Geliatkan Ekonomi Rakyat, Banyuwangi Kembali Gelar BEC

Oleh : Redaksi | Rabu, 16 November 2016 - 05:49 WIB

Geliatkan Ekonomi Rakyat, Banyuwangi Kembali Gelar BEC
Geliatkan Ekonomi Rakyat, Banyuwangi Kembali Gelar BEC

INDUSTRY.co.id - Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 2016 kembali di gelar dengan spektakuler, pada Sabtu (12/11). Karnaval yang berakar budaya lokal ini mampu menggerakkan ekonomi rakyat. BEC merupakan satu di antara 53 atraksi pariwisata yang digelar Banyuwangi selama 2016 dengan tajuk ‘Banyuwangi Festival’ menghadirkan tema budaya dan tradisi yang hidup di tengah masyarakat.

Pada pelaksanaanya tahun ini BEC mengusung tema ‘The Legend of Sritanjung Sidopekso’ yang mengangkat legenda rakyat yang menceritakan asal usul nama Banyuwangi.

Dalam pembukaan BEC 2016, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyebutkan, BEC mempunyai tiga tujuan. Pertama, upaya mengenalkan budaya lokal ke publik global. Kedua, untuk mengapresiasi anak-anak Banyuwangi yang bergiat di bidang seni-budaya. Kemudian ketiga, pagelaran ini diharapkan mampu menggerakkan ekonomi masyarakat. Sehingga, tujuan utama dalam perhelatan ini setidaknya mampu tercapai.

“Salah satu problem pengembangan seni-budaya kita selama ini adalah minim apresiasi. Latihan terus tapi tidak ditonton ribuan orang. Dengan event ini, apresiasi dilakukan sekaligus bagian dari regenerasi pencinta seni-budaya,” ujar Anas.

Anas menegaskan, untuk kedepan akan terus menguatkan pariwisata daerah, salah satunya menambah infrastruktur wisata. Karena tahun depan akan ada 5 hotel bintang yang beroperasi di Banyuwangi.

“Insya Allah, Akhir tahun ini juga akan ada penerbangan langsung dari Jakarta ke Banyuwangi,” imbuh Anas.

Karnaval yang mengisahkan asal mula berdirinya Banyuwangi ini juga diikuti oleh 40 wisatawan mancanegara yang ikut berparade. Di antaranya berasal dari Rusia, Belarusia, Amerika Serikat, Perancis, dan Italia.

Selain itu juga dihadiri sejumlah tokoh penting. Antara lain Bupati Raja Amapt Papua, Buoati Bandung Barat, dan Konsulat Jenderal Jepang Yoshiharu Kato. (Hariyanto/ bj)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aktris Lee Se Young dalam drama Hwayugi. (Dok Allkpop)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 20:15 WIB

Ingin Tampil Sempurna di "Hwayugi", Lee Se Young Sering Ikut Diskusi Bareng Sutradara

Aktris cantik asal Korea Selatan, Lee Se Young memang tengah disibukkan membintangi drama Korea "Hwayugi". Didalam drama ini, Lee Se Young dari awal sudah diminta untuk memerankan dua karakter…

Press Confrence Malam Juara GO-FOOD pada Jumat (23/2). (Foto: Dina Astria/Industry.co.id)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 19:50 WIB

Apresiasi UMKM Kuliner, GO-JEK Adakan Malam Juara GO-FOOD Untuk Seluruh Merchant

GO-JEK, penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi kembali menegaskan komitmennya dalam membantu pengusaha mikro, termasuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam layanan GO-FOOD. GO-JEK…

Oprah Winfrey berpidato saat di acara Golden Globe 2018. (Dok FOX)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 19:30 WIB

Kunjungan Oprah Winfrey Buat Marah Donald Trump

Beberapa waktu lalu pada acara penghargaan Golden Globe 2018, pidato Oprah Winrey menarik banyak perhatian publik di Amerika Serikat, termasuk Presiden Amerika Serikat yang saat ini menjabat,…

Wakil Ketua BAZNAS, Dr. Zainulbahar Noor, SE, M.Ec, melakukan tendangan pertama (kick off) menandai dimulainya pertandingan turnamen futsal bersama lembaga amil zakat (LAZ) nasional, di Grand Futsal Kuningan, Jakarta, Sabtu (24/2/2018). (Foto:Ist)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 18:53 WIB

BAZNAS dan BNIS Gelar Turnamen Futsal Bersama LAZ

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan BNI Syariah (BNIS) menggelar turnamen futsal bersama lembaga amil zakat (LAZ) nasional.

Boyband Korea Selatan, Infinite. (Dok Soompi)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 18:15 WIB

Boyband VIXX dan Infinite Susul BTS Masuk Nominasi Spanyol Music Awards 2018

Boyband Bangtan Boys atau BTS belum lama ini dikabarkan menjadi artis K-Pop pertama yang masuk nominasi di Spanyol Music Awards 2018. Ternyata, tak hanya boyband BTS saja yang masuk nominasi…