Tingkatkan Pangsa Pasar, Kemenperin Gandeng YBI Selenggarakan Pameran Batik Warisan Budaya

Oleh : Ridwan | Selasa, 15 Mei 2018 - 11:28 WIB

Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih saat membuka Pameran Batik Warisa Budaya dengan Tema "Cerah Ceria Pesona Batik Madura" (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih saat membuka Pameran Batik Warisa Budaya dengan Tema "Cerah Ceria Pesona Batik Madura" (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bekerjasama dengan Yayasan Batik Indonesia (YBI) menyelenggarakan Pameran Batik Warisan Budaya XII dengan mengusung tema "Cerah Ceria Pesona Batik Madura".

Pameran yang berlangsung mulai tanggal 15-18 Mei 2018 bertempat di Plasa Industri Kementerian Perindustrian, diikuti oleh 48 perajin IKM batik binaan Yayasan Batik Indonesia. 

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kemenperin, Gati Wibawaningsih menyebutkan, industri batik telah berperan penting bagi perekonomian nasional. Secara market leader, Indonesia telah menguasai pasar batik dunia serta telah menjadi penggerak perekonomian di regional maupun nasional. 

"Tak hanya itu, industri batik juga telah berjasa menyediakan ribuan lapangan kerja dan menyumbang devisa negara," kata Gati pada pembukaan Pameran Batik Cerah Ceria Batik Madura di Kantor Kemeneprin, Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Kemenperin mencatat nilai ekspor batik dan produk batik 2017 mencapai US$ 58,46 juta dengan pasar utama Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa. 

"Perdagangan produk pakaian jadi dunia yang mencapau US$ 442 miliar menjadi peluang besar bagi industri batik untuk meningkatkan pangsa pasarnya, mengingat batik sebagai salah satu bahan baku produk pakaian jadi," terangnya. 

Menurut Gati, industri batik nasional memiliki daya saing komparatif di pasar internasional. Indonesia menjadi market leader yang menguasai pasar batik dunia. "Saat ini industri batik nasional didominasi oleh industri kecil dan menengah yang tersebar di 101 sentra. Jumlah tenaga kerja yang terserap di sentra IKm batik mencapai 15 ribu orang," imbuh Gati. 

Oleh karena itu, lanjutnya, Kemenperin terus berupaya mengembangkan industri batik nasional. Program peningkatan SDM, pengembangan kualitas produk, standarisasi, fasilitas mesin dan peralatan, serta promosi dan pameran diberikan kepada para perajin dan pelaku usaha batik untuk meningkatkan daya saing dan kapasitas produksinya. 

Gati berharap melalui pameran ini dapat mempromosikan karya-karya terbaik dari para perajin IKM batik untuk memperluas pasar agar menjadi komoditas perdagangan vaik untuk pasar dalam negeri maupun luar negeri, sekaligus sebagai kekuatan yang mampu menggerakkan peremonomian rakyat. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 10:29 WIB

Ciptakan Ruang Rekreasi Kolaboratif, HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Dalam upaya meningkatkan fasilitas dan kepuasan penghuni apartemennya, anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) yaitu PT HK Realtindo (HKR) menjalin kerjasama dengan PT All Play Indonesia (All…

Bahana TCW

Sabtu, 27 April 2024 - 10:00 WIB

Ingin Memulai Berinvestasi di Reksa Dana Syariah, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, menemukan investasi dengan konsep syariah tentu tak sulit di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan…

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…