TBS Kaltim Meningkat Capai 5,39%

Oleh : Herry Barus | Selasa, 14 Februari 2017 - 09:24 WIB

kelapa sawit (ilustrasi)
kelapa sawit (ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Samarinda- Tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Provinsi Kalimantan Timur periode Februari 2017 mengalami kenaikan signifikan dan mampu menyentuh harga tertinggi dalam lima tahun terakhir, dengan kenaikan mencapai 5,39 persen.

"Kenaikan harga TBS bulan Februari mencapai 5,39 persen atau Rp105,34 per kg untuk umur sawit 10 tahun ke atas, sehingga bisa dikatakan sebagai harga yang tertinggi sepanjang lima tahun terakhir," ujar Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Kaltim Ujang Rachmad di Samarinda, Senin.

Seperti dilansir Antara, harga TBS di Kaltim sebelumnya Rp1.849,35 per kilogram (kg) pada Januari 2017, naik menjadi Rp1.954,69 per kg pada Februari untuk tanaman berumur 10-25 tahun.

Sedangkan umur 9 tahun naik menjadi Rp1.938,22 per kg, umur 8 tahun naik menjadi Rp1.895,68, umur 7 tahun naik menjadi 1.851,74 per kg, dan TBS sawit dari tanaman umur 6 tahun hingga 3 tahun juga mengalami kenaikan.

Ia menila kenaikan harga TBS pada Februari ini bakal menjadi periode yang menggembirakan bagi para petani sawit di Kaltim, apalagi diprediksi harga TBS akan terus mengalami kenaikan.

Ia melanjutkan, prospek perdagangan komoditas yang dihasilkan dari pertanian subsektor perkebunan kelapa sawit masih menjanjikan, sehingga ia minta petanu sawit tidak ragu dalam mengusahakan dan mengembangkan kelapa sawit.

"Harga TBS sawit sebesar itu merupakan standar harga bagi petani yang sudah bermitra dengan perusahaan pemilik pabrik kelapa sawit di Kaltim, khusunya kebun plasma," katanya.

Ditanya mengenai adanya khabar yang masih maraknya pedagang/tengkulak yang dilengkapi dengan jembatan timbang/loading ramp dengan tingkat ketelitian, sertifikat dan izinnya belum diverifikasi kebenarannya.

"Untuk itu, pemerintah kabupaten harus segera menindaklanjuti di masalah ini lapangan, karena jika kegiatan ini benar adanya, tentu akan merugikan petani sehingga harus ditindak tegas," katanya.

Ia juga mengatakan masih banyak petani kelapa sawit di Kaltim yang belum bergabung dalam kelompok tani, bahakan mereka juga tidak bergabung dengan koperasi.

Kondisi inilah yang menyulitkan sehingga ia berharap kepada Dinas Perkebunan di masing-maisng kabupaten dan Asosiasi Petani Kelapa Sawit (Apkasindo) dapat membantu semua petani kelapa sawit dan mengajaknya bergabung dalam kelompok tani maupun koperasi agar secara kelembagaan lebih kuat.

"Apabila petani mebentuk kelompok atau tergabung dalam koperasi, kemudian bekerjasama dengan pabrik pengolah minyak sawit, diharapkan harga TBS dari petani bisa sesuai dengan harga normal dan tidak dipermainkan lagi oleh para tengkulak," tutur Ujang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wings Food menggelar acara Halal Bihalal bersama beberapa komunitas anak muda.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:19 WIB

Wings Food Ajak Anak Muda Berbagi Kebaikan Melalui Acara Halal Bihalal

Sukses menggelar roadshow Semarak Ramadan, Wings Food menggelar acara halal bihalal bersama beberapa komunitas anak muda di pesantren khusus anak yatim piatu As-Syafi’iyah.

Peluncuran PRUWell Medical dan Medical Syariah dari Prudential Indonesia dan Prudential Syariah.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:08 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Luncurkan Produk Asuransi Kesehatan dengan Konsep “Fairness”

PRUWell dan PRUWell Medical Syariah menawarkan premi atau kontribusi yang terjangkau dan adil (fair pricing) secara berkala sebagai apresiasi terhadap para pemegang polis yang terus menjaga…

Hadir dalam peluncuran diantaranya Wakil Ketua Umum Bidang Hukum dan HAM Kadin Indonesia Dhaniswara K. Harjono, Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin Indonesia, dan Cahyo Rahadian Muzhar, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan HAM

Rabu, 08 Mei 2024 - 22:06 WIB

KADIN Luncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia meluncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia (LMSB-KI) untuk membantu penyelesaian sengketa bisnis baik untuk anggota dan umum. Lembaga…

Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan Kesayangan Hadir di Jakarta

Rabu, 08 Mei 2024 - 21:02 WIB

Pengumuman! Bagi yang Punya Hewan Kesayangan, Segera Hadir di Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan

Jakarta- PT Songolas Exhibition Services (19 Events) untuk pertama kalinya akan menggelar Jakarta Pet Expo (JPE) 2024, sebuah pameran dagang internasional (Business to Business) untuk kebutuhan…

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir untuk Lengkapi Kebutuhan Audio Visual dan Musik di Indonesia

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:53 WIB

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir Lengkapi Kebutuhan Musik Indonesia

Jakarta– Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 untuk pertama kalinya akan digelar pada 27-30 November 2024 di Hall B3, JIExpo Kemayoran, Jakarta.