Panglima TNI-Kapolri Tegaskan Netralitas di Pilkada dan Pilpres

Oleh : Herry Barus | Kamis, 29 Maret 2018 - 07:03 WIB

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Foto Dok Industry.co.id)
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Balikpapan- Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Tito Karnavian sama-sama menegaskan netralitas tentara dan polisi dalam gelaran pemilu yang akan segera berlangsung di Indonesia.

"Tentara dan polisi tidak memiliki hak pilih. Tentara dan polisi berdiri di atas semua golongan untuk menjaga keamanan dan ketertiban," tegas Panglima Hadi Tjahjanto di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (28/3/2018)

Bersama dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian, sebelumnya Marsekal Tjahjanto berbicara di depan ribuan prajurit dan polisi di Dome Balikpapan, gedung pertemuan dan olahraga di Kota Minyak.

Panglima TNI dan Kapolri sama-sama berpesan kepada anak buahnya untuk terus menjalin kerja sama menciptakan soliditas atau kesatuan.

Dengan soliditas tinggi, tugas berat mengamankan rangkaian pemilihan umum, yaitu pemilihan kepala daerah, pemilu legislatif, hingga pemilihan presiden pads 2019 akan bisa dilaksanakan dengan baik.

"Sehingga kita bisa menjamin pemilu bisa berjalan lancar dan sukses," kata Kapolri.

Secara khusus juga, Kapolri memuji kekompakan dan kebersamaan TNI dan Polri di Kalimantan Timur.

Menurut Jenderal Tito, kekompakan itu adalah modal dasar yang sangat berharga untuk menyelesaikan tugas besar menjaga keamanan provinsi ini, tidak hanya dalam tahapan pemilu, tapi dalam kehidupan sehari-hari berbangsa dan bernegara.

"Saya sangat apresiasi," ujarnya.

Marsekal Hadi Tjahjanto menimpali, "kita semua, TNI dan Polri, mengabdi untuk bangsa dan negara. Harus bersatu padu." Dari ribuan prajurit dan polisi yang hadir di Dome Balikpapan, sebagian adalah para Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban (Babinkamtibmas).

Mereka didatangkan dari seluruh pelosok Kalimantan Timur khusus untuk mendengarkan arahan Panglima TNI dan Kapolri.

Sesuai nama jabatannya, para Babinsa TNI dan Babinkamtibmas Polri bertugas di lingkungan desa atau kelurahan, dan tinggal bersama masyarakat. Mereka jadi ujung tombak institusi TNI dan Polri untuk menjaga keamanan dan ketertiban dengan melihat langsung irama kehidupan sehari-hari masyarakat.

Selesai pengarahan di Balikpapan, Panglima TNI dan Kapolri melanjutkan perjalanan ke Tarakan untuk mengunjungi pos-pos pengamanan perbatasan di Nunukan dan Malinau, yaitu Pos Aji Kuning, Pos Tanjung Aru, Pos Bambangan Besar, Pos Marinir Sungai Bajo, Pos Long Bawan, dan Pos Gabungan Markas (Gabma) Long Midang di Sei Menggaris. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Jumat, 26 April 2024 - 06:47 WIB

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Grup RS Siloam, National University of Singapore (NUS) Yong Loo Lin School of Medicine, dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN) menjalin kerjasama strategis untuk memajukan penelitian…

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.