Pajak Dipangkas, Jokowi Berharap Bisnis UMKM Berkembang

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 12 Juli 2018 - 19:24 WIB

Presiden Joko Widodo turut menyosialisasikan pajak penghasilan (PPh) final 0,5 persen kepada ratusan pelaku usaha mikro kecil dan menengah dalam memperingati perayaan Hari Koperasi Nasional yang ke-71 yang berlangsung di ICE BSD City (INDUSTRY.co.id)
Presiden Joko Widodo turut menyosialisasikan pajak penghasilan (PPh) final 0,5 persen kepada ratusan pelaku usaha mikro kecil dan menengah dalam memperingati perayaan Hari Koperasi Nasional yang ke-71 yang berlangsung di ICE BSD City (INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Tangerang - Presiden Joko Widodo turut menyosialisasikan pajak penghasilan (PPh) final 0,5 persen kepada ratusan pelaku usaha mikro kecil dan menengah dalam memperingati perayaan Hari Koperasi Nasional yang ke-71 yang berlangsung di ICE BSD City, Kamis (12/7/2018).

“Pemangkasan PPh final yang semula 1 persen kemudian menjadi 0,5 persen itu merupakan angka yang siginifikan. Melalui PPh ini bisa mendorong bisnis UMKM lebih berekspansi,” kata Jokowi.

Dengan begitu, para pelaku UMKM memiliki ruang yang lebih luas untuk melakukan perluasan usaha.

"Sehingga ruang yang setengah persen bisa dipakai ekspansi, untuk modal investasi, untuk mebesarkan usaha. Saya kira arahnya ke sana," katanya.

Pemangkasan PPh final merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendorong para pelaku UMKM dan koperasi agar semakin berkembang.

Presiden melihat sampai saat ini koperasi khususnya, sudah semakin berkembang dengan kontribusi yang kian besar terhadap PDB.

"Usaha koperasi sudah ada peningkatan yang cukup baik, kalau kita hitung kontribusi koperasi terhadap PDB juga naik dari 3,99 ke 4,48 persen," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pemerintah meluncurkan digitalisasi Kredit Ultra Mikro (UMi) untuk memperluas akses kredit bagi masyarakat lapisan bawah yang belum bankable. (INDUSTRY.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 05:20 WIB

Pemerintah Luncurkan Layanan Kredit Ultra Mikro Berbasis Digital

Pemerintah meluncurkan digitalisasi Kredit Ultra Mikro (UMi) untuk memperluas akses kredit bagi masyarakat lapisan bawah yang belum bankable.

Direktur Eksekutif IHW Ikhsan Abdullah saat bedah buku karyanya berjudul Mere(i)butkan Sertifikasi Halal di Jakarta, Selasa (11/12) (INDUSTRY.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 05:08 WIB

Jaga Iklim Usaha, Pemerintah Diminta Jalankan Sertifikasi Halal

Lembaga advokasi Indonesia Halal Watch (IHW) mendorong pemerintah untuk menjalankan Undang-Undang No 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (UU JPH). Dengan memperkuat LPPOM MUI melalui…

Kue jajanan (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 04:35 WIB

Waspada! Banyak Jajanan Sekolah Tak Higienis

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Surabaya menyatakan masih banyak ditemukan jajanan sekolah di Jawa Timur tidak higienis meski temuan jajanan pangan di tempat pendidikan yang mengandung…

Institut Pertanian Bogor IPB (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 04:29 WIB

IPB-USM Sepakat Kembangkan Lingkungan Maritim Era 4.0

Institut Pertanian Bogor (IPB) menjalin kerja sama dengan Universitas Sains Malaysia (USM) yang fokus pada pembangunan dan pemberdayaan lingkungan maritim serta pesisir dengan pendekatan inovatif…

Halal makanan (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 04:23 WIB

MUI Diminta Ambil Alih Sementara Sertifikasi Halal

Majelis Ulama Indonesia diminta mengambil alih sementara proses sertifikasi halal yang sifatnya wajib (mandatory) sesuai Undang-undang Jaminan Produk Halal karena Badan Penyelenggara JPH belum…