FUIB: Pelantikan Komjen Pol M Iriawan Berpotensi Menimbulkan Masalah Sosial Politik

Oleh : Herry Barus | Rabu, 20 Juni 2018 - 07:00 WIB

Kompen Pol M Iriawan Pjs Gub Jabar (Foto Merdeka)
Kompen Pol M Iriawan Pjs Gub Jabar (Foto Merdeka)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo diminta meninjau kembali mengenai pelantikan Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional Komjen Polisi Mochamad Iriawan menjadi Penjabat Gubernur Jawa Barat.

"Kami menyayangkan kebijakan Mendagri yang melakukan pengangkatan anggota Polri aktif sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat karena bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujar Ketua Umum Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) Rahmat Himran di Jakarta, Selasa (19/6/2018)

Rahmat berpendapat pelantikan tersebut bertentangan dengan UU No 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian dan UU No 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara karena definisi, tugas, fungsi dan wewenang Kepolisian dengan aparatur sipil negara atau ASN berbeda.

Selain itu, UU No 10 tahun 2016 tentang tentang Pilkada menyatakan pengangkatan plt. gubernur untuk mengisi kekosongan jabatan kepala daerah adalah dari ASN.

Menurut dia, kebijakan tersebut juga berpotensi menimbulkan masalah sosial politik, khususnya saat Pilkada Serentak 2018 akan berlangsung.

FUIB pun meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk meninjau kebijakan yang diambil oleh Mendagri Tjahjo Kumolo yang disebut melakukan penyalahgunaan wewenang dengan membuat kebijakan yang bertentangan dengan peraturan.

Presiden Joko Widodo diminta mencopot Mendagri yang diduga telah melanggar aturan undang-undang dalam melantik penjabat Gubernur Jawa Barat Komjen Mochamad Iriawan.

Untuk menyampaikan pesan tersebut, Rahmat mengatakan selanjutnya FUIB akan menggelar aksi unjuk rasa di depan Istana Merdeka dan Kantor Kemendagri pada Jumat (22/6/2018).

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…