Lima Langkah Menghadapi Berita Hoax

Oleh : Herry Barus | Minggu, 29 Januari 2017 - 04:19 WIB

Ilustrasi Hoax (James Baigrie/Getty Images)
Ilustrasi Hoax (James Baigrie/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Harus ada gerakan nasional yang menumbuhkan kesadaran publik agar masyarakat jangan mencemari langit internet dengan berita sampah. Agar efektif, pemerintah juga harus menggandeng organisasi yang lebih luas, terutama praktisi digital public relations dan praktisi jurnalis online.

“Memang harus ada gerakan nasional yang menumbuhkan kesadaran publik agar masyarakat jangan mencemari langit internet dengan berita sampah,” kata Koordinator Komunitas Sapu Langit (KSL) Budi Purnomo Karjodihardjo di Jakarta, Sabtu (28/1/2017)

Menurut Budi, Komunitas Sapu Langit adalah Relawan Anti Hoax yang terdiri dari sejumlah profesional (termasuk praktisi digital public relations, jurnalis digital, dan penggiat internet marketing) yang peduli dengan langit internet yang sehat, bebas dari polusi udara hoax.

“Teman-teman sih menyebut kami sebagai relawan tukang sapu langit,” kata Budi.

Menurut Budi yang juga Wakil Ketua Asosiasi Media Digital Indonesia (AMDI) itu, upaya melakukan kampanye melawan hoax, tidak cukup hanya dilakukan oleh penggiat media sosial.

“Agar efektif, pemerintah juga harus menggandeng organisasi yang lebih luas, terutama praktisi digital public relations dan praktisi jurnalis online,” kata Budi.

Menjelaskan mengenai Komunitas Sapu Langit (KSL) itu sendiri, Budi mengatakan, saat ini komunitas sangat aktif memberikan solusi yang terbaik kepada berbagai institusi dan korporasi, untuk mengatasi berita-berita negatif, berita hoax, bahkan berita fitnah dan berita hitam (black news).

“Konsentrasi kami saat ini adalah kuratif, yaitu handling hoax management dengan mengobati para tokoh atau public figur dan institusi atau korporasi yang mendapat serangam berita hoax,” katanya.

Budi menjelaskan, pihaknya melakukan pendekatan Image Restoration Theory dengan implementasi digital public relations, yang sudah terbukti ampuh melawan hoax ini,” kata Budi Purnomo yang juga Direktur Indonesia Media Center (IMC).

Berita hoax setiap hari pasti menghampiri masyarakat, berikut tips dari Budi Purnomo langkah-langkah mengatasi berita hoax

Pertama, membuat klarifikasi. Prinsip, berita yang salah harus diluruskan dan harus diklarifikasikan. Berita yang salah tidak boleh dibiarkan, karena akan menjadi referensi yang salah secara berulang. Bahkan, jika ditulis terus-menerus, disebarkan terus-menerus, diviralkan lagi terus-menerus, akibatnya akan sangat sangat fatal. Citra personal atau citra korporasi Anda akan jatuh secara sistematis.

Kedua, duplikasikan klarifikasi Anda. Setelah Press Release dan berita klarifikasi Anda diterbitkan di media digital terkemuka, hasilnya jangan dibiarkan begitu saja. Sebarluaskan semua kliping publikasi itu di berbagai media sosial, dalam kuantitas yang sebanyak-banyaknya.

Ketiga, cegah berita hoax. Bukan tidak mungkin, di masa depan berita palsu atau berita yang tidak benar itu bisa muncul lagi, baik di media komersial (mainstream) maupun di media sosial. Untuk menangani hoax di media mainstream, sebaiknya, jalin hubungan personal yang baik dengan jurnalis dan redaksi dari berbagai level.

Keempat, sudah diklarifikasi tetapi berita hoax tetap diterbitksn. Inilah yang disebut dengan agenda setting atau media setting. Jika ini yang terjadi kita harus minta bantuan pihak ketiga, penjaga etik jurnalistik. Bagaimanapun prinsip jurnalistik media adalah harus cover both side (pemberitaan berimbang) dan berita hoax tetap dilarang.

Kelima, perlukan upaya hukum terhadap media? Jika yang melakukan serangan hoax adalah media besar yang berpengaruh, dan semua upaya, mulai dari permintaan klarifikasi dan mediasi sudah dilakukan secara optimal namun tidak mempan, langkah hukum perlu juga dilakukan.

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…