FAO Mendukung Sepenuhnya Pengembangan GIAHS di Indonesia

Oleh : Wiyanto | Senin, 09 Juli 2018 - 07:07 WIB

FAO Mendukung Sepenuhnya Pengembangan GIAHS di Indonesia (Foto Industry.co.id)
FAO Mendukung Sepenuhnya Pengembangan GIAHS di Indonesia (Foto Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Hal ini disampaikan oleh Kepala Sekretariat GIAHS FAO, Yoshihide ENDO, dalam kesempatan video conference dengan tim GIAHS Indonesia beberapa hari yang lalu (5/7/2018).

Dukungan Sekretariat  Globally  Important Agriculture Heritage System (GIAHS) FAO yang disampaikan melalui video conference ini merupakan yang pertama dan mungkin hanya untuk Indonesia mengingat hubungan kerjasama yang sangat baik antara FAO dengan Indonesia selama ini.

"GIAHS yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi Warisan Sistem Pertanian dan Pangan (WSPG) merupakan warisan sistem penggunaan lahan dan lanskap yang mengagumkan dan kaya akan keanekaragaman hayati yang penting, yang berevolusi dari adaptasi bersama masyarakat dengan lingkungannya sesuai kebutuhan dan aspirasinya untuk pembangunan berkelanjutan," katanya.

GIAHS merupakan upaya dunia untuk menyelamatkan warisan sistem pertanian dan pangan yang telah dilakukan oleh para petani sejak zaman dahulu dan masih diteruskan teknik pertaniannya sampai dengan masa kini, baik on-farm maupun off-farm. Praktek pertanian dan pangan yang masih berlanjut sampai saat ini menunjukkan adanya suatu daya tahan dan keberlanjutan bagi penghidupan masyarakat sekitarnya, sehingga masyarakat terus menerus mempraktekkan teknik tersebut.

Dengan semakin berkembangnya tantangan saat ini, khususnya akibat perkembangan teknologi, demografi, maupun perubahan iklim, PBB melalui FAO berpandangan bahwa warisan budaya pertanian dan pangan perlu dipertahankan untuk menjadi kekayaan dunia, tidak hanya bagi negara masing-masing.

Terdapat 5 kriteria untuk penetapan GIAHS bagi suatu lokasi, yaitu: 1) mempunyai sistem pertanian yang berkontribusi terhadap ketahanan pangan dan penghidupan; 2) mempunyai keanekaragaman hayati pertanian yang kaya dan unik; 3) mempunyai pengetahuan dan teknologi tradisional; 4) mempunyai nilai budaya yang kuat dan bentuk kolektif organisasi social dan sistem nilai untuk pengelolaan sumberdaya dan transmisi pengetahuan; dan 5) mempunyai lanskap darat dan/atau laut yang mengagumkan, berasal dari sistem dan teknologi pengelolaan lahan dan air yang cerdik.

Pada kesempatan video conference ini, delegasi Indonesia dipimpin oleh Kepala Biro Kerja Sama Luar Negeri Kementan Mesah Tarigan, dengan didampingi oleh Asisten Deputi Bidang Warisan Budaya Pamuji Lestari, dan Asisten Kepala FAO untuk Indonesia dan Timor Leste Ageng Herianto, serta perwakilan dari Kementerian Luar Negeri, Balai Penelitian Buah Tropika Solok, Universitas Udayana Bali, dan Biro KLN. Selain itu, KBRI Roma juga mengirimkan wakilnya untuk mengikuti video conference ini di kantor pusat FAO Roma yang diwakili oleh Koordinator Fungsi Multilateral dan Atase Pertanian.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…