Kopi Indonesia Berpeluang Masuk Pasar Kanada

Oleh : Herry Barus | Kamis, 24 Mei 2018 - 14:15 WIB

Kopi Ilustrasi
Kopi Ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pemerintah mengincar peluang untuk meningkatkan ekspor kopi khas Indonesia (Indonesian specialty coffee) ke pasar Kanada, dengan menyelenggarakan "Indonesian Specialty Coffee: From Farm to Cup di British Columbia, Vancouver", Kanada.

Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Vancouver Rafika Arfani mengatakan bahwa pihaknya melihat potensi peningkatan ekspor kopi khas Indonesia, seiiring dengan meningkatnya konsumsi masyarakat Kanada terhadap komoditas tersebut.

"Konsumsi kopi masyarakat Kanada dalam rentang usia 18-79 tahun mencapai 71 persen. Kami berharap kopi Indonesia akan semakin banyak dikonsumsi di Kanada," kata Rafika, dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (24/5/2018)

Sebanyak 80 orang penggiat kopi seperti pengolah kopi, importir kopi, pemilik kedai kopi, peminat kopi, media, dan 'influencer' hadir dalam acara tersebut, yang juga diisi dengan pengujian cita rasa kopi (coffee cupping/tasting).

"Acara ini bertujuan untuk memfasilitasi penyuplai kopi khas Indonesia dengan 'buyer' potensial Kanada sekaligus memperkenalkan kopi Indonesia pada masyarakat Kanada," ungkap Rafika.

Sementara itu, penyuplai kopi dari Indonesia yang turut hadir adalah petani kopi Aceh Gayo asal Takengon yang mewakili lima koperasi yaitu Meukat Komoditi Gayo, Kokowagayo, KSU Arinagata, Orang Utan Coffee, dan Redelong Organic Cooperative serta perwakilan PT Sulotco yang memperkenalkan kopi Toraja.

Para penggiat kopi yang hadir dapat berkomunikasi langsung dengan para petani untuk mengetahui cara kopi Indonesia diproduksi.

Seluruh penyuplai kopi yang hadir pada acara ini merupakan mitra Kanada-Indonesia Trade and Private Sector Assistance (TPSA) yang merupakan proyek kerja sama antara Kementerian Perdagangan dengan Global Affairs Canada.

Tercatat, nilai impor kopi Kanada dari dunia selama tahun 2017 mencapai 1,29 miliar dolar AS atau naik 8,10 persen dibandingkan 2016 yang sebesar 1,19 miliar dolar AS.

Sebagian besar impor kopi Kanada dipasok dari Amerika Serikat sebesar 428,6 juta dolar AS, Kolombia 231,5 juta dolar AS, Brazil 145 juta dolar AS dan Guatemala 96,70 juta dolar AS.

Sedangkan nilai ekspor kopi Indonesia ke dunia pada tahun 2017 tercatat mencapai 34,45 juta dolar AS atau naik 6,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat 32,45 juta dolar AS.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…