Novelship Raih Pendanaan Seri B Sebesar US$9,5 Juta yang Dipimpin oleh East Ventures

Oleh : Hariyanto | Kamis, 14 September 2023 - 15:20 WIB

Novelship
Novelship

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Marketplace streetwear yang berbasis di Singapura, Novelship, berhasil mengumpulkan US$9,5 juta dalam putaran pendanaan Seri B yang dipimpin oleh East Ventures, dengan partisipasi dari iGlobe Partners dan GSR Ventures. 

Pendanaan ini akan mempercepat langkah perusahaan untuk memperkuat eksistensi brand Novelship di Asia Tenggara. Hal ini akan mencakup peningkatan kemampuan logistik, penyempurnaan proses otentikasi, memperbanyak koleksi, dan memprioritaskan proses pengiriman yang ramah lingkungan.

Didirikan pada tahun 2018, Novelship hadir sebagai platform dengan pertumbuhan pasar tercepat di Asia bagi para pembeli dan penjual untuk memperdagangkan sepatu sneakers 100% otentik, pakaian edisi terbatas, serta barang koleksi fisik dan digital eksklusif. Saat ini, Novelship telah menjadi salah satu icon fashion terkemuka di Asia, dengan basis pengguna yang meningkat dua kali lipat setiap tahunnya. 

“Seiring dengan pergeseran prioritas kolektor ke arah aksesibilitas, efisiensi, dan integritas, Novelship terus berkomitmen untuk meningkatkan aspek-aspek tersebut di platform kami. Kami sangat menghargai kepercayaan para investor terhadap visi perusahaan untuk meningkatkan layanan berbasis kolektor di pasar Asia, yang mendorong semangat dan komitmen kami untuk terus maju,” kata Richard Xia, Co-Founder dan CEO Novelship, Kamis (14/9/2023). 

Mengikuti kolaborasi Novelship dengan Snoop Dogg untuk memperluas koleksi, Novelship juga turut meluncurkan produk in-house atau dengan brand Novelship, termasuk kaos, kaus kaki, tali sepatu, dan pelindung sol sepatu.

Novelship secara aktif melakukan diversifikasi koleksinya untuk menjangkau pasar wanita yang terus berkembang. Untuk mendukung hal tersebut, Novelship meningkatkan SKU sepatu sneaker yang dibuat untuk wanita sebanyak 100 SKU, mendukung inklusivitas dan keterjangkauan bagi semua kolektor. 

Seiring dengan berkembangnya basis pelanggan, Novelship turut meningkatkan pasokan sehingga menghasilkan pertumbuhan daftar barang sebesar 150% pada tahun fiskal 2022, termasuk lonjakan sebesar 140% pada SKU yang berpusat pada wanita.

“Kami percaya semua produk yang dibuat perlu dapat diakses oleh semua orang. Perluasan koleksi dan pengenalan produk in-house mencerminkan komitmen kami untuk menyediakan aksesibilitas yang lebih luas bagi semua kolektor. Dengan mendiversifikasi dan meningkatkan produk untuk  wanita, kami ingin menciptakan ruang yang lebih inklusif dalam komunitas sneakers, memastikan bahwa keinginan setiap orang terpenuhi dan dihargai,” tambah Richard. 

Dengan lebih dari 20 miliar pasang sepatu yang diproduksi secara global pada tahun 2021, pertumbuhan industri yang cepat telah menimbulkan kekhawatiran terhadap dampak terhadap lingkungan. Seiring dengan banyaknya koleksi sepatu yang dimiliki konsumen, jejak karbon yang dihasilkan juga semakin besar.

Untuk mengatasi masalah ini, Novelship tidak hanya mempromosikan produk yang berkelanjutan, tetapi juga menciptakan kesadaran akan konsumsi yang bertanggung jawab. Hal ini melibatkan pemilihan barang-barang yang stylish dan ramah lingkungan, disesuaikan untuk konsumen yang cerdas dan teliti. Sejak Juni 2023, Novelship telah menggunakan 100% bahan daur ulang untuk kotak pengiriman mereka di semua pasar.

"Novelship telah terbukti sebagai marketplace terpadu untuk memenuhi keinginan para kolektor. Kami berharap dapat terus menyaksikan pencapaian menarik yang akan dihadirkan Novelship ke depannya,” kata Willson Cuaca, Co-Founder dan Managing Partner East Ventures.

Novelship telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 37% dari sisi pendapatan dan 55% dari sisi transaksi. Pada bulan November mendatang, Novelship akan berpartisipasi dalam acara Sneakerland Australia, yang akan mempertemukan para kolektor dan penggemar dari Down Under.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Foto kiri-kanan (Markus Rozano Antar Prasetyo - Bung Kepra selaku Ketua Koordinator Pergelaran; Dirjen Bimas Budha Supriyadi; Ketua Umum Panitia Acara Siddhartha The Musical, Sutina Irsan)

Sabtu, 25 Mei 2024 - 02:40 WIB

Keren! Hadir Kembali Setelah 17 Tahun, Siddhartha The Musical Sukses Hipnotis Warga Jakarta

Jakarta- Kerinduan warga Jakarta, khususnya umat Budha akan Siddhartha The Musical akhirnya terobati. Penampilan para seniman panggung Siddharta The Musical sukses menghipnotis warga yang memadati…

[Ki-Ka] M. Ade Kurniawan - CEO of ACSI, Jaja Ahmad Subarja - President Director of ACSI Corp, Yusup

Jumat, 24 Mei 2024 - 21:22 WIB

Kukuhkan Kepemimpinan Teknologi Lingkungan, Cetta Akuisisi EAS.ai

Akuisisi EAS.ai akan memperkuat posisi Cetta sebagai pemimpin dalam industri teknologi lingkungan di Indonesia dengan mengembangkan kemampuan teknologi AI-nya serta membuka peluang pasar baru.

Kegiatan CSR PT Krakatau Sarana Properti

Jumat, 24 Mei 2024 - 16:48 WIB

PT. Krakatau Sarana Properti Gelar Kegiatan CSR Bidang Pendidikan dan Lingkungan di Provinsi Banten

PT. Krakatau Sarana Properti (KSP) baru saja menggelar aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) yang rutin dilaksanakan di wilayah Cilegon maupun juga disekitar daerah Provinsi Banten.…

Apartemen

Jumat, 24 Mei 2024 - 15:42 WIB

Sentimen Positif Dorong Permintaan Apartemen di Jakarta Selama Paruh Kedua Tahun 2024

Colliers memperkirakan permintaan apartemen di Jakarta akan mengalami peningkatan sepanjang sisa semester tahun ini, terutama pada paruh kedua dengan penetapan pemerintahan baru dan kondisi…

PT Charoen Pokphand Indonesia

Jumat, 24 Mei 2024 - 15:18 WIB

Citi Indonesia Rampungkan Kesepakatan Fasilitas Kredit Sindikasi Bergulir untuk Charoen Pokphand

Citibank Indonesia (Citi Indonesia), bertindak sebagai Bank Koordinator Tunggal, telah sukses menyelesaikan kesepakatan fasilitas kredit sindikasi bergulir (syndicated revolving credit facilities)…