Gaikindo Optimis Pertumbuhan Ekspor Mobil Indonesia Naik 7 Persen

Oleh : Ridwan | Kamis, 26 Januari 2017 - 06:25 WIB

Ilustrasi buruh perakitan mobil di Karawang. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi buruh perakitan mobil di Karawang. (Dimas Ardian/Bloomberg)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) optimistis ekspor akan naik 7 persen tahun 2017. Meski di tahun lalu ekspor mobil Indonesia turun 4 persen dari 207 ribu unit pada 2015 menjadi 201 ribu unit pada 2016.

Sekertaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara menyatakan bahwa penurunan ekspor tahun lalu disebabkan oleh beberapa regulasi baru yang ditetapkan oleh Negara yang menjadi pasar otomotif Indonesia.

"Misalnya ada regulasi soal carbon vehicle di negara-negara Timur Tengah, mereka bahkan meminta penerapan Euro 4 untuk mobil yang diimpor dari Indonesia," ungkap Kukuh kepada INDUSTRY.co.id  (25/1/2017).

Pelaku industri di Tanah air terus berupaya melakukan inovasi agar produknya sesuai dengan standar internasional. Dengan demikian, tahun ini ekspor mobil dapat digenjot sehingga kembali tumbuh. Menurutnya, tren produksi mobil untuk ekspor tumbuh 27 persen dari tahun 2010 sampai 2015.

Pemerintah juga sudah mendorong industri yang selama ini hanya terapkan Euro 2 untuk beralih ke Euro 4. Namun, masih perlu waktu untuk penyesuaian.

Untuk mendongkrak ekspor tahun ini, strategi Gaikindo adalah membidik pasar baru sambil mempertahankan pasar yang sudah ada. Selain itu, mereka juga akan menyesuaikan produksi mobil yang diminta pasar.

Sementara dari sisi daya saing Indonesia secara keseluruhan berada di peringkat 41 dunia. Sementara Thailand berada di peringkat 34 dunia, dan Malaysia di peringkat 25 dunia.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kayu di Hutan

Rabu, 22 November 2017 - 19:28 WIB

Pemerintah Wacanakan Buka Keran Ekspor Kayu Bulat

Setelah dilarang selama 16 tahun. pemerintah mempertimbangkan untuk membuka kran ekspor kayu bulat atau log. Alasannya, untuk mengangkat harga komoditas itu yang jatuh di pasar lokal.

Aptrindo (Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia) (Foto Ist)

Rabu, 22 November 2017 - 18:27 WIB

Aptrindo: Sudah Saatnya Angkutan Barang Masuk Sistem Digital

Era industrialisasi digital mengharuskan semua sektor industri mengimplementasikan sistem digitalisasi guna meningkatkan daya saing industri, tak terkecuali industri angkutan barang.

PT Totalindo Eka Persada Tbk

Rabu, 22 November 2017 - 17:50 WIB

Totalindo Eka Persada Akan Garap Proyek TOD Senilai Rp3 Triliun

PT Totalindo Eka Persada Tbk (TOPS) menandatangani perjanjian pembangunan proyek kawasan terpadu (TOD) dengan BUMD DKI, PD Pembangunan Sarana Jaya senilai Rp3 triliun.

PT Asia Pacific Fiber Tbk (ist)

Rabu, 22 November 2017 - 17:38 WIB

Dongkrak Penjualan, Asia Pacific Fiber Genjot Produksi Serat Antiapi

Guna meningkatkan angka penjualan, produsen tekstil PT Asia Pacific Fibers Tbk (POLY) menggenjot produksi serat antiapi. Langkah tersebut dilakukan lantaran permintaan domestik terhadap serat…

Budayawan; Emha Ainun Nadjib (Foto Ist)

Rabu, 22 November 2017 - 17:37 WIB

Ango An Poteh Tolang, Setnov

Andaikan Markesot dikenal oleh Setya Novanto dan ditanya tentang keadaannya hari-hari ini, mestinya Markesot menjawab begini: "Etembang poth mata, ango`an poth tolang, ta`iye!". Daripada mata…