Pajak Dipangkas, Jokowi Berharap Bisnis UMKM Berkembang

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 12 Juli 2018 - 19:24 WIB

Presiden Joko Widodo turut menyosialisasikan pajak penghasilan (PPh) final 0,5 persen kepada ratusan pelaku usaha mikro kecil dan menengah dalam memperingati perayaan Hari Koperasi Nasional yang ke-71 yang berlangsung di ICE BSD City (INDUSTRY.co.id)
Presiden Joko Widodo turut menyosialisasikan pajak penghasilan (PPh) final 0,5 persen kepada ratusan pelaku usaha mikro kecil dan menengah dalam memperingati perayaan Hari Koperasi Nasional yang ke-71 yang berlangsung di ICE BSD City (INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Tangerang - Presiden Joko Widodo turut menyosialisasikan pajak penghasilan (PPh) final 0,5 persen kepada ratusan pelaku usaha mikro kecil dan menengah dalam memperingati perayaan Hari Koperasi Nasional yang ke-71 yang berlangsung di ICE BSD City, Kamis (12/7/2018).

“Pemangkasan PPh final yang semula 1 persen kemudian menjadi 0,5 persen itu merupakan angka yang siginifikan. Melalui PPh ini bisa mendorong bisnis UMKM lebih berekspansi,” kata Jokowi.

Dengan begitu, para pelaku UMKM memiliki ruang yang lebih luas untuk melakukan perluasan usaha.

"Sehingga ruang yang setengah persen bisa dipakai ekspansi, untuk modal investasi, untuk mebesarkan usaha. Saya kira arahnya ke sana," katanya.

Pemangkasan PPh final merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendorong para pelaku UMKM dan koperasi agar semakin berkembang.

Presiden melihat sampai saat ini koperasi khususnya, sudah semakin berkembang dengan kontribusi yang kian besar terhadap PDB.

"Usaha koperasi sudah ada peningkatan yang cukup baik, kalau kita hitung kontribusi koperasi terhadap PDB juga naik dari 3,99 ke 4,48 persen," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT PP

Jumat, 20 Juli 2018 - 21:04 WIB

Dewan Komisaris PTPP Kunjungi Proyek Runway 3 Bandara dan Urbantown

Jakarta PT PP Tbk tengah mengerjakan proyek pembangunan Runway 3 Section 2 Bandara Soekarno Hatta. Melihat kebutuhan Runway Eksisting yang ada saat ini sudah melebihi kapasitas, maka diperlukan…

China dan Amerika

Jumat, 20 Juli 2018 - 20:04 WIB

Perang Dagang, RI berpotensi jadi Repacking produk China

Dirjen Perundingan Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Iman Pambagyo mengungkapkan beberapa hal yang harus diwaspadai dari perang dagang AS-China. Salah satunya adalah…

Menteri Pertanian Amran Sulaiman panen jagung (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 20 Juli 2018 - 17:50 WIB

Pemerintah Harus Dorong Intensifikasi Jagung Nasional

Pemerintah harus dapat mendorong beragam upaya intensifikasi dalam rangka meningkatkan produktivitas komoditas jagung nasional sehingga ke depannya Indonesia juga bisa benar-benar berswasembada…

Telur ayam (Foto Dok Industry.c.id)

Jumat, 20 Juli 2018 - 17:45 WIB

Pemerintah Perlu Dalami Permasalahan Pasokan Telur Ayam

Pemerintah perlu benar-benar mendalami berbagai hal yang terkait dengan permasalahan berkurangnya pasokan telur ayam ke berbagai daerah yang juga mengakibatkan melonjaknya harga komoditas tersebut.

Pesawat perintis (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 20 Juli 2018 - 17:15 WIB

Subsidi Tol Udara untuk Kesetaraan Harga Daerah

Pengamat penerbangan Gerry Soejatman menilai subsidi biaya operasional yang diberikan kepada maskapai operator tol udara diperlukan untuk mencapai kesetaraan harga di setiap daerah.