Exploitasi Energi Indonesia Optimis Industri Batubara Indonesia Masih Miliki Prospek Yang Baik

Oleh : Hariyanto | Senin, 14 Mei 2018 - 20:49 WIB

Ilustrasi batubara
Ilustrasi batubara

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Exploitasi Energi Indonesia Tbk (CNKO) optimis industri batubara Indonesia masih memiliki prospek yang baik mengingat adanya komitmen pemerintah untuk membangun kelistrikan nasional. 

“Mengingat pentingnya peran batubara sebagai sumber energi yang dominan ditambah dengan adanya komitmen pemerintah dalam membangun infrastruktur kelistrikan,” kata Direktur Utama, Benny Wirawansa, Senin (14/5/2018).

Pada 2018, pemerintah mengeluarkan kebijakan penetapan harga batubara acuan (HBA) tertinggi khusus untuk pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) dalam negeri. 

“Sebagai salah satu yang terkena dampak dari peraturan tersebut, perseroan berharap agar dapat tercapai kesepakatan yang menguntungkan pelaku industri maupun pemerintah,” tambahnya.

Bagi industri batubara, tahun lalu diwarnai oleh fluktuasi harga setelah terjadinya peningkatan yang cukup signifikan di tahun sebelumnya. Hal ini sejalan dengan dinamika keseimbangan permintaan dan pasokan batubara global.

Perseroan membukukan pendapatan pada 2017 sebesar Rp1,538 triliun atau turun 30,7% dibanding tahun sebelumnya. Penurunan ini terutama disebabkan oleh berkurangnya pendapatan dari penjualan batubara akibat faktor cuaca yang tidak mendukung serta penurunan pendapatan PLTU sehubungan dengan adanya perbaikan peralatan utama.

Perseroan mencatatkan rugi komprehensif yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas sebesar Rp1,577 triliun pasa 2017 atau melonjak signifikan dari tahun sebelumnya hanya Rp563,9 miliar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pariwisata Lombok

Senin, 17 Desember 2018 - 09:30 WIB

Pariwisata Tanpa Media, Tidak Berjalan

Di era globalisasi saat ini media sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat, dan ke depan akan semakin kuat. Untuk itu, pariwisata tidak mungkin berjalan dengan baik tanpa memanfaatkan media.

JNE. (Foto: IST)

Senin, 17 Desember 2018 - 09:25 WIB

Terkait Pembatasan Armada, Perusahaan Kurir Jamin Ekspedisi Aman

Perusahaan jasa kiriman barang atau kurir menyatakan layanan yang dilakukan tetap aman meski ada aturan pembatasan kendaraan saat libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 (Nataru). Seperti diketahui,…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Presiden Jokowi

Senin, 17 Desember 2018 - 09:23 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Beberapa Fasos dan Fasum di Aceh

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan rehabilitasi dan rekonstruksi (rehab rekon) sejumlah fasilitas umum dan fasilitas sosial yang mengalami kerusakan pascabencana…

Ilustrasi borobudur-IST

Senin, 17 Desember 2018 - 09:05 WIB

Badan Otorita Borobudur Kembangkan Pariwisata Joglosemar

Sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), pengembangan kawasan Borobudur terus dilakukan Kementerian Pariwisata. Pengembangan juga dilakukan di daerah penunjang, Jogja-Solo-Semarang…

Mochtar Riady pendiri Lippo Group (Foto Industry.co.id)

Senin, 17 Desember 2018 - 09:00 WIB

Rahasia Sukses Pendiri Lippo Group, Mochtar Riady

Pengusaha yang juga pendiri Lippo Group, Mochtar Riady kembali menjelaskan strategi Sun Tzu atau seni perang yang menjadi latar belakang keberhasilan mengembangkan bisnisnya sampai saat ini.…