Pentingnya Program Asuransi Sebelum Mudik

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 09 Juni 2018 - 10:45 WIB

Ilustrasi Asuransi (bisnisasuransiindo.com)
Ilustrasi Asuransi (bisnisasuransiindo.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Komisaris Independen PT Central Asia Financial (CAF) Theodorus Wiryawan menyarankan masyarakat untuk mementingkan ikut program asuransi sebelum berangkat mudik berlebaran karena selalu ada risiko kecelakaan, sakit, dan kriminalitas selama dan setelah perjalanan.

"Ada risiko yang harus dipertimbangkan selama mudik atau berlibur mulai dari kecelakaan, penyakit, bahkan menjadi korban kejahatan. Namun kenyataannya masih terbatas masyarakat yang peduli terhadap risiko ini," kata Theodorus di Jakarta, Jumat (8/6/2018)

Menurut dia, seharusnya perusahaan penyelenggara angkutan umum, bus misalnya, mengasuransikan penumpang, atau perusahaan-perusahaan yang menyelenggarakan mudik gratis seharusnya juga mengasuransikan seluruh pesertanya.

Theodorus menyarankan agar masyarakat dapat membeli, asuransi instan yang dapat diperoleh dengan cepat, terjangkau, serta jangka waktu yang dapat disesuaikan sesuai masa liburan serta prosedur klaimnya juga mudah.

Theodorus mengakui kesadaran masyarakat berasuransi di Indonesia masih rendah seperti saat THR cair, misalnya, masih sedikit yang secara sadar membelanjakan uang ke produk asuransi sebagai bekal mudik. Sebagian besar justru menghabiskan uang untuk membeli baju, biaya mudik, ponsel, dan lainnya.

Menurut data Korlantas Polri 2017, terdapat 3.168 kecelakaan dengan korban meninggal dunia mencapai 742 orang. Dari sisi kesehatan, penyakit yang paling sering diderita pasc-Lebaran salah satunya adalah typhus (demam thypoid).  Kemudian saat bepergian ke luar negeri seperti, pelancong juga harus mengantisipasi penyakit endemik di negara tujuan.

CEO PT CAF, Yuda Wirawan mengatakan, bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik maupun berlibur ke luar negeri,  bisa memanfaatkan produk asuransi yang ditawarkan CAF melalui saluran digital, misalnya, produk Jagadiri.

Yuda mengatakan, Jagadiri sebagai salah satu penyedia jasa asuransi jiwa turut mendukung program sosialiasi mudik aman berasuransin.

"Kami punya produk Jaga Liburan, Jaga Sehat Tropis, dan Jaga Aman Instan yang dapat diperoleh dengan cepat, mudah secara online dan tanpa beban," ujar dia.

Menurut Yuda, tiga produk asuransi Jagadiri ini sangat relevan dan cocok bagi pemudik karena memberikan perlindungan jiwa dan kesehatan kepada nasabah selama mudik dan libur Lebaran.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lenovo 'The Rise of Region' (Foto: Dok. Lenovo)

Sabtu, 23 Februari 2019 - 18:15 WIB

Lenovo Kembali Gelar Turnamen "Rise of Legion" di Berbagai Kota

Lenovo, salah satu merk teknologi terdepan di dunia, kembali mengadakan turnamen eSports tingkat nasional yang bertajuk "Rise of Legion".

Puluhan wartawan dan pelaku usaha mikro dapat pelatihan Vokasional SDM Kewirausahaan

Sabtu, 23 Februari 2019 - 18:00 WIB

Pacu Wirausaha Baru, Kemenkop dan UKM Gelar Pelatihan Kewirausahaan

Kementerian Koperasi dan UKM menggelar pelatihan pembuatan bakery dan roti bagi calon-calon wirausaha pemula termasuk wartawan.

Ilustrasi Kapas

Sabtu, 23 Februari 2019 - 17:25 WIB

Wow! 99 Persen Kapas Bahan Baku Tekstil Masih Impor

Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) mencatat bahan baku industri tekstil tidak semuanya bisa terpenuhi dari dalam negeri, terutama kapas.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Sabtu, 23 Februari 2019 - 17:05 WIB

Industri 4.0 Mampu Lahirkan Unicorn Baru di Indonesia

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengungkapkan, perkembangan industri digital yang sangat pesat diTanahAir telah melahirkan empatunicornatau perusahaanstartupdengan valuasi lebih dari…

Uji coba aplikasi mobile money TCASH menjadi LinkAja resmi dimulai pada tanggal 22 Februari 2019.

Sabtu, 23 Februari 2019 - 17:00 WIB

Resmi Beroperasi, LinkAja Percepat Inklusi Keuangan Masyarakat

Uji coba aplikasi mobile money TCASH menjadi LinkAja resmi dimulai pada tanggal 22 Februari 2019.