Posko ESDM Klaim H-5 Idul Fitri, Penyediaan Listrik Nasional Berjalan Normal

Oleh : Hariyanto | Selasa, 12 Juni 2018 - 12:02 WIB

Pembangkit Listrik
Pembangkit Listrik

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tim Posko Nasional Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan kondisi sistem ketenagalistrikan nasional pada H-5 Idul Fitri (10 Juni 2018) berjalan normal. 

Beban puncak malam hari per tanggal 9 Juni 2018 sebagian besar juga dalam kondisi Normal. Hanya sistem Kalimantan Barat (Kalbar) yang berada pada status Siaga.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama, Kementerian ESDM, Agung Pribadi mengatakan, berdasar laporan posko ESDM, rata-rata listrik nasional dalam kondisi normal, hanya satu sistem yakni Kalbar yang Siaga dikarenakan masih kurangnya cadangan operasi.

"Masih menunggu beroperasinya PLTU Kalbar unit 3 dengan kapasitas 2X50 MW, dimana satu unit sedang komisioning dan satu lainnya akan komisioning bulan September nanti,"ungkap Agung Pribadi di Jakarta (10/6/2018) lalu.

Kondisi Siaga ini, lanjut Agung, bukan karena penyediaan yang tidak cukup, namun lebih karena suplai yang ada belum cukup memenuhi kriteria cadangan operasi, dimana kondisi Normal terjadi bila kapasitas cadangan daya minimal sama dengan pembangkit terbesar pada sistem tersebut, untuk Kalbar yaitu pembangkit Sesco 90 MW.

Agung mengungkapkan, dari 22 sistem ketenagalistikan yang ada, kondisinya berkecukupan sehingga masyarakat bisa menyambut Hari Raya dengan tenang. Tim posko melaporkan, secara keseluruhan daya mampu pasok nasional sebesar 35.323,02 MW dan beban puncak sebesar 32.094,36 MW sehingga kapasitas cadangan daya nasional sebesar 3.155,47 MW.

Agung menambahkan, di samping membentuk Posko Nasional, untuk mempermudah pengawasan dan pengaduan dari masyarakat pada periode Hari Raya Idul Fitri 2018 di bidang energi, Kementerian ESDM telah menyediakan layanan call center di nomor 1-500-335 yang akan melayani informasi dan pengaduan masyarakat terkait penyediaan energi di seluruh wilayah Indonesia. Terkait penyediaan listrik PLN, masyarakat juga bisa menghubungi PLN pada call center 123.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 07:00 WIB

Market Cap Tembus Rp.500 Triliun , BBRI Cetak Rekor Baru Pekan ini

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) untuk kedua kalinya selama sepekan menorehkan prestasi terbaiknya di perdagangan bursa saham.

Gubernur Papua, Lukas Enembe, (Foto: Fadli/Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 06:00 WIB

Rp5 Miliar Disiapkan Pemprov Papua untuk Korban Banjir

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyiapkan bantuan uang sebesar Rp5 miliar untuk membantu penanganan korban banjir bandang di Kabupaten Jayapura.

Tersangka Korupsi (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 04:50 WIB

KPK Benarkan Amankan Direktur Krakatau Steel

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengamankan sebanyak empat orang terkait dengan operasi tangkap tangan (OTT) yang diduga berhubungan dengan salah satu Direktur Krakatau Steel.

Kingston Partner Gathering, Kamis (21/3/2019)

Jumat, 22 Maret 2019 - 23:00 WIB

Perkuat Pasar, Kingston Miliki Puluhan Mitra Reseller di Indonesia

Kingston Technology, salah satu pemimpin dunia dalam solusi produk dan teknologi penyimpanan memori, secara bersama-sama dengan para mitra penjualan mengumumkan program mitra resmi di Indonesia.

Suasana diskusi yang bertajuk “Kasus Privatisasi JICT Jilid II (2015-2039), Kemana Pemerintah dan KPK” yang digelar Serikat Pekerja (SP) JICT di Hotel Sunlake, Sunter, Jakarta, Kamis (21/03/2019) petang.

Jumat, 22 Maret 2019 - 20:49 WIB

Pakar Hukum UGM: Perpanjangan Kontrak Pelindo II dan Hutchison Ports Tetap Sah

Oce Madril, pakar Tindak Pidana Korupsi Universitas Gajah Mada (UGM), menilai perjanjian perpanjangan kontrak PT Jakarta International Container Terminal (JICT) antara PT Pelindo II dan Hutchison…