Pantai Sawarna dan Bagedur, Jadi Destinasi Unggulan di Lebak, Banten

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 23 Juni 2018 - 16:00 WIB

Van Gogh Bercita-cita Masyhurkan Sawarna Banten
Van Gogh Bercita-cita Masyhurkan Sawarna Banten

INDUSTRY.co.id, Banten - Selain Tanjung Lesung, Pantai Sawarna dan Pantai Bagedur kini menjadi andalan destinasi wisata Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Karena, pada libur Lebaran kemarin, kedua destinasi ini dipadati pengunjung yang berwisata.

Sekertaris Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak Imam Rahmayadin di Lebak, mengatakan saat ini wisatawan Pantai Sawarna dan Pantai Bagedur dipadati pengunjung dari berbagai daerah di Provinsi Banten, Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Dia mengatakan wisatawan itu datang bersama rombongan, keluarga dan pasangan muda-mudi. Mereka kebanyakan menggunakan kendaraan pribadi, bus dan angkutan bak terbuka. "Pengunjung terus mengalir sejak dua hari lebaran hingga akhir pekan mendatang. Diperkirakan pengunjung itu mencapai di atas 100 ribu wisatawan lokal," kata Sekertaris Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak Imam Rahmayadin, dikutip dari antara, Jumat (22/6/2018).

Menurut Imam, pemerintah daerah terus membenahi infrastuktur jalan,jembatan dan fasilitas umum guna mendongkrak pengunjung wisatawan domestik dan mancanegara.

"Potensi pantai pesisir selatan Provinsi Banten itu bisa mendunia.Keunggulan Pantai Sawarna dan Pantai Bagedur, selain panorama alamnya cukup indah dan asri," katanya.

Selain itu juga deburan ombak disertai tiupan angin menjadikan daya tarik tersendiri. Bahkan, pantai tersebut dijadikan lokasi olah raga selancar karena berhadapan langsung dengan perairan Samudera Hindia yang memiliki ombak  tinggi.

"Kami dengan Pemerintah Provinsi Banten terus mempromosikan destinasi wisata Pantai Sawarna dan Pantai Bagedur agar menjadikan andalan destinasi wisata Lebak," katanya menjelaskan.

Imam mengatakan, selama ini, pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat cukup terbantu adanya pengunjung wisatawan tersebut. Saat ini, pelaku usaha kerajinan aneka makanan,warungan, jasa angkutan serta sewa rumah tumbuh dan berkembang.

Pertumbuhan ekonomi itu dipastikan dapat mengurangi pengangguran, kemiskinan serta mencegah urbanisasi ke luar daerah. "Kita dorong lokasi wisata itu dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat pesisir," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…