Kerjasama Pemanfaatan Inovasi Iptek Pertanian untuk Sumberdaya Manusia Indonesia yang Berdaya Saing

Oleh : Wiyanto | Rabu, 04 Juli 2018 - 16:19 WIB

Balitbangtan kerjasama dengan LIPI, BATAN dan Perguruan Tinggi
Balitbangtan kerjasama dengan LIPI, BATAN dan Perguruan Tinggi

INDUSTRY co.idJakarta - Jejaring adalah hal yang terus diperkuat oleh Kementan. Menyadari potensi-potensi yang ada di lembaga lain cukup besar, Kementan melalui Balitbangtan membuka diri untuk melakukan kerjasama yang bisa memberikan manfaat lebih bagi bangsa.

Terbaru, Balitbangtan bergandengan dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan tenaga Atom Nasional (BATAN) dan dua universitas yaitu Institut Pertanian Bogor dan Universitas Brawijaya untuk melakukan penandatanganan kesepakatan bersama tentang kerjasama penelitian, pengembangan dan pemanfaatan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi bidang pertanian.
Kesepakatan itu ditandatangani Selasa (3/7/2018) pada saat pembukaan Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi (WNPG) XI di Hotel Bidakara, Jakarta.

WNPG sendiri merupakan forum multistakeholder antara akademisi, pemerintah, industri dan masyarakat untuk memberi rekomendasi arah perubahan kebijakan pangan dan gizi di Indonesia.

Dalam acara yang merupakan kerjasama LIPI dengan beberapa Kementerian dan Lembaga, termasuk Kementerian Pertanian ini fokus membahas mengenai percepatan penurunan dan pencegahan stunting untuk sumberdaya manusia Indonesia yang berdaya saing.

Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko menjelaskan bahwa pertanyaan pokok yang ingin dijawab dalam WNPG XI ini adalah bagaimana upaya untuk mempercepat efektivitas kebijakan, program dan strategi penurunan dan pencegahan stunting di Indonesia. “Tujuan penyelenggaraan WNPG XI untuk merumuskan strategi percepatan efektivitas kebijakan serta program pangan dan gizi terkait prevalensi stunting secara lintas pemangku kepentingan untuk lima tahun kedepan” tambah Kepala LIPI.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani yang hadir dalam kesempatan itu mengatakan , kasus malnutrisi seperti gizi buruk dan stunting masih menjadi persoalan di Indonesia. “Persoalan stunting pada anak akan berdampak pada kualitas sumberdaya manusia Indonesia kedepan, untuk itu penurunan stunting harus menjadi prioritas dalam upaya mewujudkan bangsa Indonesia yang maju dan berdaya saing” jelas Menko PMK.

Terkait dengan riset pangan dan gizi kedepan, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengharapkan WNPG XI ini dapat menjadi arah dalam pengembangan riset pangan dan gizi agar hasil penelitian bisa berdampak langsung pada perbaikan kualitas sumberdaya manusia. “Secara spesifik, mampu berkontribusi pada pengurangan dan pencegahan stunting” tutup Menristekdikti.

Selain Menko PMK dan Menristekdikti, pada pembukaan WNPG XI juga hadir Menteri PPN/Kepala Bappenas dan secara khusus ada pengarahan dari Wakil Presiden M. Jusuf Kalla yang merupakan penanggung jawab program nasional prevalensi stunting.

 
 
 
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

B Ramanathan (Ram)

Kamis, 13 Desember 2018 - 22:15 WIB

B Ramanathan Resmi Jadi Chief Executive Ogilvy di Indonesia

Ogilvy mengumumkan penunjukan B Ramanathan (Ram) sebagai Chief Executive di Indonesia, Ram memiliki posisi ganda yang sebelumnya sebagai CEO dari Bates CHI & Partners Indonesia.

Botany Restaurant Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Kamis, 13 Desember 2018 - 21:20 WIB

Menanti Moment Pertama di 2019 Bertema Viva Las Vegas di Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Holiday Inn Jakarta Kemayoran menghadirkan keseruan suasana bersantap dihangatnya malam Natal dengan jajaran menu makan malam tradisional.

Artis sekaligus calon anggota legislatif DPR RI dari Fraksi PAN, Mandala Abadi mengajukan eksepsi atau nota pembelaan atas dakwaan dugaan pelanggaran kampanye ke PN Jakpus, Rabu (12/12/2018)

Kamis, 13 Desember 2018 - 20:41 WIB

Didakwa Langgar UU Kampanye, Ini Penjelasan Mandala di Persidangan

Calon anggota legislatif DPR RI, Mandala Abadi Shoji menjalani pemeriksaan hari kedua di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dalam perkara dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan bersama rekan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 13 Desember 2018 - 19:30 WIB

Punya Potensi Ekonomi Capai USD 150 Miliar, Menperin Minta Pelaku IKM Manfaatkan Industri Digital

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan industri digital memiliki potensi ekonomi sebesar USD 150 miliar, jika potensi ini bisa dimanfaatkan sscara maksimal oleh pelaku ekonomi.

Serah Terima lebih dari 200 Unit Truk Mercedes-Benz Axor 4928 T Kepada PT Siba Surya

Kamis, 13 Desember 2018 - 19:10 WIB

DCVI Serahkan Lebih dari 200 Truk Mercedes-Benz Axor 4928 T kepada PT Siba Surya

PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) selaku agen tunggal penjualan resmi kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia, bersama PT Kedaung Satya Motor sebagai dealer resmi Mercedes-Benz,…