SHIFT Indonesia Gelar Indonesia Operational Excellence Conference and Award 2018

Oleh : Herry Barus | Minggu, 14 Oktober 2018 - 15:04 WIB

SHIFT Indonesia Gelar Indonesia Operational Excellence Conference and Award 2018
SHIFT Indonesia Gelar Indonesia Operational Excellence Conference and Award 2018

INDUSTRY.co.id - Jakarta– SHIFT Indonesia akan kembali menggelar Indonesia Operational Excellence Conference and Award 2018 atau OPEXCON 2018 pada 7 November 2018 di The Ritz Carlton, Jakarta. OPEXCON adalah  acara tahunan yang diselenggarakan oleh SHIFT Indonesia sebagai platform untuk mempertemukan para pelaku bisnis dari lintas sektor untuk berbagi pengetahuan bisnis terkait budaya operational excellence.

Pada tahun ketujuh penyelenggaraan, OPEXCON akan mengangkat tema “Agility, Customer Centricity and Operational Transformation in VUCA World”. Topik ini dipilih untuk membantu industri di Indonesia lebih siap dalam menghadapi era VUCA (Volatile, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) yang penuh dengan gejolak dan ketidakpastian.

Seperti kita ketahui perkembangan teknologi dan maraknya digitalisasi berhasil membawa perubahan besar dalam dunia industri. Misalnya, hadirnya bisnis platform berbasis teknologi. Mereka mengoperasikan bisnis menggunakan data dan teknologi tanpa harus memiliki aset tangible yang besar. Mereka berhasil menghadirkan model bisnis baru yang memiliki kecepatan dan kelincahan inovasi di dalamnya. Hal ini mendorong para pelaku bisnis untuk beradaptasi dan memiliki pola pikir baru.

Menjawab tantangan tersebut, OPEXCON akan menghadirkan profesional dari lintas sektor untuk berbagi pengetahuan dan best practice yang telah sukses dijalankan. Sehingga, OPEXCON mampu menjadi forum yang memberikan peluang besar bagi para pelaku usaha untuk mendapatkan ide baru untuk bisnis mereka, saling bertukar pikiran untuk menghadapi tantangan di era VUCA, dan sebagai sarana untuk mengembangkan jaringan bisnis yang strategis karena acara ini selalu menghadirkan 1000 peserta potensial dari berbagai industri.

“OPEXCON 2018 akan menghadirkan para business leaders di Indonesia yang sudah implementasi suatu metode atau sistem untuk menyesuaikan dengan era VUCA. Oleh karena itu seluruh Perusahaan di Indonesia yang ingin mengetahui solusinya wajib untuk hadir di OPEXCON 2018,” kata Ferdinan Hasiholan, Chairman SHIFT Indonesia.

Selain konferensi, SHIFT Indonesia juga akan memberikan penghargaan kepada perusahaan swasta dan BUMN terbaik yang berhasil melakukan efisiensi dan meningkatkan profitabilitas perusahaan melalui perbaikan proses yang berkelanjutan (continuous improvement). Sebagai informasi, setiap tahunnya SHIFT Indonesia menyelenggarakan kompetisi project di bidang improvement, Tahun ini final penjurian OPEXCON Project Competition dilangsungkan pada 9-11 Oktober 2018.

“Eksistensi OPEXCON menjadi bukti bahwa perusahaan di Indonesia terus melakukan perbaikan pada proses dan sistem secara berkesinambungan. Oleh karena itu OPEXCON memberikan apresiasi kepada perusahaan yang melakukan perbaikan secara konsisten dan berkontribusi besar bagi organisasi dan juga individual,” ungkap Ferdinan.

Hendra Yetty, Kabid. Litbang Teknologi Industri, Puslitbang Teknologi Industri dan Kekayaan Intelektual, Kementerian Perindustrian menyatakan bahwa Kementerian Perindustrian sangat mendukung OPEXCON. Menurutnya, seiring dengan perubahan yang terjadi di sektor industri global termasuk adanya revolusi industri 4.0, pelaku bisnis perlu menyesuaikan dan mempersiapkan diri dengan terus melakukan improvement untuk meningkatkan daya saing industrinya.

“Sejalan dengan hal ini maka Kementerian Perindustrian mendukung “OPEXCON Project Competiton” yang diselenggarakan oleh SHIFT Indonesia. Dimana kompetisi ini menampilkan proyek-proyek perbaikan secara berkelanjutan yang telah sukses dilakukan oleh perusahaan-perusahaan, dengan hasil yang terbukti dapat meningkatkan produktifitas, efisiensi dan atau profit perusahaan nya.

Diharapkan proyek-proyek perbaikan ini terus dilakukan dan mendapatkan perhatian dan dukungan penuh, baik dari pihak manajemen perusahaan maupun dari pemerintah, sehingga dapat meningkatkan daya saing industri nasional. Untuk itu maka perlu diberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah berhasil sebagai pemenang OPEXCON Project Competition”, terangnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Milasari Kusumo Anggraini (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:25 WIB

Milasari Kusumo:Mulailah Membangun Ekosistem Ekonomi Kerakyatan

Tidak banyak calon legislatif (caleg) yang hadir di tengah masyarakat dengan membawa konsep perbaikan ekonomi. Dari yang sedikit itu terdapat Milasari Kusumo Anggraini SE, caleg DPR RI dari…

PT Jasa Tirta Energi selaku BUMN yang bergerak di sektor bisnis energi dan konstruksi akan mengoptimalkan pembangkit listrik tenaga minihidro untuk mengaliri aliran listrik di seluruh pelosok Indonesia.

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:13 WIB

Ambisi Jasa Tirta Energi Aliri Listrik di Pelosok

Pemerintah menargetkan hingga 2025 rasio elektrifikasi mencapai 100 persen dimana permintaan akan listrik bertambah 7.000 MW setiap tahunnya. Peluang inilah yang mendasari PT Jasa Tirta Energi…

Pramugari Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:00 WIB

GI Maskapai Global dengan Capaian OTP Terbaik di Dunia Periode Desember 2018-Februari 2019

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia berhasil mencatatkan capaian tertinggi On Time Performance (OTP) terbaik untuk kategori maskapai penerbangan global dengan jumlah penerbangan di…

Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Dorong Industri Tenun dan Batik Gunakan Benang Bemberg

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) terus mendorong penyediaan bahan baku untuk industri tenun dan batik nasional.

Titiek Soeharto (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:00 WIB

Titiek Soeharto: Capres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Pasti Menang

Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Titiek Soeharto, optimistis pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 itu akan menang dalam…