Exploitasi Energi Indonesia Optimis Industri Batubara Indonesia Masih Miliki Prospek Yang Baik

Oleh : Hariyanto | Senin, 14 Mei 2018 - 20:49 WIB

Ilustrasi batubara
Ilustrasi batubara

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Exploitasi Energi Indonesia Tbk (CNKO) optimis industri batubara Indonesia masih memiliki prospek yang baik mengingat adanya komitmen pemerintah untuk membangun kelistrikan nasional. 

“Mengingat pentingnya peran batubara sebagai sumber energi yang dominan ditambah dengan adanya komitmen pemerintah dalam membangun infrastruktur kelistrikan,” kata Direktur Utama, Benny Wirawansa, Senin (14/5/2018).

Pada 2018, pemerintah mengeluarkan kebijakan penetapan harga batubara acuan (HBA) tertinggi khusus untuk pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) dalam negeri. 

“Sebagai salah satu yang terkena dampak dari peraturan tersebut, perseroan berharap agar dapat tercapai kesepakatan yang menguntungkan pelaku industri maupun pemerintah,” tambahnya.

Bagi industri batubara, tahun lalu diwarnai oleh fluktuasi harga setelah terjadinya peningkatan yang cukup signifikan di tahun sebelumnya. Hal ini sejalan dengan dinamika keseimbangan permintaan dan pasokan batubara global.

Perseroan membukukan pendapatan pada 2017 sebesar Rp1,538 triliun atau turun 30,7% dibanding tahun sebelumnya. Penurunan ini terutama disebabkan oleh berkurangnya pendapatan dari penjualan batubara akibat faktor cuaca yang tidak mendukung serta penurunan pendapatan PLTU sehubungan dengan adanya perbaikan peralatan utama.

Perseroan mencatatkan rugi komprehensif yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas sebesar Rp1,577 triliun pasa 2017 atau melonjak signifikan dari tahun sebelumnya hanya Rp563,9 miliar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi PLTA Batangtoru di Medan

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:42 WIB

Warga Batangtoru: Percayakan Keselamatan Orangutan Kepada Kami, Mereka Keluarga Kami Ratusan Tahun

Medan Masyarakat di sekitar lokasi pembangunan PLTA Batang Toru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, terus menyuarakan dukungan terhadap proyek energi bersih terbarukan itu. Mereka menuding, penolakan…

Pejualan Indihome di masyarakat.

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:33 WIB

Telkom Umumkan Pemenang Grand Prize IndiHome Family Vaganza

Jakarta Bertempat di Trans TV Jakarta, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melaksanakan pengundian Grand Prize Program IndiHome, dalam sebuah acara bertajuk Grand Prize - IndiHome Family…

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:00 WIB

Dukungan Pemda Penting Bagi Industri Sawit

Keberadaan perkebunan dan industri sawit sebagai investasi padat karya telah menjadi solusi Pemerintah untuk mendorong peningkatan lapangan kerja serta penyerapan tenaga kerja daerah.

KAI bekerjasama dengan Gerakan Suluh Kebangsaan mengadakan Jelajah Kebangsaan dengan rute dari Merak ke Banyuwangi, 18-22 Februari 2019.

Kamis, 21 Februari 2019 - 19:51 WIB

KAI Jadi Tuan Rumah Kegiatan Jelajah Kebangsaan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) senantiasa mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dapat memajukan dan mencerdaskan bangsa.

Foto Ilustrasi Kawasan Kumuh

Kamis, 21 Februari 2019 - 19:33 WIB

Tahun Ini, Pemerintah Bakal Tata Kawasan Kumuh Capai 24 Ribu Hektar

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) akan melakukan melaksanakan penataan terhadap 888 hektare (ha) kawasan kumuh pada 2019.