Ketua DPR Berharap Makin banyak Perempuan di Parlemen

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 14 April 2018 - 09:15 WIB

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Foto B1.com)
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Foto B1.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ketua DPR RI Bambang Soesatyo berharap partai-partai politik dapat memenuhi kuota 30 persen calon anggota legislatif (caleg) perempuan pada pemilu 2019 sehingga makin banyak kaum perempuan aktif di politik sebagai anggota parlemen.

"Kuota caleg perempuan minimal 30 persen diatur dalam UU Pemilu. Harapannya, makan banyak kaum perempuan di parlemen, maka aspirasi kaum perempuan dapat lebih terwakili dan parlemen makin produktif," kata Bambang Soesatyo melalui pernyataan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Sabtu (14/4/2018)

Menurut Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet, undang-undang memberikan kesempatan kepada kaum perempuan untuk aktif di politik sebagai anggota DPR RI maupun menduduki jabatan publik, sehingga kaum perempuan harus berjuang sebaik mungkin.

Bamsoet saat bertemu dengan Badan Musyawarah Organisasi Islam Wanita Indonesia menyatakan, dirinya meyakini semakin banyak kaum perempuan menjadi anggota DPR RI, akan semakin meningkatkan produktivitas kinerja dewan.

Politisi Partai Golkar itu menambahkan, DPR RI bersama pemerintah telah memperkenalkan sistem yang mewajibkan partai politik memenuhi kuota minimal 30 persen keterwakilan perempuan dalam daftar caleg.

"Undang-undang mengamanahkan partai politik dapat memaksimalkan kuota 30 persen perempuan," katanya.

Karena itu, kata Bamsoet, kaum perempuan juga harus meningkatkan kualitasnya dan berjuang lebih keras agar terpilih menjadi anggota parlemen, sehingga makin banyak perempuan yang menjadi wakil rakyat.

Bagi Bamsoet, perempuan yang aktif berpolitik adalah harapan besar bahwa Indonesia masih menggeliat dalam pembangunan.

"Perempuan punya daya sensitivitas yang tinggi dibandingkan laki-laki," katanya.

Menurut dia, Indonesia punya banyak tokoh perempuan inspiratif yang hebat karena mampu menjadi lokomotif perubahan.

Bangsa Indonesia, kata dia, mengetahui sosok dan sejarah perjuangan Cut Nyak Dien, RA Kartini, HR Rasuna Said, Dewi Sartika, serta perempuan lainnya yang menjadi pahlawan nasional," katanya.

Mantan Ketua Komisi III DPR RI ini juga mendorong Pemerintah menerapkan kebijakan berperspektif gender di berbagai lembaga dan kementerian.

Merujuk pada laporan Human Development Report (HDR), Indeks Pembangunan Manusia Indonesia berada pada level sedang dibanding negara di dunia lainnya.

Bamsoet menyatakan sepakat dengan Pemerintah yang memiliki program Three Ends, yakni menyelesaikan kekerasan terhadap perempuan dan anak, perdagangan manusia, dan kesenjangan ekonomi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bekali Diri di Prodi Digital Entrepreneur Cyber University Sekarang!

Jumat, 26 April 2024 - 09:41 WIB

Ingin Sukses Jadi Digitalpreneur, Bekali Diri di Prodi Digital Entrepreneur Cyber University Sekarang!

Cyber University atau Universitas Siber Indonesia dikenal sebagai kampus fintech pertama di Indonesia dengan fokus pada UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dan memiliki kurikulum CLP (Company…

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Jumat, 26 April 2024 - 06:47 WIB

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Grup RS Siloam, National University of Singapore (NUS) Yong Loo Lin School of Medicine, dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN) menjalin kerjasama strategis untuk memajukan penelitian…

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…