Pentingnya Program Asuransi Sebelum Mudik

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 09 Juni 2018 - 10:45 WIB

Ilustrasi Asuransi (bisnisasuransiindo.com)
Ilustrasi Asuransi (bisnisasuransiindo.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Komisaris Independen PT Central Asia Financial (CAF) Theodorus Wiryawan menyarankan masyarakat untuk mementingkan ikut program asuransi sebelum berangkat mudik berlebaran karena selalu ada risiko kecelakaan, sakit, dan kriminalitas selama dan setelah perjalanan.

"Ada risiko yang harus dipertimbangkan selama mudik atau berlibur mulai dari kecelakaan, penyakit, bahkan menjadi korban kejahatan. Namun kenyataannya masih terbatas masyarakat yang peduli terhadap risiko ini," kata Theodorus di Jakarta, Jumat (8/6/2018)

Menurut dia, seharusnya perusahaan penyelenggara angkutan umum, bus misalnya, mengasuransikan penumpang, atau perusahaan-perusahaan yang menyelenggarakan mudik gratis seharusnya juga mengasuransikan seluruh pesertanya.

Theodorus menyarankan agar masyarakat dapat membeli, asuransi instan yang dapat diperoleh dengan cepat, terjangkau, serta jangka waktu yang dapat disesuaikan sesuai masa liburan serta prosedur klaimnya juga mudah.

Theodorus mengakui kesadaran masyarakat berasuransi di Indonesia masih rendah seperti saat THR cair, misalnya, masih sedikit yang secara sadar membelanjakan uang ke produk asuransi sebagai bekal mudik. Sebagian besar justru menghabiskan uang untuk membeli baju, biaya mudik, ponsel, dan lainnya.

Menurut data Korlantas Polri 2017, terdapat 3.168 kecelakaan dengan korban meninggal dunia mencapai 742 orang. Dari sisi kesehatan, penyakit yang paling sering diderita pasc-Lebaran salah satunya adalah typhus (demam thypoid).  Kemudian saat bepergian ke luar negeri seperti, pelancong juga harus mengantisipasi penyakit endemik di negara tujuan.

CEO PT CAF, Yuda Wirawan mengatakan, bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik maupun berlibur ke luar negeri,  bisa memanfaatkan produk asuransi yang ditawarkan CAF melalui saluran digital, misalnya, produk Jagadiri.

Yuda mengatakan, Jagadiri sebagai salah satu penyedia jasa asuransi jiwa turut mendukung program sosialiasi mudik aman berasuransin.

"Kami punya produk Jaga Liburan, Jaga Sehat Tropis, dan Jaga Aman Instan yang dapat diperoleh dengan cepat, mudah secara online dan tanpa beban," ujar dia.

Menurut Yuda, tiga produk asuransi Jagadiri ini sangat relevan dan cocok bagi pemudik karena memberikan perlindungan jiwa dan kesehatan kepada nasabah selama mudik dan libur Lebaran.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Girls Group 'TWICE' (Foto: soompi/stardailynews)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 17:00 WIB

Pelaku Ancaman Pembunuhan Girlband TWICE Ditangkap Polisi

Seorang pengguna forum Ilbe membuat sebuah postingan yang berisi ancaman pembunugan terhadap personel TWICE Mina pada Juni 2017 lalu. Ia bahkan mengunggahnya dengan foto sebuah pisau.

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:30 WIB

AirAsia X Pastikan Tambah 34 Airbus A330neo

Afiliasi AirAsia, AirAsia X memastikan telah memesan tambahan 34 pesawat Airbus A330neo berbadan lebar.

Ilustrasi Exit Tol

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:26 WIB

Perbankan Danai Rp3,3 Triliun Tol Kunciran-Serpong

Pihak perbankan yang terdiri atas sindikasi empat bank memberikan dana pinjaman Rp3,3 triliun untuk pembangunan ruas jalan tol Kunciran-Serpong oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN), yang merupakan…

Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:22 WIB

Terminal 4 Soetta Bukan untuk LCC

PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak didesain untuk penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC).

Dian Sastro dan Mikha Tambayong dalam jumpa pers Torch Relay Asian Games 2018. (Foto: Detik.com)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 15:30 WIB

Ini Deretan Seleb yang Jadi Pembawa Obor Torch Relay Asian Games 2018

Pagelaran Asian Games 2018 tinggal menghitung hari. Pesta olahraga se-Asia ini diselenggarakan pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang. Ini menjadi momentum berharga…