Geliatkan Ekonomi Rakyat, Banyuwangi Kembali Gelar BEC

Oleh : Redaksi | Rabu, 16 November 2016 - 05:49 WIB

Geliatkan Ekonomi Rakyat, Banyuwangi Kembali Gelar BEC
Geliatkan Ekonomi Rakyat, Banyuwangi Kembali Gelar BEC

INDUSTRY.co.id - Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 2016 kembali di gelar dengan spektakuler, pada Sabtu (12/11). Karnaval yang berakar budaya lokal ini mampu menggerakkan ekonomi rakyat. BEC merupakan satu di antara 53 atraksi pariwisata yang digelar Banyuwangi selama 2016 dengan tajuk ‘Banyuwangi Festival’ menghadirkan tema budaya dan tradisi yang hidup di tengah masyarakat.

Pada pelaksanaanya tahun ini BEC mengusung tema ‘The Legend of Sritanjung Sidopekso’ yang mengangkat legenda rakyat yang menceritakan asal usul nama Banyuwangi.

Dalam pembukaan BEC 2016, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyebutkan, BEC mempunyai tiga tujuan. Pertama, upaya mengenalkan budaya lokal ke publik global. Kedua, untuk mengapresiasi anak-anak Banyuwangi yang bergiat di bidang seni-budaya. Kemudian ketiga, pagelaran ini diharapkan mampu menggerakkan ekonomi masyarakat. Sehingga, tujuan utama dalam perhelatan ini setidaknya mampu tercapai.

“Salah satu problem pengembangan seni-budaya kita selama ini adalah minim apresiasi. Latihan terus tapi tidak ditonton ribuan orang. Dengan event ini, apresiasi dilakukan sekaligus bagian dari regenerasi pencinta seni-budaya,” ujar Anas.

Anas menegaskan, untuk kedepan akan terus menguatkan pariwisata daerah, salah satunya menambah infrastruktur wisata. Karena tahun depan akan ada 5 hotel bintang yang beroperasi di Banyuwangi.

“Insya Allah, Akhir tahun ini juga akan ada penerbangan langsung dari Jakarta ke Banyuwangi,” imbuh Anas.

Karnaval yang mengisahkan asal mula berdirinya Banyuwangi ini juga diikuti oleh 40 wisatawan mancanegara yang ikut berparade. Di antaranya berasal dari Rusia, Belarusia, Amerika Serikat, Perancis, dan Italia.

Selain itu juga dihadiri sejumlah tokoh penting. Antara lain Bupati Raja Amapt Papua, Buoati Bandung Barat, dan Konsulat Jenderal Jepang Yoshiharu Kato. (Hariyanto/ bj)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mendikbud, Muhadjir Effendy

Minggu, 21 Oktober 2018 - 04:18 WIB

Pemerintah Segera Bangun Lapangan Bola Setiap Zonasi

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan mulai tahun depan pihaknya akan membangun lapangan sepak bola di setiap zonasi.

 Sutopo Purwo Nugroho, Humas BNPB

Minggu, 21 Oktober 2018 - 04:11 WIB

Sutopo: Pemulihan Dampak Bencana Sulteng Diintensifkan

Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan penanganan darurat dampak gempa bumi dan tsunami di Sulawesi…

Gunung Anak Krakatau (Foto banten)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 04:06 WIB

Gunung Anak Krakatau Alami 63 Kegempaan Letusan

BMKG menyatakan Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung mengalami 63 kegempaan letusan sepanjang Jumat (19/10) sampai dengan Sabtu dini hari, namun visual…

Presiden Jokowi hari santri ke IV yang di pusatkan di Kota Solo (Foto Okezone)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 03:59 WIB

Presidem Jokowi Minta Ukhuwah Islamiyah Terus Dijaga

Puncak hari santri ke IV yang di pusatkan di Kota Solo, dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Di hadapan peserta di Apel Akbar Hari Santri Nusantara yang digelar di Benteng Vastenburg…

Foto Doc Kementan

Sabtu, 20 Oktober 2018 - 20:44 WIB

Hasilkan 20 Triliun dalam 3,5 Tahun, Ekspor Obat Hewan Indonesia Meningkat

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Dalam kurun waktu 3,5 tahun, ekspor obat hewan telah signifikan mendatangkan devisa negara yang cukup besar. Berdasarkan data Direktorat…