Sepanjang Ramadhan, Bank BTN Gelontorkan Dana CSR Rp1,5 Miliar

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 11 Juni 2018 - 19:21 WIB

Sepanjang Ramadhan, Bank BTN Gelontorkan Dana CSR Rp1,5 Miliar (Foto Dok Industry.co.id)
Sepanjang Ramadhan, Bank BTN Gelontorkan Dana CSR Rp1,5 Miliar (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) telah menggelontorkan dana Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) sekitar Rp1,5 miliar. Dana itu digunakan untuk  membiayai berbagai kegiatan sosial selama Ramadan 1439 H.

Dana CSR itu dimanfaatkan untuk pemberian santunan anak yatim, perbaikan sarana ibadah dan paket sembako kepada masyarakat menjelang perayaan Idul Fitri 1439 H.  Selain itu, dana tersebut juga diarahkan untuk mendukung kegiatan sosial korporasi dalam rangka safari ramadhan terkait dengan program BUMN Hadir Untuk Negeri.

“Ini adalah kegiatan sosial korporasi yang dilaksanakan setiap tahun menjelang Idul Fitri,” ujar Agus Susanto, Corporate Secretary Bank BTN, usai menyerahkan paket sembako kepada masyarakat di Desa Ngemplang, Kelurahan Gilingan, Solo, Senin (11/06/2018).

Agus Susanto mengatakan, kehadiran Bank BTN dalam program sembako murah di Kelurahan Gilingan diharapkan dapat membantu dan meringankan beban masayarakat belum dapat memenuhi kebutuhannya saat ini menjelang perayaan Idul Fitri 1439 H.

“Alhamdulillah Bank BTN bisa berbagi kepada masyarakat di wilayah ini, dimana sambutan mereka sangat antusias,” tukas Agus.

Menurut Agus, Bank BTN yakin dengan adanya program sembako murah tersebut akan dapat membantu masyarakat dalam menyambut lebaran Idul Fitri.

“Kita memilih kelurahan ini karena melihat kondisinya masih minus, masyarakat pada umumnya berada dalam status ekonomi bawah, sehingga perlu bantuan dan uluran tangan dari BUMN, dan Bank BTN hadir disini memberikan bantuan,” papar Agus.

Adapun sembako murah yang dibagikan bernilai per paket seharga Rp100.000, namun warga dikenakan biaya hanya senilai Rp20.000 per paketnya.

Dana hasil pembelian dari warga tersebut dikumpulkan dan dikembalikan lagi oleh Bank BTN ke masjid atau tempat ibadah yang ada di sekitar wilayah Nggilingan. “Dananya kami kembalikan lagi untuk perbaikan sarana ibadah dan masyarakat di sini juga yang akan memanfaatkan,” imbuh Agus.

Selain di Solo, perseroan juga juga melakukan program yang sama pada beberapa daerah seperti Bekasi, Makassar, Bandung, Banten dan Jakarta.

Sementara itu Hartini, salah satu ibu rumah tangga yang menerima bantuan paket sembako  mengungkapkan terima kasih kepada Bank BTN atas adanya bantuan sembako murah ini dan berharap setiap tahun program tersebut dilakukan sehingga masyarakat kecil bisa menikmatinya.

"Kalo bisa program bantuan sembako murah ini bisa dilanjutkan tahun depan juga," katanya.

Hal Senada diungkapkan oleh Sumarni yang mengatakan pemberian sembako murah sangat bermanfaat apalagi mendekati lebaran Idul Fitri seperti saat ini.

"Kami berterima kasih dengan adanya paket sembako murah, dengan harga hanya Rp20.000 bisa membeli sembako seperti beras, gula, minyak goreng, teh yang dapat dinikmati oleh keluarga di rumah," paparnya.

Penyelenggaraan santunan atau bantuan sosial kepada masyarakat menjelang Idul Fitri yang dilakukan Bank BTN di wilayah Solo ini mempunyai tujuan untuk ikut membantu dalam meringankan beban masyarakat dalam menghadapi hari raya tersebut.

Bentuk bantuan yang kami berikan adalah untuk membantu pemenuhan kebutuhan pokok yang kami siapkan untuk masyarakat dengan harga dibawah pasar.

Kegiatan safari ramadhan BUMN ini dilakukan serentak yang diikuti oleh 25 BUMN termasuk Bank BTN.

Setidaknya perseroan telah menyalurkan lebih dari 10.000 paket sembako ke wilayah Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Pontianak. Kemudian Bank BTN juga telah memberikan santunan kepada anak yatim lebih dari 5.000 orang. Selain itu bantuan dalam bentuk pembangunan sarana ibadah dan pendidikan para santri.

“Kami bangga menjadi bagian dari program ini dan BTN sangat peduli untuk memberikan dukungan semaksimal yang bisa kami lakukan,” pungkas Agus. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…