Phapros Salurkan Dana Kemitraan UMKM Rp1,4 Miliar

Oleh : Herry Barus | Jumat, 20 April 2018 - 16:00 WIB

PT Phapros Tbk (Foto Dok Industry.co.id)
PT Phapros Tbk (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Phapros, Tbk, yang merupakan anak usaha dari PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) menyalurkan dana kemitraan tahap I/2018 kepada usaha kecil dan menengah sebesar Rp1,4 miliar.

Direktur Pemasaran PT Phapros, Chairani Harahap, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (18/4/2018)  mengatakan total dana pinjaman yang dikucurkan sebesar Rp1,4 miliar tersebut ditujukan untuk 23 calon mitra dari berbagai daerah, seperti Semarang, Salatiga, Klaten, Magelang, Kudus, Demak, Pati, Pekalongan dan Bekasi.

"Jadi, total mitra yang akan mendapatkan pinjaman lunak hari ini ada 23 mitra dan berasal dari berbagai macam usaha seperti industri makanan, batik dan lainnya," kata Rani.

Ia mengatakan Phapros berharap mitra binaan akan memperoleh peningkatan kemampuan dalam mengembangkan pasar dan mengakses perolehan modal.

Program penyaluran dana kemitraan ini merupakan bentuk komitmen Phapros untuk mengembangkan kemampuan usaha kecil agar mandiri. Dengan begitu, dapat mendorong pertumbuhan ekonomi serta tercipta pemerataan pembangunan dan perluasan lapangan kerja di daerah.

Rani menambahkan, sejak tahun 1997 hingga April 2018, total dana kemitraan yang disalurkan mencapai lebih dari Rp28 miliar dengan 187 mitra binaan aktif.

"Kami berharap program kemitraan ini bisa terus membantu pengusaha kecil dan menengah untuk lebih mandiri secara finansial dan membantu peningkatan ekonomi daerah masing-masing," tuturnya.

Acara penyaluran dana kemitraan ini dilanjutkan dengan pelatihan tentang dasar-dasar pemasaran untuk usaha kecil, mikro dan menengah, pembukuan sederhana serta cara menggunakan sms banking dari Bank Mandiri.

Pelatihan juga mencakup "sharing knowledge" tentang cara mudah menyusun rencana bisnis dengan mitra binaan yang telah sukses.

Pelatihan tersebut diharapkan bisa membantu pengusaha dalam mengendalikan keuangan bisnis yang ditekuninya, dengan meningkatkan kesadaran pentingnya manajemen keuangan dan resiko dalam menjalankan bisnis.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BGR Logistics Jalin Kerjasama Dengan INKA

Jumat, 18 Januari 2019 - 15:58 WIB

BGR Logistics Jalin Kerjasama Dengan INKA Terkait Pemanfaatan Sumber Daya Perusahaan

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik menandatangani nota kesepahaman dengan PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA tentang…

BAZNAS Kembali Raih Sertifikat ISO 9001-2015

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:30 WIB

BAZNAS Kembali Raih Sertifikat ISO 9001-2015

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mempertahankan prestasi dan kembali memperoleh sertifikat ISO 9001-2015 dari Worldwide Quality Assurance (WQA), sebuah lembaga sertifikasi manajemen berstandar…

Timberland Gandeng Madness Luncurkan Koleksi Sepatu Limited Edition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:23 WIB

Timberland Gandeng Madness Luncurkan Koleksi Sepatu Limited Edition

Berkembang dari tema sebelumnya yaitu "Transmutation" yang berarti transformasi, tema kali ini adalah "Alteration" yang berarti "perubahan" untuk menandakan penyatuan antara kedua merek - Timberland…

Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:00 WIB

Berprestasi, Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Empat mahasiswa SIA UBSI yaitu Martina Ayu Wigati, Sari Indriyani, Muhammad Yamin dan Siti Nuraeni Bariati berhasil menjadi Juara 1 Kategori Analisa Keuangan di Gunadarma All About Competition…

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani saat menemui Presiden Komite Organisasi Luar Negeri Musiad Ibrahim Uyar (Foto: Kadin)

Jumat, 18 Januari 2019 - 13:55 WIB

Kunjungi Kadin, Musiad Jajaki Kerja Sama Bisnis

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) siap menjalin kerja sama bisnis dan perdagangan dengan Mustakil Sanayici ve Isadamlari Dernegi (Musiad) atau Asosiasi Pebisnis dan Industri Independen…