Menpar Arif Yahya Berharap Enam Negara Cabut Travel Advice

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 30 Juni 2018 - 10:00 WIB

Menteri Pariwisata, Arief Yahya (Foto Dije)
Menteri Pariwisata, Arief Yahya (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya berharap enam negara mencabut kembali "travel advice"-nya ke Indonesia setelah Bandara Ngurah Rai Bali kembali dibuka.

"Kami sampaikan, Bandara I Gusti Ngurah Rai secara resmi sudah dibuka kembali, terhitung mulai 29 Juni 2018 Pukul 14.30 WITA ini. Jadi kepada negara-negara yang sudah terlanjur memberikan Travel Advice, mohon segera direvisi lagi," kata Menpar Arief Yahya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (29/6/2018)

Sebelumnya enam negara yakni Inggris, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Singapura, dan Prancis menerbitkan travel advice setelah erupsi Gunung Agung terjadi.

Tercatat pada Jumat sampai dengan pukul 13.35 WIB atau 14.35 WITA, 6 negara tersebut mengeluarkan "travel advice".

"Bandara Nguran Rai juga sudah akan menormalisasi jadwal penerbangan, sebagai langkah pemulihan penundaan terbang hari ini," kata Arief Yahya.

Bahkan, Bandara yang menjadi pintu masuk terbesar buat wisman ke tanah air ini akan beroperasi selama 24 jam penuh, sampai kondisinya normal.

"Terima kasih Angkasa Pura I, terima kasih Kemenhub, yang makin proaktif memikirkan pengguna jasa kita, wisatawan di Bali," sebut Arief Yahya.

Adapun negara-negara yang sudah mengeluarkan travel advice itu antara lain Inggris (update 29 Juni 2018) https://www.gov.uk/foreign-travel-advice/indonesia.

Lalu Amerika (update 29 Juni 2018) https://id.usembassy.gov/natural-disaster-alert-u-s-consulate-general-surabaya-indonesia/ Kemudian Australia yang masyarakatnya bahkan sudah menjadikan Bali sebagai "second home" juga menerbitkan "travel advice" melalui Selanjutnya New Zealand (update 29 June 2018) https://www.safetravel.govt.nz/news/indonesia-bali-mount-agung-volcano-0.

Singapura (update 29 June 2018) https://www.mfa.gov.sg/content/mfa/overseasmission/jakarta/announcements/bali-airport-closure--29-june-2018-.html Dan Prancis (update 29 June 2018) https://www.diplomatie.gouv.fr/fr/conseils-aux-voyageurs/conseils-par-pays-destination/indonesie/#derniere.

"Kami berharap, 'travel advice' dari negara-negara sahabat itu segera direvisi. Suasana Bali sendiri sudah menuju ke normal. Yang terganggu itu lalu lintas udaranya, bukan aktivitas kepariwisataan di atraksi dan amenitas," ungkap Menpar Arief Yahya.

Selain itu, ia menegaskan travel advice itu berlaku nasional, satu negara meskipun yang dianggap berpotensi membahayakan hanya di satu dua provinsi saja.

"Karena itu, dampaknya bisa langsung nasional, kalau tidak segera di revisi," jelas dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 10:29 WIB

Ciptakan Ruang Rekreasi Kolaboratif, HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Dalam upaya meningkatkan fasilitas dan kepuasan penghuni apartemennya, anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) yaitu PT HK Realtindo (HKR) menjalin kerjasama dengan PT All Play Indonesia (All…

Bahana TCW

Sabtu, 27 April 2024 - 10:00 WIB

Ingin Memulai Berinvestasi di Reksa Dana Syariah, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, menemukan investasi dengan konsep syariah tentu tak sulit di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan…

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…