Inilah Cerita Slank Puluhan Tahun Manggung di Jakarta Fair

Oleh : Dina Astria | Selasa, 26 Juni 2018 - 17:30 WIB

Grup Musik Slank (Foto Kapanlagi)
Grup Musik Slank (Foto Kapanlagi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Setiap tahunnya, perhelatan Jakarta Fair selalu menyuguhkan sebuah konser terlama yang mengundang puluhan musisi papan atas Indonesia. Meski begitu, diantara banyaknya band yang silih berganti mengisi panggung utama, ada satu nama yang sulit lepas dari nama besar Jakarta Fair. Band itu adalah Slank, yang setiap tahunnya tidak pernah absen manggung di Jakarta Fair.

Nama besar Slank serta para penggemarnya yang juga dikenal dengan Slankers adalah salah satu alasan mengapa mereka tak pernah lepas dari rangkaian konser Jakarta Fair. Dalam setiap penampilannya di Jakarta Fair, mereka pun selalu memukau para Slankers dan seluruh pengunjung dengan beragam konsep unik yang mereka miliki.

Sementara itu, bagi Slank sendiri, tampil di Jakarta Fair sudah seperti menjadi ajang reunian, baik untuk Jakarta Fair sendiri maupun bersama para Slankers ibukota. Terlebih lagi, beberapa tahun ke belakang perhelatan Jakarta Fair bertepatan dengan hari raya lebaran. Bagi mereka, ajang ini pun layaknya menjadi halal bihalalnya para Slankers.

Slank adalah salah satu grup band yang rutin tampil  di Jakarta Fair karena daya tariknya yang begitu besar bagi warga masyarakat di Indonesia. Terhitung, bahkan Slank sudah tampil puluhan kali di konser yang dihelat Jakarta Fair, bahkan sejak event pameran ini sempat dilaksanakan di Monas pada waktu silam.

“Kita selalu main dua kali setiap tahunnya. Sekitar dua puluh tahunan, dari dua lokasi yang berbeda. Sampai akhirnya pindah ke JIExpo Kemayoran itu kita ikut terus, dari masih di Monas juga ikut,” ujar Kaka (Vokalis Slank).

Mereka pun mengakui, pengalamannya tampil bertahun-tahun di Jakarta Fair membuat mereka bisa merasakan langsung perubahan Jakarta setiap tahunnya. Hal ini pun menjadi kesan tersendiri bagi para personil Slank. Terutama setiap tahunnya mereka pun merasakan sensasi manggung yang berbeda-beda.

“Hampir semua event di Jakarta Fair kita ikut, jadi kita tahu progressnya kan. Dari yang space-nya tidak terlalu besar, dari space-nya yang memanjang dan sekarang jadi seperti ini. Kita tahu semua dari yang sound-nya seperti apa, itu perubahannya kita berasa semua. Selalu berkesan sih dan beda-beda kesannya tampil di Jakarta Fair,” tutur Kaka.

Di sisi lain, para personil Slank ini pun turut mengapresiasi konsep konser Jakarta Fair yang menggabungkan musisi-musisi besar dengan para penampil baru maupun musisi indie. Bagi mereka, hal ini menjadi penting untuk melihat bakat-bakat baru di industri musik nasional.

“(Jakarta Fair) jadi ajang tahunannya anak-anak band, you can name it all the band pasti banyak main di sini. Kita jadi ada kesempatan buat liat mereka-mereka yang baru dan semuanya keren-keren banget,” tambahnya.

Sementara itu, bagi para Slankers, diundangnya Slank setiap tahunnya ke Jakarta Fair adalah kesempatan mereka untuk bertemu sesama Slankers dari berbagai daerah. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Sigit (21), Slankers asal Bogor yang datang tak hanya untuk menikmati alunan musik dari idolanya, melainkan untuk bertemu teman Slankers lainnya.

Sepakat dengan para personil Slank, Sigit pun juga merasakan kehadiran Slank setiap tahunnya di Jakarta Fair menjadi sebuah ajang reuni. Dirinya pun berharap hal ini akan terus berlangsung hingga tahun-tahun ke depan.

“Saya setiap ada Slank di Jakarta Fair pasti ke sini. Dari jauh-jah hari, kita udah cek tuh Slank mainnya tanggal berapa, nanti kita baru ke Jakarta Fair tanggal segitu. Kita sih dari Bogor cuma berenam, tapi nanti di sini semua Slankers bisa jadi temen. Semoga tahun-tahun depan terus begini deh,” ujar Sigit.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…