Konsep Bisnis Sosial ala Helga Angeline 'Burgreens' Beri Dampak Sosial Komunitas Petani

Oleh : Dina Astria | Rabu, 16 Mei 2018 - 19:30 WIB

Helga Angelina dan suami, bantu memberdayakan petani lokal dan wanita dalam produksi bisnis kuliner Burgreens. (Foto: Instagram Burgreens)
Helga Angelina dan suami, bantu memberdayakan petani lokal dan wanita dalam produksi bisnis kuliner Burgreens. (Foto: Instagram Burgreens)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Founder Burgreens restoran, Helga Angelina memang bertekad untuk menyebarluaskan gaya hidup sehat melalui bahan-bahan dasar yang digunakan oleh Burgreens dan beberapa program edukasi gaya hidup sehat. Helga juga menerapkan konsep bisnis sosial atau sociopreneurship kepada 200 petani dari sekitar 20 komunitas petani di Indonesia. Helga memang bekerjasama mengambil bahan-bahan dasar untuk bisnis restorannya dari para komunitas petani tersebut.

“Kalau bahan-bahan fresh produce, kita ambil dari komunitas petani dari Cipanas dan Bogor. Kalau yang kering, kita ambil dari Banyuwangi, Bali dan tergantung tiap area organic produce-nya apa,” jelas Helga Angelina saat ditemui Industry.co.id pada Senin (14/5) lalu, di Menteng, Jakarta.

Namun, bila dilihat dari segi konsep bisnis sosialnya, Helga menjelaskan bahwa begitu bisnisnya berkembang, dampak sosial para komunitas petani pun ikut berkembang.

“Kalau kita mengukur dari jumlah petani yang kita ajak kerjasama, dan berapa persen food cost kita yang langsung di terima mereka, memberikan dampak sosial yang baik. Dampak sosial disini seperti uang yang kita bayarkan ke para petani, mereka pakai untuk menghidupi keluarganya atau menyekolahkan anak-anaknya,” tambah Helga.

Seperti misalnya, salah satu komunitas petani yang bekerjasama dengan Burgreens yaitu Yayasan Usaha Mulia. Profit yang mereka dapat, mereka gunakan untuk merekrut pelajar-pelajar SMA untuk belajar menjadi petani organik dan memberikan edukasi gratis untuk para anak petani.

“Lalu, komunitas petani wanita di Bogor, mereka menggunakan profit mereka untuk mengajak para perempuan meningkatkan finansial dengan menjadi petani,” tambahnya lagi.

Selain itu, Burgreens juga memberdayakan ibu-ibu rumah tangga di Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan, untuk mengelola rumah produksi. Mereka bertugas membuat bahan-bahan seperti saos, patty burger, dan pencuci mulut yang akan dikonsumsi di empat cabang Burgreens.

“Semua bahan ini dibudidayakan secara organik dan langsung dibeli dari petani untuk memotong jalur distribusi dan meningkatkan pendapatan petani lokal”, papar Founder dari Burgreens ini.

Sebelumnya, Helga Angelina telah mendapatkan sejumlah penghargaan, diantaranya, One of 30 Under 30 oleh Forbes Magazine (Februari 2016), Anugerah Perempuan Hebat Indonesia oleh Liputan6.com (April 2017), Women of The Year oleh Her World (2017) dan Mitra Wirausaha Sosial PT Bank DBS Indonesia (Oktober 2017).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BGR Logistics Jalin Kerjasama Dengan INKA

Jumat, 18 Januari 2019 - 15:58 WIB

BGR Logistics Jalin Kerjasama Dengan INKA Terkait Pemanfaatan Sumber Daya Perusahaan

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik menandatangani nota kesepahaman dengan PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA tentang…

BAZNAS Kembali Raih Sertifikat ISO 9001-2015

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:30 WIB

BAZNAS Kembali Raih Sertifikat ISO 9001-2015

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mempertahankan prestasi dan kembali memperoleh sertifikat ISO 9001-2015 dari Worldwide Quality Assurance (WQA), sebuah lembaga sertifikasi manajemen berstandar…

Timberland Gandeng Madness Luncurkan Koleksi Sepatu Limited Edition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:23 WIB

Timberland Gandeng Madness Luncurkan Koleksi Sepatu Limited Edition

Berkembang dari tema sebelumnya yaitu "Transmutation" yang berarti transformasi, tema kali ini adalah "Alteration" yang berarti "perubahan" untuk menandakan penyatuan antara kedua merek - Timberland…

Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:00 WIB

Berprestasi, Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Empat mahasiswa SIA UBSI yaitu Martina Ayu Wigati, Sari Indriyani, Muhammad Yamin dan Siti Nuraeni Bariati berhasil menjadi Juara 1 Kategori Analisa Keuangan di Gunadarma All About Competition…

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani saat menemui Presiden Komite Organisasi Luar Negeri Musiad Ibrahim Uyar (Foto: Kadin)

Jumat, 18 Januari 2019 - 13:55 WIB

Kunjungi Kadin, Musiad Jajaki Kerja Sama Bisnis

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) siap menjalin kerja sama bisnis dan perdagangan dengan Mustakil Sanayici ve Isadamlari Dernegi (Musiad) atau Asosiasi Pebisnis dan Industri Independen…