Film Marlina Si Pembunuh Dalam 4 Babak Dikirim ke Ajang Oscar 2019

Oleh : Amazon Dalimunthe | Rabu, 19 September 2018 - 15:12 WIB

Para Anggota Komite Seleksi Film Indonesia Menuju Oscar 2019 Seusai Mengumumkan Film yang Dikirim Ke Ajang Oscar (Foto: Amz)
Para Anggota Komite Seleksi Film Indonesia Menuju Oscar 2019 Seusai Mengumumkan Film yang Dikirim Ke Ajang Oscar (Foto: Amz)

INDUSTRY.co.id - JAKARTA -- Indonesia kembali akan  mengirimkan perwakilan ke ajang Academy Awards ke-91 atau lebih dikenal dengan nama Oscar  di tahun 2019 mendatang. Film 'Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak' dipilih untuk bertarung di ajang film paling bergengsi sejagad untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik. Pemenang kategori ini akan diumumkan di malam puncak Oscar 2019 di Dolby Theatre Los Angeles pada 24 Februari mendatang.

Ketua Komite Seleksi Film Indonesia Christine Hakim menyampaikan "Setelah dilakukan penilaian dengan seksama berdasarkan kritieria yang telah ditetapkan, Indonesian Academy Awards Selection Committee menetapkan film berjudul Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak yang terpilih untuk dikirimakn ke ajang Oscar," kata Christine Hakim.

"Yang juga  digarisbawahi adalah cara memilih film ini bukan pemilihan film seperti festival, tapi komite seleksi memilih dengan menyesuaikan trend oscar yang ada, " kata Christine Hakim.

Komite seleksi  yang dimaksud sudah mulai memilih film yang akan dikirim ke Oscar sejak Agustus lalu. Komite tersebut merupakan bentukan PPFI, yang didukung Pusat Pengembangan Film Kemdikbud yang terdiri dari 13 orang dan diketuai oleh artis dan produser Christine Hakim.

Anggota komite seleksi lainnya adalah Alim Sudio, Benni Setiawan, Fauzan Zidni, Firman Bintang, Hardo Sukoyo, Yenny Rahman, Marcella Zalianty, Mathias Muchus, Roy Lolang, Thoersi Argeswara, Yudi Datau, dan Zairin Zain.

Christine Hakim menyatakan bahwa keputusan yang diambil sesuai dengan pedoman Foreign Languange 2018 serta regulasi dari Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS).Sejumlah persyaratan tersebut adalah film yang diajukan harus sudah tayang mulai dari 1 Oktober 2017 hingga 30 September 2018 setidaknya tujuh hari di bioskop komersil di negara asal, sedangkan penayangan di Amerika Serikat tidak diwajibkan.

Persyaratan lainnya merupakan film yang diajukan harus sudah ditayangkan ke publik non-bioskop sebelum rilis secara komersil, seperti penayangan di acara festival. Selain itu, sulih teks atau subtitle berbahasa Inggris diwajibkan ada di film yang diajukan ke AMPAS.

Film garapan sutradara Mouly Surya ini mengisahkan tentang seorang janda di Sumba, Marlina, yang diperankan oleh Marsha Timothy. Suatu hari di sebuah padang sabana Sumba, Indonesia, sekawanan tujuh perampok mendatangi rumah Marlina. Mereka mengancam nyawa, harta dan juga kehormatan Marlina dihadapan suaminya yang sudah berbentuk mumi, duduk di pojok ruangan.

 Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak ditayangkan perdana di Indonesia pada 16 November 2017. Lalu setelah itu Film ini tayang perdana di Festival Film Cannes pada Mei tahun lalu, kemudian tayang di New Zealand International Film Festival dan Melbourne Film Festival pada Agustus 2017. Sebulan setelahnya, film itu tayang di Toronto International Film Festival.

Selama ini, Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak telah mengantongi penghargaan NETPAC pada Festival Film Five Flavours 2017, kemudian Aktris Terbaik dalam Sitges International Fantastic Film Festival 2017 untuk aksi Marsha sebagai Marlina, dan Sinematografi Terbaik di Asia Pasific Film Festival 2018. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ada Beasiswa Kuliah Untuk Youtuber dan Konten Kreator di Kampus Ini, Kepoin Disini!

Kamis, 09 Mei 2024 - 06:51 WIB

Ada Beasiswa Kuliah Untuk Youtuber dan Konten Kreator di Kampus Ini, Kepoin Disini!

Dalam era digital yang terus berkembang, peran konten kreator dan youtuber semakin mendapat pengakuan dan menjadi salah satu profesi yang diminati banyak orang. Untuk mendukung para talenta…

Anthony Leong bersama Prabowo Subianto di Rumah Kertanegara

Kamis, 09 Mei 2024 - 06:46 WIB

PEDAS : Wacana Prabowo tambah Kementerian untuk Tingkatkan Kinerja dan Pelayanan Publik

Direktur PoliEco Digital Insights Institute (PEDAS) Anthony Leong menyambut baik adanya wacana penambahan kementerian dari 34 menjadi 40. Dirinya setuju dengan penambahan jumlah kementerian…

TNI AU Dirikan Posko Satgasud Di Posko Induk Tanggap Darurat Bencana Di Lapangan Andi Djemma Kabupaten Luwu

Kamis, 09 Mei 2024 - 06:43 WIB

TNI AU Dirikan Posko Satgasud Di Posko Induk Tanggap Darurat Bencana Di Lapangan Andi Djemma Kabupaten Luwu

- TNI Angkatan Udara mendirikan Pos Komando (Posko) Satuan Tugas Udara (Satgasud), bertempat di Posko Induk Tanggap Darurat Bencana yang di pusatkan di Lapangan Andi Djemma, Kabupaten Luwu,…

Bakamla RI Persiapkan Patroli Terkoordinasi "Operasi Gannet-8"

Kamis, 09 Mei 2024 - 06:12 WIB

Bakamla RI Persiapkan Patroli Terkoordinasi "Operasi Gannet-8"

Sebanyak 12 perwakilan personel dari unit kerja terkait di Bakamla RI turut serta menghadiri kegiatan Lokakarya dalam rangka Persiapan Operasi Gannet-8. Kegiatan berlangsung selama dua hari…

Wings Food menggelar acara Halal Bihalal bersama beberapa komunitas anak muda.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:19 WIB

Wings Food Ajak Anak Muda Berbagi Kebaikan Melalui Acara Halal Bihalal

Sukses menggelar roadshow Semarak Ramadan, Wings Food menggelar acara halal bihalal bersama beberapa komunitas anak muda di pesantren khusus anak yatim piatu As-Syafi’iyah.