Industri Plastik Serap 37.327 Tenaga Kerja

Oleh : Ridwan | Rabu, 02 Mei 2018 - 14:22 WIB

Sekjen Kemenperin, Haris Munandar
Sekjen Kemenperin, Haris Munandar

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Industri plastik nasional saat ini diketahui mampu menyerap 37.327 tenaga kerja dengan total produksi mencapai 4,68 juta ton per tahun.

"Jumlah industri plastik mencapai 925 perusahaan yang memproduksi berbagai macam produk plastik dan mampu menyerap 37.327 tenaga kerja," kata Sekjen Kementerian Perindustrian Haris Munandar di Jakarta, Rabu (2/5/2018)

Haris menyampaikan, permintaan produk plastik nasional mencapai 4,6 juta ton dan meningkat sebesar 5 persen dalam lima tahun terakhir. Menurutnya, ketergantungan bahan baku plastik impor masih tinggi, sedangkan produsen bahan baku plastik dalam negeri belum mampu mencukupi dari segi kuantitas maupun spesifikasi produk.

Kemenperin mengantisipasi hal itu dengan pemberian fasilitasi diantaranya melalui Bea Masuk DItanggung Pemerintah (BMDTP) dalam menghadapi kendala pemenuhan bahan baku dan persaingan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Selain itu, lanjut Haris, Kemenperin juga memberikan dukungan dan mendorong pertumbuhan industri plastik nasional sehingga mampu bersinergi dan terintegrasi melalui beberapa hal, di antaranya kerjasama antar stakeholders dan penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Selain itu, memfasilitasi promosi dan investasi, penyusunan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), tata niaga impor, dan penguatan riset dan pengembangan (R&D).

"Serta kebijakan lain yang mendukung peningkatan daya saing agar produk plastik dalam negeri bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan mampu bersaing di pasar internasional," ungkap Haris.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Group UCC Launching Ceremony

Kamis, 19 Juli 2018 - 16:20 WIB

UCC Holding Gandeng Purwana Group Kembangkan Kopi Indonesia

Perusahaan kopi ternama di Jepang, UCC Holdings Co Ltd, melalui anak perusahaannya yaitu UCC Asia Pacific Pte, membangun kerjasama dengan Purwana Group yang merupakan perusahaan operator ternama…

Moriano Utomo saat membawa api obor Asian Games 2018 (Foto: Dok. Industry)

Kamis, 19 Juli 2018 - 16:08 WIB

Cucu Pendiri Aqua Dukung Pawai Obor Asian Games 2018 di Yogyakarta

Moriano Utomo, cucu dari pendiri AQUA Tirto Utomo, mewakili Danone-AQUA yang merupakan sponsor resmi hidrasi Asian Games 2018 dalam Pawai Obor (Torch Relay) hari ini, Kamis (19/7/2018) di Yogyakarta,…

Api Obor Asian Games di Yogyakarta (Foto: Kemenpar)

Kamis, 19 Juli 2018 - 16:00 WIB

Api Obor Asian Games diharapkan Naikkan Branding Destinasi Wisata yang dilewati

Untuk menyemarakkan Asian Games yang digelar pada 18 Agustus 2018, api obor Asian Games akan melewati berbagai daerah wisata di Indonesia yang terdiri dari 53 kota/kabupaten dari 18 provinsi…

Presiden Jokowi-Wapres JK kunjungi SBY di RSPAD (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 19 Juli 2018 - 15:59 WIB

Sakit Apa SBY? Aburizal Bakrie Mengungkapkannya

Ketua Dewan Pembina Golkar Aburizal Bakrie mengatakan Presiden RI keenam sekaligus Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menderita sakit infeksi ginjal.

Menteri ESDM Ignasius Jonan (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

Kamis, 19 Juli 2018 - 15:54 WIB

Menteri Jonan Optimalkan Energi Lokal Sebagaai Pembangkit

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan mengoptimalkan penggunaan energi lokal (tenaga angin, air, batubara dan surya) sebagai energi primer pembangkit tenaga listrik agar lebih…