Indonesia Tawarkan Panser Anoa dan Pesawat CN ke Brunei Darusslam

Oleh : Herry Barus | Jumat, 04 Mei 2018 - 06:20 WIB

Presiden Jokowi dan Sultan Brunei Darussalam HM Sultan Haji Hassanal Bolkiah (Foto Setkab)
Presiden Jokowi dan Sultan Brunei Darussalam HM Sultan Haji Hassanal Bolkiah (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Bogor- Presiden Joko Widodo mengatakan, "soft diplomacy" antara Indonesia dan Brunei Darussalam dalam kunjungan kehormatan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah ke Indonesia menghasilkan rencana pembelian Panser Anoa buatan PT Pindad.

"Iya tadi sudah dalam proses dan memang kita sudah perintahkan untuk segera diproses mengenai pembelian yang ada di PT Pindad, baik berupa senjata maupun Panser Anoa," kata Presiden Jokowi usai bermain bulu tangkis dengan Sultan Brunei di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (3/5/2018)

Selain itu, kata Presiden, pihaknya juga menawarkan kapal buatan Indonesia, namun pihak Brunei menyampaikan akan berhitung terlebih dulu.

"Kita juga menyampaikan untuk pembelian pesawat CN buatan PT DI, namun beliau (Sultan) menyampaikan masih hitung-hitung dulu. Tadi sudah langsung dipanggil menterinya. Tapi yang sudah jelas adalah produk Pindad," katanya.

Presiden Jokowi mengatakan, persahabatan antara kedua negara ini tidak selalu dilakukan dalam sebuah forum yang formal.

Kepala negara menyebutkan, olahraga bersama dengan Sultan Brunei merupakan bagian dari "soft diplomacy".

"Ada yang namanya 'soft diplomacy'. Dan memang saya tahu Sultan Hassanal Bolkiah hobi badminton, saya pernah bertanya dan beliau menjawab. Dalam sehari, beliau tiga kali main badminton dan sekali main bisa sampai tiga set. Jadi, waktu di ASEAN Summit, kemudian di Australia dan Singapura, saya mengajak beliau untuk datang ke Indonesia bermain badminton," ujarnya.

Dalam kunjungan kehormatannya di Mabes TNI, Sultan Bolkiah sempat melihat pameran industri pertahanan dalam negeri, salah satunya PT Pindad yang disiapkan oleh Mabes TNI.

Sultan Bolkiah juga sempat melihat kendaraan taktis buatan PT Pindad, yakni empat Panser Anoa dan satu Panser Komodo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IFG Life

Jumat, 26 April 2024 - 13:29 WIB

Peduli dengan Gaya Hidup Sehat, IFG Life Hadirkan IFG Life Protection Platinum dan IFG LifeCHANCE

Fokus pada kebutuhan nasabah menjadi kunci bagi PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) dalam menghadirkan produk dan layanan yang komprehensif dan saling melengkapi. Gaya hidup tidak lepas dari aspek…

Panasonic memperagakan cara penggunaan Lampu Solar Panel yang menggunakan tenaga cahaya Matahari di Cianjur

Jumat, 26 April 2024 - 12:39 WIB

Panasonic Serahkan Lampu Surya Panel ke Terdampak Gempa Cianjur

PT Panasonic Gobel Indonesia memberikan bantuan Lampu Surya Panel atau lampu berbahan bakar sinar matahari ke masyarakat terdampak gempa di Desa Sarampad, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Direktur Industri Kimia Hulu (Direktur IKHU), Wiwik Pudjiastuti

Jumat, 26 April 2024 - 11:32 WIB

Masih Banyak Sentimen Negatif, Kemenperin Tegaskan Impor PE dan PP Tak Perlu Pertimbangan Teknis

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

SIAM 2024 Maroko

Jumat, 26 April 2024 - 11:20 WIB

Kemenperin Perkenalkan Produk Mesin Pertanian Indonesia Kepada Pelaku Bisnis Maroko di SIAM Menkes 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko menggelar The Indonesia – Morocco Business Forum on Strengthening Industrial Cooperation dalam…

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…