Gaikindo Optimis Pertumbuhan Ekspor Mobil Indonesia Naik 7 Persen

Oleh : Ridwan | Kamis, 26 Januari 2017 - 06:25 WIB

Ilustrasi buruh perakitan mobil di Karawang. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi buruh perakitan mobil di Karawang. (Dimas Ardian/Bloomberg)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) optimistis ekspor akan naik 7 persen tahun 2017. Meski di tahun lalu ekspor mobil Indonesia turun 4 persen dari 207 ribu unit pada 2015 menjadi 201 ribu unit pada 2016.

Sekertaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara menyatakan bahwa penurunan ekspor tahun lalu disebabkan oleh beberapa regulasi baru yang ditetapkan oleh Negara yang menjadi pasar otomotif Indonesia.

"Misalnya ada regulasi soal carbon vehicle di negara-negara Timur Tengah, mereka bahkan meminta penerapan Euro 4 untuk mobil yang diimpor dari Indonesia," ungkap Kukuh kepada INDUSTRY.co.id  (25/1/2017).

Pelaku industri di Tanah air terus berupaya melakukan inovasi agar produknya sesuai dengan standar internasional. Dengan demikian, tahun ini ekspor mobil dapat digenjot sehingga kembali tumbuh. Menurutnya, tren produksi mobil untuk ekspor tumbuh 27 persen dari tahun 2010 sampai 2015.

Pemerintah juga sudah mendorong industri yang selama ini hanya terapkan Euro 2 untuk beralih ke Euro 4. Namun, masih perlu waktu untuk penyesuaian.

Untuk mendongkrak ekspor tahun ini, strategi Gaikindo adalah membidik pasar baru sambil mempertahankan pasar yang sudah ada. Selain itu, mereka juga akan menyesuaikan produksi mobil yang diminta pasar.

Sementara dari sisi daya saing Indonesia secara keseluruhan berada di peringkat 41 dunia. Sementara Thailand berada di peringkat 34 dunia, dan Malaysia di peringkat 25 dunia.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Oesman Sapta Odang (OSO) Ketum Umum Hanura Oesman

Sabtu, 20 Januari 2018 - 08:07 WIB

Konflik Partai Hanura, OSO-Daryatmo Harus Temukan Kompromi Politik

Pengamat Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menyarankan para elit politik Hanura harus secepatnya bertemu untuk menemukan kompromi politik yang terbaik bagi partai…

Menhan Ryamizard Ryacudu-foto RiauOnline.com

Sabtu, 20 Januari 2018 - 07:57 WIB

Menhan Ungkap Empat Isu Krusial Ganggu Keamanan Kawasan

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu, menyebutkan, saat ini dunia tengah menghadapi empat isu krusial yang dapat mengganggu keamanan kawasan regional dan wilayah.

Ilustrasi Petani Garam (Ist)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 07:55 WIB

Kemenperin Blak-Blakan Soal Impor Garam

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengakui jika saat ini pemerintah maupun para petani belum mampu menyediakan kebutuhan garam bagi industri. Sehingga, opsi impor garam menjadi langkah…

Partai Solidaritas Indoensia (PSI) (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 07:52 WIB

PSI Galang Dana Publik untuk Perbaiki Iklim Politik Tanah Air

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) akan menggalang dana donasi publik untuk pembiayaan partai dan mendorong perbaikan iklim politik di Tanah Air.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan (Foto Ist)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 07:39 WIB

MPR: Indonesia Butuh Haluan Negara

Ketua MPR Zulkifli Hasan menegaskan bahwa Indonesia membutuhkan kembali pola pembangunan sejenis garis besar haluan negara(GBHN), ditengah munculnya fenomena Demokrasi Pancasila menghasilkan…