Gaikindo Optimis Pertumbuhan Ekspor Mobil Indonesia Naik 7 Persen

Oleh : Ridwan | Kamis, 26 Januari 2017 - 06:25 WIB

Ilustrasi buruh perakitan mobil di Karawang. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi buruh perakitan mobil di Karawang. (Dimas Ardian/Bloomberg)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) optimistis ekspor akan naik 7 persen tahun 2017. Meski di tahun lalu ekspor mobil Indonesia turun 4 persen dari 207 ribu unit pada 2015 menjadi 201 ribu unit pada 2016.

Sekertaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara menyatakan bahwa penurunan ekspor tahun lalu disebabkan oleh beberapa regulasi baru yang ditetapkan oleh Negara yang menjadi pasar otomotif Indonesia.

"Misalnya ada regulasi soal carbon vehicle di negara-negara Timur Tengah, mereka bahkan meminta penerapan Euro 4 untuk mobil yang diimpor dari Indonesia," ungkap Kukuh kepada INDUSTRY.co.id  (25/1/2017).

Pelaku industri di Tanah air terus berupaya melakukan inovasi agar produknya sesuai dengan standar internasional. Dengan demikian, tahun ini ekspor mobil dapat digenjot sehingga kembali tumbuh. Menurutnya, tren produksi mobil untuk ekspor tumbuh 27 persen dari tahun 2010 sampai 2015.

Pemerintah juga sudah mendorong industri yang selama ini hanya terapkan Euro 2 untuk beralih ke Euro 4. Namun, masih perlu waktu untuk penyesuaian.

Untuk mendongkrak ekspor tahun ini, strategi Gaikindo adalah membidik pasar baru sambil mempertahankan pasar yang sudah ada. Selain itu, mereka juga akan menyesuaikan produksi mobil yang diminta pasar.

Sementara dari sisi daya saing Indonesia secara keseluruhan berada di peringkat 41 dunia. Sementara Thailand berada di peringkat 34 dunia, dan Malaysia di peringkat 25 dunia.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Baywalk Mall Rayakan Pengibaran Bendera Merah Putih di Laut, Kamis (17/8/2017) Photo: INDUSTRY.co.id

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:47 WIB

Baywalk Watersport Arena Olahraga Air Pertama di Pusat Perbelanjaan

Beragam cara dalam memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72, salah satunya yang dilakukan Baywalk Mall Pluit dengan pengibaran bendera Merah Putih dengan menggunakan…

Gedung Bank DKI

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:21 WIB

Bank DKI Dukung Peresmian Gerai Samsat Pluit Village

Dukung pelayanan kepada wajib pajak di DKI Jakarta, Bank DKI menyambut baik keberadaan Gerai Samsat Mall Pluit Vilage yang belum lama diresmikan. Peresmian tersebut dilakukan oleh Sekretaris…

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga (kedua dari kiri) turut memeriahkan lomba khas 17 Agustus bersama dengan Staf Khusus Menteri BUMN Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin (paling kanan), Direktur Utama Krakatau Steel Mas Wigrantoro Roes Setiyadi (

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:06 WIB

Telkom dan Krakatau Steel Tegaskan Komitmen BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Banten

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk beserta BUMN lain yang ada di Provinsi Banten melaksanakan upacara peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia…

Logo Pikulbareng

Kamis, 17 Agustus 2017 - 19:53 WIB

Sof Launching Pikulbareng, Fokus Pembiayaan Syariah

Lembaga bisnis sekaligus amal sosial atau dikenal istilahnya crowdfunding mulai unjuk gigi di Indonesia. Keberadaan model bisnis ini terbilang baru.

OSO Ketua DPD mendapat sepeda dalam peringatan kemerdekaan 72 tahun RI di Istana Merdeka, Kamis (17/8). (Foto: Humas/Oji).

Kamis, 17 Agustus 2017 - 19:47 WIB

Pemakai Baju Adat Terbaik Dapat Hadiah Sepeda

Pemakai baju adat terbaik dalam upacara penurunan bendera Merah Putih di Istana Merdeka Jakarta mendapatkan hadiah sepeda dari Presiden Joko Widodo.