Kemenperin)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 11:15 WIB

Bangun Sekolah Vokasi, Menperin Apresiasi PT Gunung Raja Paksi Ciptakan SDM Kompeten di Industri Logam

Menperin memberikan apresiasi kepada PT GRP yang membangun sekolah vokasi sebagai wujud nyata dari komitmen menumbuhkan tenaga kerja terampil di sektor industri baja.

Operator Amerika Serikat (AS) Apple siap merilis iPhone 5G

Sabtu, 16 Februari 2019 - 11:00 WIB

Apple Segera Produksi Chip Modem Sendiri

Apple Inc telah memindahkan usaha rekayasa chip modemnya di bawah kelompok teknologi perangkat kerasnya sendiri dari unit rantai pasokannya, ujar dua orang yang mengetahui tentang langkah tersebut…