Konsep Bisnis Sosial ala Helga Angeline 'Burgreens' Beri Dampak Sosial Komunitas Petani

Oleh : Dina Astria | Rabu, 16 Mei 2018 - 19:30 WIB

Helga Angelina dan suami, bantu memberdayakan petani lokal dan wanita dalam produksi bisnis kuliner Burgreens. (Foto: Instagram Burgreens)
Helga Angelina dan suami, bantu memberdayakan petani lokal dan wanita dalam produksi bisnis kuliner Burgreens. (Foto: Instagram Burgreens)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Founder Burgreens restoran, Helga Angelina memang bertekad untuk menyebarluaskan gaya hidup sehat melalui bahan-bahan dasar yang digunakan oleh Burgreens dan beberapa program edukasi gaya hidup sehat. Helga juga menerapkan konsep bisnis sosial atau sociopreneurship kepada 200 petani dari sekitar 20 komunitas petani di Indonesia. Helga memang bekerjasama mengambil bahan-bahan dasar untuk bisnis restorannya dari para komunitas petani tersebut.

“Kalau bahan-bahan fresh produce, kita ambil dari komunitas petani dari Cipanas dan Bogor. Kalau yang kering, kita ambil dari Banyuwangi, Bali dan tergantung tiap area organic produce-nya apa,” jelas Helga Angelina saat ditemui Industry.co.id pada Senin (14/5) lalu, di Menteng, Jakarta.

Namun, bila dilihat dari segi konsep bisnis sosialnya, Helga menjelaskan bahwa begitu bisnisnya berkembang, dampak sosial para komunitas petani pun ikut berkembang.

“Kalau kita mengukur dari jumlah petani yang kita ajak kerjasama, dan berapa persen food cost kita yang langsung di terima mereka, memberikan dampak sosial yang baik. Dampak sosial disini seperti uang yang kita bayarkan ke para petani, mereka pakai untuk menghidupi keluarganya atau menyekolahkan anak-anaknya,” tambah Helga.

Seperti misalnya, salah satu komunitas petani yang bekerjasama dengan Burgreens yaitu Yayasan Usaha Mulia. Profit yang mereka dapat, mereka gunakan untuk merekrut pelajar-pelajar SMA untuk belajar menjadi petani organik dan memberikan edukasi gratis untuk para anak petani.

“Lalu, komunitas petani wanita di Bogor, mereka menggunakan profit mereka untuk mengajak para perempuan meningkatkan finansial dengan menjadi petani,” tambahnya lagi.

Selain itu, Burgreens juga memberdayakan ibu-ibu rumah tangga di Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan, untuk mengelola rumah produksi. Mereka bertugas membuat bahan-bahan seperti saos, patty burger, dan pencuci mulut yang akan dikonsumsi di empat cabang Burgreens.

“Semua bahan ini dibudidayakan secara organik dan langsung dibeli dari petani untuk memotong jalur distribusi dan meningkatkan pendapatan petani lokal”, papar Founder dari Burgreens ini.

Sebelumnya, Helga Angelina telah mendapatkan sejumlah penghargaan, diantaranya, One of 30 Under 30 oleh Forbes Magazine (Februari 2016), Anugerah Perempuan Hebat Indonesia oleh Liputan6.com (April 2017), Women of The Year oleh Her World (2017) dan Mitra Wirausaha Sosial PT Bank DBS Indonesia (Oktober 2017).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BKPM

Selasa, 14 Agustus 2018 - 14:00 WIB

BKPM Catat Investasi Semester 1/2018 Rp 361,6 Triliun

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi sepanjang semester pertama 2018 mencapai Rp361,6 triliun.

Ilustrasi Alplikasi Fintech, Modalku

Selasa, 14 Agustus 2018 - 13:41 WIB

Grup Modalku Berhasil Salurkan Pinjaman Sebesar Rp 2 Triliun di Asia Tenggara

Sejak pertama didirikan, Grup Modalku telah mencapai total pencairan modal usaha sebesar lebih dari Rp 2 triliun ke lebih dari 7.000 pinjaman UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di wilayah…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat berfoto bersama penerima penghargaan Kemenperin (Foto: Dok. Industry.co id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 13:30 WIB

Menperin Berikan Tujuh Kategori Penghargaan Kepada Unit Satuan Kerja di Lingkungan Kemenperin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali menggelar acara "Penganugerahan Penghargaan Kementerian Perindustrian" yang digelar di Ruang Garuda Kemenperin, Jakarta.

Kemenperin Salurkan Bantuan untuk Pengungsi Gempa NTB (Foto Humas)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 13:23 WIB

Kemenperin Salurkan Bantuan untuk Pengungsi Gempa NTB

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyalurkan sejumlah bantuan untuk para penggungsi akibat gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kampus Shopee Edukasi Pengusaha Yogyakarta (Foto Dok Industry.coid)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 13:15 WIB

Kampus Shopee Edukasi Pengusaha Yogyakarta

Shopee, platform e-commerce terkemuka di Asia Tenggara dan Taiwan, berkolaborasi dengan Facebook untuk menggelar kelas lanjutan dari Kampus Shopee di salah satu komunitas penjual terbesar di…