Novelship Raih Pendanaan Seri B Sebesar US$9,5 Juta yang Dipimpin oleh East Ventures

Oleh : Hariyanto | Kamis, 14 September 2023 - 15:20 WIB

Novelship
Novelship

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Marketplace streetwear yang berbasis di Singapura, Novelship, berhasil mengumpulkan US$9,5 juta dalam putaran pendanaan Seri B yang dipimpin oleh East Ventures, dengan partisipasi dari iGlobe Partners dan GSR Ventures. 

Pendanaan ini akan mempercepat langkah perusahaan untuk memperkuat eksistensi brand Novelship di Asia Tenggara. Hal ini akan mencakup peningkatan kemampuan logistik, penyempurnaan proses otentikasi, memperbanyak koleksi, dan memprioritaskan proses pengiriman yang ramah lingkungan.

Didirikan pada tahun 2018, Novelship hadir sebagai platform dengan pertumbuhan pasar tercepat di Asia bagi para pembeli dan penjual untuk memperdagangkan sepatu sneakers 100% otentik, pakaian edisi terbatas, serta barang koleksi fisik dan digital eksklusif. Saat ini, Novelship telah menjadi salah satu icon fashion terkemuka di Asia, dengan basis pengguna yang meningkat dua kali lipat setiap tahunnya. 

“Seiring dengan pergeseran prioritas kolektor ke arah aksesibilitas, efisiensi, dan integritas, Novelship terus berkomitmen untuk meningkatkan aspek-aspek tersebut di platform kami. Kami sangat menghargai kepercayaan para investor terhadap visi perusahaan untuk meningkatkan layanan berbasis kolektor di pasar Asia, yang mendorong semangat dan komitmen kami untuk terus maju,” kata Richard Xia, Co-Founder dan CEO Novelship, Kamis (14/9/2023). 

Mengikuti kolaborasi Novelship dengan Snoop Dogg untuk memperluas koleksi, Novelship juga turut meluncurkan produk in-house atau dengan brand Novelship, termasuk kaos, kaus kaki, tali sepatu, dan pelindung sol sepatu.

Novelship secara aktif melakukan diversifikasi koleksinya untuk menjangkau pasar wanita yang terus berkembang. Untuk mendukung hal tersebut, Novelship meningkatkan SKU sepatu sneaker yang dibuat untuk wanita sebanyak 100 SKU, mendukung inklusivitas dan keterjangkauan bagi semua kolektor. 

Seiring dengan berkembangnya basis pelanggan, Novelship turut meningkatkan pasokan sehingga menghasilkan pertumbuhan daftar barang sebesar 150% pada tahun fiskal 2022, termasuk lonjakan sebesar 140% pada SKU yang berpusat pada wanita.

“Kami percaya semua produk yang dibuat perlu dapat diakses oleh semua orang. Perluasan koleksi dan pengenalan produk in-house mencerminkan komitmen kami untuk menyediakan aksesibilitas yang lebih luas bagi semua kolektor. Dengan mendiversifikasi dan meningkatkan produk untuk  wanita, kami ingin menciptakan ruang yang lebih inklusif dalam komunitas sneakers, memastikan bahwa keinginan setiap orang terpenuhi dan dihargai,” tambah Richard. 

Dengan lebih dari 20 miliar pasang sepatu yang diproduksi secara global pada tahun 2021, pertumbuhan industri yang cepat telah menimbulkan kekhawatiran terhadap dampak terhadap lingkungan. Seiring dengan banyaknya koleksi sepatu yang dimiliki konsumen, jejak karbon yang dihasilkan juga semakin besar.

Untuk mengatasi masalah ini, Novelship tidak hanya mempromosikan produk yang berkelanjutan, tetapi juga menciptakan kesadaran akan konsumsi yang bertanggung jawab. Hal ini melibatkan pemilihan barang-barang yang stylish dan ramah lingkungan, disesuaikan untuk konsumen yang cerdas dan teliti. Sejak Juni 2023, Novelship telah menggunakan 100% bahan daur ulang untuk kotak pengiriman mereka di semua pasar.

"Novelship telah terbukti sebagai marketplace terpadu untuk memenuhi keinginan para kolektor. Kami berharap dapat terus menyaksikan pencapaian menarik yang akan dihadirkan Novelship ke depannya,” kata Willson Cuaca, Co-Founder dan Managing Partner East Ventures.

Novelship telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 37% dari sisi pendapatan dan 55% dari sisi transaksi. Pada bulan November mendatang, Novelship akan berpartisipasi dalam acara Sneakerland Australia, yang akan mempertemukan para kolektor dan penggemar dari Down Under.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Warung madura

Sabtu, 27 April 2024 - 14:15 WIB

KemenKopUKM Tak Pernah Larang Warung Madura Buka 24 Jam

Menanggapi pemberitaan yang beredar di tengah masyarakat terkait dengan jam operasional warung madura, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) tidak pernah melarang warung madura untuk beroperasi…

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Sabtu, 27 April 2024 - 12:52 WIB

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Bagi kamu, Gen Z , tentu sudah tidak asing lagi dengan Jurusan Bisnis digital. Jurusan ini mempelajari tentang cara merancang bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Kenapa Kamu…

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Sabtu, 27 April 2024 - 11:43 WIB

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Film Syirik Neraka Pesisir Laut Selan Goes To School mendapat sambutann hangat dari ratusan siswa siswi SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta. Terbukti ratusan siswa setia menunggu keadiran aktor pendukung…

HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 10:29 WIB

Ciptakan Ruang Rekreasi Kolaboratif, HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Dalam upaya meningkatkan fasilitas dan kepuasan penghuni apartemennya, anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) yaitu PT HK Realtindo (HKR) menjalin kerjasama dengan PT All Play Indonesia (All…

Bahana TCW

Sabtu, 27 April 2024 - 10:00 WIB

Ingin Memulai Berinvestasi di Reksa Dana Syariah, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, menemukan investasi dengan konsep syariah tentu tak sulit di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan…