Investasi Kawasan Industri Dilirik Sejumlah Investor Properti

Oleh : Hariyanto | Selasa, 24 April 2018 - 12:55 WIB

Ilustrasi Kawasan Industri Gandus Palembang
Ilustrasi Kawasan Industri Gandus Palembang

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Konsultan properti Colliers International menyatakan investor properti di Indonesia ke depannya bakal terus lebih fokus untuk mencari properti di kawasan industri dan perumahan yang tersebar di sejumlah daerah.

"Pada kuartal sebelumnya, pasar Indonseia telah melihat beberapa transaksi investasi signifikan, khususnya di pasar perumahan dan sektor industri," kata Director of Capital Markets and Investment Services at Colliers International Indonesia, Steve Atherton, dalam rilis di Jakarta, Selasa (24/4/2018)

Menurut dia, pada kuartal berikutnya, Colliers International percaya bahwa sektor industrial dan residensial akan tetap menjadi fokus primer banyak investor.

Hal tersebut, lanjutnya, juga disebabkan antara lain banyaknya pihak yang bertanya-tanya dari sejumlah investor asing untuk memasuki pasar properti di Indonesia.

Sebelumnya di sektor perhotelan, Colliers International menyoroti ketatnya persaingan industri hotel di sejumlah kawasan wisata di Indonesia karena pertumbuhan hotel baru tidak selaras dengan pertumbuhan permintaan kamar hotel oleh wisatawan.

"Jumlah pasokan akan menurun sampai dengan tahun 2020 karena persaingan di industri hotel yang makin ketat dan permintaan akan kamar hotel pertumbuhannya tidak sepesat pertumbuhan hotel," kata Senior Associate Director Colliers International Ferry Salanto.

Menurut Ferry, dari segi pasokan, pada Kuartal I 2018 di Jakarta hanya sedikit bertambah karena hanya ada satu hotel yang akan beroperasi mulai Kuartal I 2018. Dari sisi permintaan, kata dia, tingkat hunian awal tahun menurun sesuai pola karena belum banyak kegiatan bisnis yang berlangsung di Ibu Kota.

Namun, dia berpendapat bahwa tingkat hunian meningkat karena ada pergeseran kegiatan, khususnya dari pemerintah, pra-Asian Games, prapertemuan tahunan IMF, dan persiapan Pilpres 2019.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

Jumat, 26 April 2024 - 14:21 WIB

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) semakin meneguhkan posisinya sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia terdepan dalam praktik bisnis berkelanjutan. PGE Area Kamojang berhasil…

IFG Life

Jumat, 26 April 2024 - 13:29 WIB

Peduli dengan Gaya Hidup Sehat, IFG Life Hadirkan IFG Life Protection Platinum dan IFG LifeCHANCE

Fokus pada kebutuhan nasabah menjadi kunci bagi PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) dalam menghadirkan produk dan layanan yang komprehensif dan saling melengkapi. Gaya hidup tidak lepas dari aspek…

Panasonic memperagakan cara penggunaan Lampu Solar Panel yang menggunakan tenaga cahaya Matahari di Cianjur

Jumat, 26 April 2024 - 12:39 WIB

Panasonic Serahkan Lampu Surya Panel ke Terdampak Gempa Cianjur

PT Panasonic Gobel Indonesia memberikan bantuan Lampu Surya Panel atau lampu berbahan bakar sinar matahari ke masyarakat terdampak gempa di Desa Sarampad, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Direktur Industri Kimia Hulu (Direktur IKHU), Wiwik Pudjiastuti

Jumat, 26 April 2024 - 11:32 WIB

Masih Banyak Sentimen Negatif, Kemenperin Tegaskan Impor PE dan PP Tak Perlu Pertimbangan Teknis

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

SIAM 2024 Maroko

Jumat, 26 April 2024 - 11:20 WIB

Kemenperin Perkenalkan Produk Mesin Pertanian Indonesia Kepada Pelaku Bisnis Maroko di SIAM Menkes 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko menggelar The Indonesia – Morocco Business Forum on Strengthening Industrial Cooperation dalam…