Bekraf Tingkatkan Kualitas Peracik Kopi Indonesia

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 08 September 2018 - 16:00 WIB

Kopi Indonesia (Foto Dok Industry.co,id)
Kopi Indonesia (Foto Dok Industry.co,id)

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta- Badan Ekonomi Kreatif meningkatkan kualitas para peracik kopi di Indonesia melalui serangkaian pelatihan untuk membangun kompetensi sehingga mereka memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang memenuhi standar.

"Kami sudah tujuh kali menggelar pelatihan untuk para peracik kopi di seluruh Indonesia. Yogyakarta merupakan kota ketujuh," kata Direktur Edukasi Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Poppy Savitri pada "Workshop Racik Kopi" di Yogyakarta, belum lama ini.

Menurut dia, kegiatan tersebut diikuti sebanyak 50 peracik kopi dari Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Mereka selama ini bergerak dalam bisnis yang berkaitan dengan kopi seperti kafe.

"Mereka merupakan hasil seleksi dari 200 pendaftar. Melalui pelatihan itu mereka diharapkan dapat meracik kopi sesuai dengan standarisasi, dan selanjutnya akan direkomendasikan untuk sertifikasi," kata Poppy.

Ia mengatakan, selain meningkatkan kualitas peracik kopi, Bekraf juga mendorong kopi lokal diberi indikasi geografis  dan cerita menarik terkait dengan keberadaan kopi di daerah tersebut. Indikasi geografis dan cerita tersebut dicantumkan dalam kemasan kopi.

"Dengan pencantuman indikasi geografis dan cerita menarik dalam kemasan itu diharapkan dapat memberikan nilai tambah secara ekonomi. Selain itu, juga dapat menambah wawasan atau pengetahuan para penikmat kopi," kata Poppy.

Ketua Pembina Masyarakat Kopi Indonesia Edy Panggabean mengatakan melalui pelatihan yang diadakan Bekraf itu diharapkan Yogyakarta dapat menjadi etalase kopi nusantara. Para penikmat kopi dapat menikmati kopi Gayo atau Sidikalang tanpa harus pergi ke Aceh atau Sumatera Utara.

Menurut dia, hal itu dapat terwujud karena Yogyakarta terkenal sebagai ikon pariwisata dan kota pelajar di mana ada ribuan mahasiswa dapat belajar menjadi peracik atau berusaha dalam bisnis yang berkaitan dengan kopi.

"Kami mengapresiasi Bekraf yang menggelar kegiatan tersebut dan berupaya memperkenalkan kopi nusantara. Saat ini ada 350 jenis kopi dari seluruh Indonesia, yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan demi kesejahteraan para petani dan pelaku usaha kopi," kata Edy.

"Workshop Meracik Kopi" itu dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Aris Riyanta. Kegiatan itu akan berlangsung hingga 9 September 2018.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tokocrypto Tawarkan Keunggulan Ekosistem Blockchain yang Terintegrasi (Foto Kormen)

Jumat, 16 November 2018 - 13:27 WIB

Tokocrypto Gandeng Infonesia Sebagai Sarana Edukasi Publik Terkait Blockchain dan Aset Kripto

Salah satu platform jual beli aset kripto, Tokocrypto menggandeng aplikasi sosial media baru produk anak bangsa, Infonesia, sebagai salah satu saluran resmi untuk mengedukasi publik.

Tiga artis senior, Ratna Riantiarno, Ninikl Karim dan Widyawati beradu akting dalam film "Mama Mama Jagoan" (Foto Amz)

Jumat, 16 November 2018 - 12:00 WIB

Tiga Aktris Wanita Senior Masuk Penjara di Film 'Mama-Mama Jagoan'

Sungguh suatu keberanian luar biasa dari produser film pendatang baru Buddy-buddy Pictures ketika meluncurkan film terbaru bergene komedi berjudul Mama-mama Jagoan. Film yang digarap oleh sutradara…

Monumen Kapsul Waktu

Jumat, 16 November 2018 - 12:00 WIB

Hari ini Presiden Jokowi Dijadwalkan Resmikan Monumen Kapsul Waktu di Merauke

Monumen Kapsul Waktu di Merauke, Papua, yang menyimpan Impian Indonesia 2015-2085, telah rampung dibangun. Rencananya, Presiden Joko Widodo akan meresmikan monumen seluas 2,5 ha tersebut pada…

Dirut BRI Suprajarto Dinobatkan Sebagai Tokoh Profesional Terbaik (Rizki Meirino)

Jumat, 16 November 2018 - 11:53 WIB

Dirut BRI Suprajarto Dinobatkan Sebagai Tokoh Profesional Terbaik

Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Suprajarto dinobatkan sebagai sebagai Tokoh Profesional terbaik dalam acara Indonesia Awards 2018 yang digelar di Jakarta, Kamis (15/11). Sosok Suprajarto…

Bendungan Logung Kudus

Jumat, 16 November 2018 - 11:34 WIB

Pembangunan Rampung, Bendungan Logung Kudus Akan Tingkatkan Suplai Air Untuk Lahan Pertanian

Pembangunan Bendungan Logung di Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah saat ini telah rampung dan siap diisi air atau impounding pada akhir November 2018.