Harga Saham PUPS Mahkota Group Ditawarkan antara Rp200-250 per Unit

Oleh : Abraham Sihombing | Jumat, 22 Juni 2018 - 10:48 WIB

PT Mahkota Group Tbk (Foto Abe)
PT Mahkota Group Tbk (Foto Abe)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Mahkota Group Tbk, perusahaan perkebunan kelapa sawit yang berkantor pusat di Medan, Sumatera Utara, akan menawarkan saham kepada publik dengan harga antara Rp200-250 per unit melalui mekanisme Penawaran Umum Perdana Saham (PUPS).

Saham yang ditawarkan merupakan saham biasa atas nama dengan total sebanyak-banyaknya 703.688.000 unit saham. Itu mencapai sekitar 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah PUPS tersebut.

“Sekitar 60% dari dana hasil PUPS tersebut akan digunakan untuk pengembangan industri hilir kelapa sawit dan sisanya 40% akan digunakan untuk membiayai modal kerja entitas anak," ujar Usli, Presiden Direktur Mahkota Group, dalam acara konferensi pers di Jakarta, Jumat (22/06/2018).

Usli mengemukakan, pengembangan industri hilir kelapa sawit tersebut dilakukan melalui investasi ke anak usaha perseroan, yaitu PT Mutiara Unggul Lestari (MUL). Oleh MUL, investasi tersebut disalurkan ke anak usahanya, yakni PT Intan Sejati Andalan (ISA).

“Dana hasil PUPS tersebut oleh PT Intan Sejati Andalan akan digunakan  untuk membiayai pembangunan pabrik refinery dan Kernel Crushing Plant di jalan Duri – Dumai, Desa Bathin Sobaga, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau,” papar Usli.

Usli mengungkapkan, pembangunan pabrik tersebut membutuhkan waktu 8 bulan, terhitung 3 bulan sejak perseroan menerima dana hasil PUPS. Pembangunan pabrik tersebut bertujuan untuk memberi nilai tambah bagi perseroan.

“Melalui pendirian pabrik tersebut, maka perseron dapat memurnikan minyak sawit mentah menjadi olein (minyak makan) dan stearin (bahan baku margarin dan oleochemical) serta produk turunan lainnya,” tukas Usli.

Usli berharap, dengan adanya pengembangan industri hilir tersebut, maka pendapatan perseroan diharapkan dapat ditingkatkan. Adapun anak usaha perseroan yang memperoleh modal kerja dari dana hasil PUPS ini adalah PT Mutiara Unggul Lestari, PT Berlian Inti Mekar dan PT Intan Sejati Andalan.

Usli menuturkan, manajemen Mahkota Group telah menunjuk PT Panin Sekuritas Tbk sebagai penjamin pelaksana emisi pada PUPS yang akan dilaksanakan pada 3-9 Juli 2018 jika Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan pernyataan efektif pada 29 Juni 2018.

“Sementara itu, saham yang ditawarkan ke publik tersebut akan dicatatkan dan diperdagangkan untuk pertama kalinya pada 12 Juli 2018,” pungkas Usli. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…